Langsung ke konten utama

WHOOSH si Kereta Cepat Jakarta Bandung

Pernah terpikirkan sewaktu masih sekolah, semoga ada kereta cepat Jakarta Bandung. Soalnya pernahnya saya itu pakai bus, maupun kendaraan pribadi ke sana. Makanya ada keinginan naik kereta dari Jakarta ke Bandung, tapi waktu tempuhnya tidak lama alias “Gak Mateng di Jalan” sebutannya sih begitu. Mungkin karena terbiasa dan sebagai milenial yang sukanya sat-set-sat-set, hehe.

harga tiket kereta cepat jakarta bandung, baca berita online di beranda

Saya dan Warna-warni Bandung

Kalau membicarakan tentang Bandung, yang selalu terkenang oleh saya bukan hanya kuliner maupun wisatanya, melainkan bagaimana akses ke sananya. Maklum saja, dari semenjak dilahirkan hingga dewasa sekarang saya kebanyakan berkutatnya di Jakarta. Ada kakak sepupu, Kak Yani, beliau tinggal di Bandung, tetapi seringnya sih dia beserta keluarganya yang datang ke rumah. Nah, sekalinya saya dan keluarga datang ke rumah Kak Yani, itu pun via kendaraan pribadi (kurang lebih sekitar 2,5-3,5 jam via jalan tol).

Kak Yani pernah bilang, kalau dia datang dari Bandung ke Jakarta, pakai kereta. Total lama perjalanan (naik kereta dan angkot) sekitar 3-5 jam. Jadinya saya menimbang-nimbang, kalau suatu saat saya ke rumah Kak Yani dengan kereta, bakalan lama juga nih di perjalanan. Padahal saya itu lebih suka naik kereta, karena banyak uniknya, seperti:

  • Pemandangan yang dilihat bervariasi, tidak hanya jalan rayanya saja yang diperhatikan, tetapi juga melihat pepohonan bahkan gunung.

  • Saat duduk di kereta, perjalanan bisa dalam kondisi stabil. Misalnya ada jalur berbelok tidak akan terasa seperti halnya menggunakan mobil atau bus.

Baca Juga: Wisata Liburan Keluarga yang Asik Dikunjungi 

jalur kereta cepat, jalur kereta cepat jakarta bandung
dok. akun instagram @whoosh

Senangnya Ada WHOOSH

Siapa yang antusias dengan kereta cepat Jakarta Bandung? Oke, fix kita sama gaess. Pemberitaannya sudah kita saksikan baik dari berbagai media seperti media online, media cetak, media elektronik, juga media sosial. Namun informasi lengkapnya perlu diketahui juga, khususnya tentang filosofi penamaan WHOOSH.

WHOOSH ini kepanjangan dari Waktu Hemat Operasi Optimal dan Sistem Handal. Terbayang dong waktu tempuh kereta cepat Jakarta Bandung ini. Yups, sekitar 36 hingga 46 menit saja yang dilihat dari kondisi transit atau tidaknya. Berarti kan istilah “Gak Mateng di Jalan” cocok disematkan pada WHOOSH ini. 

Jalur kereta yang dilalui ada 4 stasiun yaitu Halim – Karawang – Padalarang – Tegalluar, pulang dan pergi. Untuk menuju stasiun kereta cepat Jakarta Bandung bisa dari Jakarta menuju stasiun Halim, dengan memanfaatkan tranportasi LRT Jabodebek turun di stasiun Halim, atau bisa juga menggunakan TransJakarta 7W dari BNN – Cawang UKI – Stasiun Kereta Cepat Halim WHOOSH. Sedangkan dari Bandung, untuk menuju stasiun Tegalluar, bisa memanfaatkan shuttle bus DAMRI dan Big Bird.

