Langsung ke konten utama

Peran Jasa Cargo, Tingkatkan dan Luaskan Jangkauan Bisnis

peran jasa cargo terdekat dalam bisnis manufaktur furniture

Untuk urusan menerima dan kirim paket mungkin jadi hal yang biasa kita lakukan. Misalnya saat menerima paket karena berbelanja online, atau karena ada yang mengirimkan hadiah kepada kita. Begitupun untuk kirim paket yang memungkinkan dilakukan, ketika terjadinya pengembalian barang karena paket yang dikirimkan salah, atau bertujuan memberikan paket berupa hadiah kepada seseorang. 

Dari permasalahan di atas, kita pastinya akan mencari jasa pengiriman barang terdekat. Gunanya agar tidak menyulitkan kita membawa paket yang akan dikirimkan ke jasa pengiriman barang. Terlebih bila barang yang akan dikirimkan dengan jumlah besar dan berbeda provinsi maupun beda pulau, tentunya perlu pertimbangan yang matang dalam pengirimannya menggunakan cargo terdekat.

Beda Jasa Kargo dengan Pengiriman Ekspedisi Reguler

Pernah tidak terpikirkan bahwa jasa kargo atau cargo dengan jasa ekspedisi regular itu berbeda? Atau malah seperti saya yang menganggapnya hampir sama? Nah sini, kita kulik bersama, bahwa keduanya memang memiliki perbedaan. 

Bila dibandingkan, jasa ekspedisi reguler tidak meninjau pada minimal berat barang. Umumnya pengiriman dilihat berdasarkan per 1 kilogram. Dari segi harga terbilang mahal, terlebih bila barang yang akan dikirimkan misalnya dibawah 1kg.

jasa pengiriman barang terdekat cargo j&t, jasa pengiriman barang jakarta

Sedangkan pengiriman dengan cargo merupakan layanan pengiriman barang berukuran besar dan berat. Jasa kargo memperhatikan paling tidak berat barang umumnya minimal 10kg. Dari segi harga bisa menguntungkan konsumen terlebih untuk yang mengirimkan paket partai besar. Dari sini, jika kita akan mengirimkan barang dalam jumlah besar atau yang di atas 10 kilogram misalnya, maka menggunakan jasa cargo terdekat bisa jadi solusinya.

3 Bisnis yang Sebaiknya Menggunakan Kargo

Dalam menjalankan bisnis baik secara online maupun luring (offline), membutuhkan jasa cargo terdekat untuk menyampaikan order tersebut dari tangan penjual ke pembeli. Pasalnya, usaha yang semakin berkembang, tentunya akan meluaskan pangsa pasar juga. Maka tak pelak calon pembeli pun bisa dari lokasi yang berbeda dari si penjual, bahkan memungkinkan untuk berbeda negara. Bisnis-bisnis yang sebaiknya menggunakan jasa pengiriman cargo terdekat, beberapa diantaranya adalah:

A. Bisnis Mebel

Jenis usaha mebel ini masih memberikan peluang besar menghasilkan profit. Jangkauan pasarnya pun luas, tidak hanya dalam negeri saja, bahkan hingga ke mancanegara. Oleh karenanya, dalam menjalankan bisnis furniture atau mebel, dibutuhkan jasa pengiriman barang terdekat, mengingat barang-barang mebel ini memungkinkan ukurannya besar, seperti lemari, meja dan kursi, bufet, dan sebagainya. Sehingga untuk menunjang layanan pengiriman barang, jasa cargo terdekat menjadi solusinya.

B. Bisnis di Bidang Manufaktur 

Industri manufaktur yaitu industri yang melakukan kegiatan mengubah bahan mentah, menjadi produk setengah jadi dan produk jadi, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat. Contoh mudahnya adalah, sebut saja perusahaan A yang terkenal akan sektor makanan dan minuman. Untuk produk tersebut bisa sampai ke tangan kita sebagai konsumen, tentunya akan diproduksi lebih dulu. Lalu setelah produk jadi, maka didistribusikan melalui penjual (seller). Bagi pelaku usaha yang berbisnis di bidang manufaktur, ini kesempatan untuk membeli dalam partai besar dan memanfaatkan layanan cargo terdekat untuk pengirimannya.

C. Bisnis Alat Berat

Bisnis di bidang penyedia alat berat seperti forklift, buldoser, crane, dan ekskavator, memiliki prospek yang tinggi, karena target pasarnya juga luas. Di sini pelaku usaha bisa untuk menjual atau menyewakan alat berat tersebut, meski peluang sewa yang akan dipilih oleh konsumen cenderung lebih besar, karena harga untuk membeli alat berat terbilang mahal. Bisnis alat berat ini dapat didukung dengan layanan cargo terdekat sebagai ekspedisi antar dan jemput barang.

