Langsung ke konten utama

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil



Fenni Bungsu (How To) –Hai, hai teman semua, apa kabar di hari ke-21 bulan Ramadhan? Cepat sekali ya waktu berlalu. Tak terasa kita sudah memasuki 10 malam yang biasanya dilakukan untuk itikaf di masjid, karena di mala mini terdapat Lailatul Qadar. Malam kemuliaan yang lebih dari 1000 bulan yang menjadi impian semua orang untuk meraihnya. Dari Lailatul Qadar, dapat menjadi salah satu kisah yang memacu semangat agar anak-anak mau berpuasa. Mungkinkah? Inilah selengkapnya Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil.



Ceritakan Kisah-kisah Hikmah


Metode cepat pengajaran untuk anak-anak yang pernah saya baca dan saya lihat langsung di rumah (dimana keponakan saya juga masih kecil, berusia 5 tahun lebih) adalah dengan membacakan kisah hikmah. Kakak saya pernah menceritakan kisah Nabi dan Rasul kepada anaknya, sambil menunggu waktu bedug maghrib atau ngabuburit.

ilustrasi membaca kisah hikmah -- dok. fenni bungsu


Bukan itu saja, terkadang pula diceritakan bagaimana pengalaman berpuasa ketika kecil. Dari penceritaan tersebut, membangkitkan semangat keponakan saya, untuk mau berpuasa. Meski memang belum penuh dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun begitu Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil tersebut ampuh, karena kan yang penting si anak mau dulu untuk belajar mempraktekkannya.




Berikan Pemahaman Tentang Puasa


Setelah dengan cara pertama di atas, lalu dilanjutkan dengan memberikan pemahaman tentang puasa, misalnya mengenai apa yang membuat batal puasa, kalau ternyata makan, minum air, atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut dan menelannya maka puasa akan batal.


Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil ini menurut saya ampuh untuk dilakukan. Soalnya ponakan saya ada yang belum sampai Zuhur sudah minum, dan diberikan pemahaman bahwa puasanya sudah batal. Dalam memberikan pemahaman tersebut kakak saya sekaligus menjelaskan kepadanya bahwa “Nggak apa-apa bila belum kuat sampai Maghrib, besok bisa dicoba lagi. Namun bila kuat sampai Maghrib, itu keren namanya siap dapat hadiah,”



 
ilustrassi makan bersama keluarga -- dok. Pixabay

Makan sahur dan Buka Puasa Bersama


Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil yang terakhir adalah kebersamaan ketika makan sahur dan berbuka puasa, meski dia udah buka puasa duluan, tapi tetep diajakin juga kok, hihi. Manfaatnya ponakan saya jadi merasakan atmosfer ibadah puasa yang demikian erat, sekaligus mengajarkan pula tentang bacaan niat untuk berpuasa dan doa berbuka puasa.




Tak dinyana, keesokan harinya dia bisa menahan tidak lagi sebelum Zuhur, tapi pas azan Zuhur. Yah, nggak apa-apa kan, masih tahap belajar dan adaptasi untuk dirinya, yang penting tetap berikan dukungan positif, dan kita sebagai orang dewasa jangan menyerah untuk mengajarkannya. #SemangatCiee buat ponakan daku, agar kuat berpuasa.


Komentar

Akarui Cha mengatakan…
Namanya pembiasaan untuk anak-anak ya. Kadang nggak langsung paham dan lancar tapi seenggaknya mereka bisa belajar dulu.

Terima kasih banyak sudah sharing, Mba.
Bambang Irwanto mengatakan…
Selalu kangen dengan suasana Ramadhan.
Dan melatih anak berpuasa memang perlu bertahap.
Dari susah dibangunin sahur, sampai nanya mulu kapan bukanya ya, Mbak hahaha.
Terua harus siap menjawab. Soalnya mereka akan banyak nanya.
Misalnya, tadi tidak sengaja jariku masuk mulut. Batal tidak? Hehehe
Arni mengatakan…
Senang ya kalau anak-anak sudah mulai tertarik ikut melakasanakan puasa
memang semuanya butuh proses, pelan-pelan saja
Kalau mereka sudah nyaman, nantinya gak usah dipaksa juga mereka akan melakukan sendiri
Turis Cantik mengatakan…
Tahun depan insya allah anakku juga udh belar puasa, pasti kepake banget neh artikelnya. Kl aku ngak prnh maksa anak buat puasa krn dia msh 4 tahun, biasanya kasih cerita atau contoh aja.
Bety Kristianto mengatakan…
Emang sih untuk anak harus pelan-pelang ya mba ngajarinnya. Biar mereka paham dan enggak merasa dipaksa-paksa.
Titis Ayuningsih mengatakan…
Saya jadi teringat kenangan masa kecil, Kak, di mana saat masih kelas 1 sd, saya puasa setengah hari. Tapi senang sih, belajar puasa sejak dini :)
Memang utk mengajarkan anak itu lebih efektif dgn memberikan contoh nyata ya
Keke Naima mengatakan…
Ketika anak-anak mulai belajar berpuasa biasanya saya banyakin aktivitas yang menarik, tetapi gak bikin mereka kecapean. Banyak aktivitas biar lupa sama lapar dan haus. KAlaupun udah gak kuat, gak dipaksakan juga harus sampai maghrib
Siti Nurjanah mengatakan…
Bukan perkara mudah untuk membimbing usia anak berpuasa
Tapi memang harus dilatih sejak dini agar terbiasa. Dengan membacakan dan memberikan pemahaman dunia Islam lebih mendalam
ida tahmidah mengatakan…
Jadi inget saat anak2 masih imut perjuangan juga mendidik mereka utk semangat berpuasa hingga bisa tamat itu hehe..
Alhamdulillah puasa kemarin anakku puasa full. Memang dari kecil sudah dikasih pemahaman tentang puasa.