Transportasi yang bisa diandalkan karena menghubungkan Jakarta dengan Bandung ini, dapat menampung 601 penumpang dengan pilihan kelas, yaitu VIP, Kelas 1, dan Kelas 2. Lintasan yang dilalui kereta cepat Jakarta Bandung ini sekitar 142,3 kilometer. Walaupun panjang, tak disangka bisa ditempuh kurang dari 1 jam saja.

daftar tiket kereta cepat jakarta bandung
dok. akun instagram @whoosh

Tadinya saya mau menjajal kereta cepat Jakarta Bandung yang masih versi gratis. Sayangnya, ternyata tiketnya selalu habis. Entah apakah akan buka lagi atau tidak. Namun yang terpenting, akses saya untuk menuju Bandung, khususnya ke rumah kakak sepupu jadi bervariasi. 

Baca Juga: Giatkan Pariwisata Indonesia

Senangnya saya ketika baca berita online kereta cepat Jakarta Bandung ini melalui portal berita online milenial dan Gen Z, Beranda.co.id. Lengkap informasinya seputar transformasi digital, teknologi, perkembangan ekonomi domestik dan internasional, pasar keuangan, investasi dan industri. Disajikan dengan user interface dan mudahnya untuk membaca kabar apa saja yang sedang trending. Aksesnya pun simple baik di ponsel maupun di PC, sehingga tidak melewatkan berita online terbaru, khususnya tentang transportasi. Kamu sudah coba? 

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
Maunya kereta cepat, tapi boong

karena bukan Jakarta - Bandung tapi Jakarta - Padalarang

Nah dari Padalarang ke Bandung minimal 1 jam kalo gak macet

jadi jujur saya gak bangga dengan kereta cepat yang mengejar prestige tanpa memikirkan rakyat lebih butuh sembako dan pendidikan murah
Annie Nugraha mengatakan…
Saya berharap dan membayangkan bahwa suatu saat WHOOSH bisa beroperasi di jalur Jawa. Jakarta hingga Jawa Timur. Jalur yang lebih "gemuk" ketimbang Jakarta - Bandung. Kebutuhan di jalur ini pun lebih banyak dengan jumlah penumpang yang juga berlimpah. Terutama saat lebaran atau liburan sekolah.
lendyagasshi mengatakan…
Suamiku juga nyari tiket gratis WHOOS, tapi belum dapet.
Sedih karena sekarang uda gak ada lagi yaa.. Semoga dibuka batch berikutnya dengan sistem lebih mudah.