Baca Juga: Tentang Bisnis dan Sekitarnya

Peran Kargo Dalam Tingkatkan Bisnis UMKM

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), memiliki andil kuat dalam menopang perekonomian bangsa ini. Sumbangsihnya bisa mengurangi angka pengangguran dan produk domestik bruto, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat. Hadirnya cargo terdekat mendukung dalam meningkatkan bisnis bagi para pelaku usaha tersebut, dikarenakan: 

  1. Praktis, karena biasanya cargo memiliki layanan jemput barang yang akan dikirimkan, sehingga pengguna tidak perlu untuk mengantar paket tersebut ke outlet cargo.
  2. Barang yang dikirimkan tepat waktu ke tangan konsumen, sehingga tidak terjadi penumpukan di gudang. 
  3. Mendukung perluasan jangkauan ke masyarakat, karena pelaku bisnis tidak akan lagi direpotkan akan lokasi tujuan. 
  4. Tidak hanya pelaku bisnis saja, tetapi juga konsumen dapat memantau posisi barang berkat sistem tracking yang akurat. 
  5. Bila terjadi kendala dalam pengantaran paket, pelaku bisnis bisa klaim proteksi asuransi secara mudah. 

cek ongkos kirim cargo terdekat, jasa antar barang cargo

Baca Juga: Cara Belajar Bisnis untuk Pelajar dan Mahasiswa

Nah, kamu yang sedang mengembangkan bisnis dari ketiga contoh di atas entah itu bisnis mebel, alat berat maupun manufaktur, bisa mengandalkan jasa kargo terpercaya seperti dari J&T Cargo dengan segmentasi pengiriman barang yaitu:

  • Air Track: layanan dengan berat 1-68 kilogram
  • Fast Track: layanan dengan berat 10-100 kilogram
  • Line Track: layanan dengan berat 50-300 kilogram
  • Max Track: layanan dengan berat 100-500 kilogram

Pengiriman barang dengan jasa logistik cargo lebih aman ini, bisa menjadi pilihan bagi pelaku usaha, termasuk UMKM. Pasalnya sebagai perusahaan jasa pengiriman barang paket besar, J&T Cargo melayani perusahaan B2B, B2C, C2C, pabrik, grosir, distributor, maupun retail. Bahkan layanan logistik yang beroperasi pada pertengahan tahun 2021 ini, juga melayani pengiriman paket besar dari e-commerce seperti Shopee, Akulaku, Blibli, dan Lazada.

Jasa cargo terdekat ini, dapat melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia (lebih dari 3200 outlet). Dengan SLA (Service Level Agreement) yang tepat waktu dari J&T Cargo, konsumen pun menerima barang yang dikirimkan sesuai estimasi. Apalagi proses klaimnya yang simple, mudahnya untuk tracking paket sepanjang waktu, dan dilengkapi proteksi perlindungan hingga Rp200 juta.

tempat pengiriman barang terdekat, alamat outlet j&t cargo di mana saja

Luaskan jangkauan bisnis tanpa batas, sehingga ekonomi pun dapat digenjot untuk makin meningkat. Terlebih dukungan layanan logistik dengan jumlah karyawan lebih dari 10ribu ini, siap membantu mengirimkan paket besar dari daerah mana saja di Indonesia. Maka dari itu, bagi kamu pelaku bisnis yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait pengiriman barang, bisa sampaikan kebutuhanmu melalui bit.ly/JTCargoRangkulUMKM

Komentar

Ria Fasha mengatakan…
Jasa kargo ini membantu banget UMKM apalagi kalo barang-barangnya berat. aku juga kalo mesan produk yg berat pakenya JNT Kargo mbak, lumayan hemat biaya ongkirnya
Mugniar mengatakan…
Bahkan selain untuk pelaku UMKM, sebagai konsumen sebenarnya diuntungkan juga dengan adanya kargo yah. Btw, saya lagi menunggu barang saya tiba Mbak .... pakai kargo. Besok mau dilacak lagi di mana di Makassar. Sudah tiba tapi belum diantar ke rumah sejak Jumat kemarin.
Bambang Irwanto mengatakan…
Hadirnya jasa cargo ini jelas sangat membantu pengusahaa ya, Mbak. Apalagi yang memang pengirimannya besar dan berat. Misalnya mebel. itu kirim satu saja sudah berat dan besar, apalagi kalau misalnya 1 set kursi. Dengan pakai kargo, jangkauan juga semakin luas sampai ke Indonesia.
Susi Susindra mengatakan…
Jasa kargo sangat penting di kota kami yang jadi sentra mebel. Apalagi saat penjualan domestik menguat. Makanya laris manis, deh, jadinya.
Luluk Sobari mengatakan…
Satu lagi mungkin Kak yang butuh menggunakan jasa kargo ini, yakni bisnis perlengkapan alat rumah tangga. Pengalaman saya, saya sekarang beli air fryer, kipas angin, mesin cuci, alat pel, semuanya online. Dan jasa kirimnya saya memilih pakai kargo karena lebih murah.
lendyagasshi mengatakan…
Aspek pengiriman ini penting banget.
Gak perlu bingung karena kini sudah ada jasa cargo terbaik yang memberikan pelayanan dan harga terbaik juga. Sehingga membuka kesempatan untuk UMKM tetap berkembang pasca pandemi seperti ini.
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
bener nih layan KArgo sangat penting untuk pengiriman barang dalam jumlah besar, kalau pakai ekspedisi biasa bisa mahal banget, tapi kargo juga bermanfaat untuk pengiriman barang volume besar walaupun beratnya ringan juga lo
sari widiarti mengatakan…
tetangga pernah pakai jasa cargo untuk pindahan rumah, dan butuh banget ketika punya stand yang lumayan jauh dari rumah, jadi emang butuh mobil yang bentuknya kayak mobil box gitu, leluasa naruh barang dagangan, kalau mobil pribadi kan kapasitasnya kecil untuk taruh barang
Rika Widiastuti Altair mengatakan…
Pengiriman barang dengan jasa cargo bisa jadi alternatif buat yang punya berat pengiriman besar. Jauh lebih murah ya mbak. Tapi harus cerdas memilih layanan ekspedisinya, biar aman dan nyaman.
Jurnal Bermain mengatakan…
Kalau untuk pengiriman paket besar yang 11 kg lebih memang lebih cepat dan murah pakai kargo. Apalagi sekarang J&T udah ada yang Cargo ya
bu guru mengatakan…
Saya juga suka pake cargo kalau kirim barang yang sekiranya berat dan besarrr. Sangat membantu ya mbak
Aldhi Fajar mengatakan…
Jasa Cargo ini sangat dibutuhkan buat para pebisnis online, dimana sekarang emang jasa ekspedisi itu jadi partner utama para pebisnis online.
Tukang jalan jajan mengatakan…
dengan kargo juga memudahkan bisnis yang mengharuskan menghantar barang barang besar. jadi aman terkendali deh, barang sampai ke tangan konsumen dengan selamat
Han mengatakan…
Waww, sepuluh ribu karyawan lho ini! Keren bangett, gimana roda perekonomian ngga gerak? Pegawai kargonya aja sampe 10rb ini, optimis banget bahwa Indonesia ini negeri yang kayaaa
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Gak bisa bayangin kalau jasa kargo gak ada. Pengiriman barang-barang berat bakalan kesusahan ya Mbak apalagi semacam produk mebel gitu. Untung ada JNT sih
Goresan hati mengatakan…
Gak bisa dibayangin gimana caranya ngangkut alat berat kalau pakai jasa kargo. Bisnis aalat berat dan manufaktur yang memang barangnya gede gede memang kudu pakai kargo yang menopang urusan kirim mengirim barang. Gak pakai itu ya sudah jalan
Indra DP mengatakan…
J&T kargo emang bagus banget servicenya. aku dulu beli barang elektronik gede juga cepet sampai dan paket aman
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju banget kak. Pebisnis akan trbantu bgt dlm urusa pengiriman barang. Bahkan ada jasa pengurusan pengirimam barang dlm volume besar lagi. Kereen. Smg UMKM kita makin maju ya.
Dee_Arif mengatakan…
Layanan J & T Cargo ini memudahkan kita untuk mengirim barang dalam jumlah besar ya kak
Bisnis jadi makin lancar deh
Kyndaerim mengatakan…
Jasa cargo harus banget dimanfaatkan UMKM ya, terutama yg sering kirim barang dalam jumlah besar.
Triyatni A. mengatakan…
Jasa Cargo ini sangat bermanfaat sekali, saya pun memanfaatkannya untuk mengirim barang2 usaha
Triyatni A. mengatakan…
Jasa Cargo ini sangat bermanfaat sekali, saya pun memanfaatkannya untuk mengirim barang2 usaha
lendyagasshi mengatakan…
Kalau ada yang harganya bersahabat, pengiriman menggunakan jasa kargo ini bisa sangat membantu sekali usaha UMKM apalagi J&T Kargo juga menjangkau hingga pelosok negeri.
Nengsih mengatakan…
Belum pernah sih nyoba berkirim paket paje cargo. Karena memang harus jumlah yang besar ya kak.. Tapi Cargo memang udah menjadi pendukung yang baik banget buat pelaku usaha UMKM
Archa Bella mengatakan…
Aku jg sering menggunakan jasa cargo lewat jnt. Selain terpercaya jg dkt sama rumahku.Bisa antar jemput barang jg. Pokoknya sdh sreg
Yanti Alif mengatakan…
Pengiriman jasa cargo pada masa sekarang penting bangt nih buat bantu pengiriman barang UMKM juga trus mempermudah konsumen dalam pengiriman barang yang dipsan
Indri mengatakan…
Beberapa kali mau kirim barang memang tertolong banget sama jasa cargo, terutama saat mau kirim barang utk pindahan. Barang yg dikirim cepat samoai dan aman sampai di tujuan
Sally mengatakan…
Aku kemarin nyobain jga kirim barang pake kargo. Beneran lebih hemat ya, apalagi untuk barang yg besar²