Informasinya bisa terus dipantau melalui portal berita online Beranda.
hani mengatakan…
Dua minggu yl aku diajak teman naik WHOOSH pergi-pulang, Bandung-Jakarta. Cepet banget, belum sempet tidur, udah sampai aja...haha...
Semakin banyak pilihan yah sekarang, mau naik mobil pribadi, travel, bus, kereta KAI atau WHOOSH, sesuaikan aja deh...
deddyhuang.com mengatakan…
aku penasaran juga deh pengen cobain kereta cepat ini dari Jakarta - Bandung. mudah-mudahan dalam waktu dekat aku bisa ke Jakarta buat cobain.
Prima Santi mengatakan…
Pas lihat banyak review para masyarakat yang bentung ikut ujicoba langsung auto mupeng. Apalagi pas yenni orang indo yang di China bilang mirip banget sama yang disana gak ada bedanya. Emang untuk kecanggihan butuh harga yang sebanding
Bayu Fitri mengatakan…
Pastinya lebih cepet sampai tujuan ya kalau pakai WHOOS ini pengen banget nyobain yg trial tapi belom kesampaian wkwkw
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya sabtu 7 Oktober cobaiin WHOOSH, Mbak. dan emmang cepat sekali. baru juga duduk, sudah sampai Padalarang, lalu lanjut sebentar ke Bandung naik KA Feeder. Dan saya juga dapat tiket dari bantuan teman. Pokoknya Mbak fenni harus cobaiin sendiri hehehe.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya sabtu 7 Oktober cobaiin WHOOSH, Mbak. dan emmang cepat sekali. baru juga duduk, sudah sampai Padalarang, lalu lanjut sebentar ke Bandung naik KA Feeder. Dan saya juga dapat tiket dari bantuan teman. Pokoknya Mbak fenni harus cobaiin sendiri hehehe.
Eka FL mengatakan…
saya juga pengen banget nyobain WHOOSH nih, bisa mangkas waktu perjalanan yang cukup lama kalau lewat tol. di tol nya aja sekitar 3 jam (speed santay), ini belum termasuk dari rumah ke tol ya yang bisa memakan waktu 1-2 jam. Bandung sekarang macet parah euy, hihihi. Kebayang secepat apakah waktu perjalanan 36 menit itu? duuhh pastinyaaa whooshhh....whooosshhhh ...tau tau nyampe aja di Jakarta, hihihi
Eka FL mengatakan…
saya juga pengen banget nyobain WHOOSH nih, bisa mangkas waktu perjalanan yang cukup lama kalau lewat tol. di tol nya aja sekitar 3 jam (speed santay), ini belum termasuk dari rumah ke tol ya yang bisa memakan waktu 1-2 jam. Bandung sekarang macet parah euy, hihihi. Kebayang secepat apakah waktu perjalanan 36 menit itu? duuhh pastinyaaa whooshhh....whooosshhhh ...tau tau nyampe aja di Jakarta, hihihi
hani mengatakan…
Baru aja tadi pagi baca. Mulai tanggal 17 Oktober udah bisa dipesen di aplikasi KAI Accses dan m-bangking, jadi engga harus khusus aplikasi KCIC.
Trus kemarin di Stasiun Bandung udah ada kok peron Kereta Feedernya buat ke Stasiun KA khusus WHOOSH.
Orang yg engga paham, komen, kenapa engga langsung sampai Stasiun Bandung?
Ya kaliiiik kecepatannya 2x lipat kereta biasa. Bisa berhamburan tuh genteng-genteng rumah di pinggir rel, kalau WHOOSH melalui rel konvensional.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Pengen banget coba Whoosh, sayangnya cuma Jakarta Bandung ya. Semoga suatu saat bisa menjangkau yang antar provinsi dalam satu pulau
Akarui Cha mengatakan…
Rasanya WHOOSH ini bisa jadi alternatif transportasi lainnya untuk menyambangi Bandung sih ya. Cuma kadang aku kebayang aja bagaimana nasibnya tol yang sudah lebih lama disiapkan juga banyaknya trayek travel Jakarta - Bandung yang sebenarnya nyaman juga sih. Tapi ya ... semoga saja kehadiran WHOOSH ini jadi salah satu pilihan untuk bisa bolak-balik Bandung - Jakarta buat yang mau jalan gercep nggak kena macet.
Kyndaerim mengatakan…
Harusnya "Andal" sih ya kalo menurut KBBI, wkwk.. Tapi nggak apa sih yg penting WHOOSH bisa kita sampai Jakarta - Bandung kurang dari 50 menit.
Kyndaerim mengatakan…
Harusnya "Andal" sih ya kalo menurut KBBI, wkwk.. Tapi nggak apa sih yg penting WHOOSH bisa kita sampai Jakarta - Bandung kurang dari 50 menit.
Dee_Arif mengatakan…
Wah, senangnya kak Fenni sudah mencoba whoosh
Sekarang perjalanan Jakarta Bandung jadi lebih cepat ya kak
Semoga aku next bisa cobain kereta cepat ini juga
ginanelwan mengatakan…
Suatu pencapaian yg bagus utk Indonesia, punya kereta cepat. Meskipun d bkn landing bandung kota, tetapi ud menambah sarana dan pilihan warga jkt healing ke bdg
Shinta mengatakan…
Penasaran sih akutu pengen cobain naik Whoosh ini, cuma masih mls war tiketnya, plus nunggu infrastrukturnya lebih lengkap saling terkoneksinya, cocok buat yg butuh waktu cepat dan suka sat set yaa
Didik Purwanto mengatakan…
Sebenarnya bs lbh cpt kalo ada kereta cepat ini ya kak. Masalahnya, stasiun keberangkatan ada di Halim. Dan stasiun kedatangan nggak sampe kota Bandung. Jadi PR lagi deh. Ditambah tarifnya yg agak mahal buat kaum mendang mending kayak gw. Tp kl lg urgen, Woosh ini jadi penolong bgt sih.
Okti Li mengatakan…
Ternyata bukan berakhir di stasiun Bandung ya. Kalau gitu dari Padalarang ke kota ya naik angkutan lagi, kena macet lagi...
Semoga kereta cepat ini meluas gak hanya Bandung Jakarta aja ya... Tapi meluas menyambungkan seluruh penjuru kota di Nusantara
Han mengatakan…
Jujur penasaraaaan banget pengen naik woossh ini, tapi jadi keinget isu kereta cepat yang meninggalkan utang buat anak2 cucu kita nanti karena bikinnya negara utang buanyaaaak banget ke negeri tirai bambu. bener ngga ya?
April Hatni mengatakan…
Artikel ini informatif banget sih, buatku yang dari dulu mendambakan kereta cepat di Indo, nggak sabar aku pengin nyobain Whoosh ini pas mudik mendatang.
Wah, kereta cepat Jakarta-Bandung kayaknya keren banget ya! Gak sabar mau cobain nih. Eits, tapi gimana ceritanya tiket versi gratisnya selalu abis sih? Harus banget nih pantengin update info biar gak ketinggalan. Btw, makasih infonya tentang Beranda.co.id, bakal cek ntar buat update info terbaru. Transportasi ke Bandung jadi makin gampang nih! πŸš…πŸ‘
Banyak ya pro kontra soal Kereta Cepat
Tapi syukur juga karena negara kita ada kereta ini
Bukti bahwa ada yang "bekerja"
Deeva Collection mengatakan…
Whoosh bisa bikin makin efisien waktu bagi kita untuk menempuh perjalananya Jakarta Bandung.
Fera Marentika mengatakan…
nah ini, penasaran deh aku pengen naikin Whoosh ini. apakah se-Whoosh itu? hihi.. yang jelas adanya kereta api cepat ini bisa lebih menghemat waktu perjalanan bandung-jakarta
Ainun mengatakan…
seneng banget Indonesia sudah punya kereta cepat, meskipun aku tinggal di daerah, auto bangga. Someday semoga bisa cobain naik kereta cepat versi Indonesia.
Waktu beritanya viral, aku selalu ikuti perkembangannya bahkan negara tetangga nggak nyangka kalau negara Indo bisa punya kereta cepat
Nengsih mengatakan…
Aku baru tau kalau ada kereta cepat Jakarta-Bandung yang bernama WOOSH. Jadi penasaran pengen ngerasain sensasi naik kereta cepat ini😊
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku Ama suami udh planning hrs naik ini pas ke Bandung lagi Mbaaa πŸ˜„πŸ˜„. Masa kereta cepat Shinkansen jepang dan kereta cepat di China aku udh pernah naikin, yg di negara sendiri belum 🀣.

Makanya harus bisa pokoknya πŸ˜‚. Apalagi alasan kami ga pengen ke Bandung naik mobil, macetnya paraaah skr. Mendingan kereta memang. Trus sampe di sana tinggal gocar kek atau apaan lah πŸ˜„. Udh ga sanggub naik mobil sendiri di bandung πŸ˜….
Siska Dwyta mengatakan…
Wah asyik ya kalau mau ke Bandung-Jakarta sekarang cepat ya karena udah ada WHOOSH. Penasaran deh mau bisa juga merasakan naik kereta cepat ini. Semoga bisa kesampaian
Mechta mengatakan…
Wah penasaran juga nih pengen nyobain kereta super cepat ini. BTW, berapa toketnya ya?