Langsung ke konten utama

Sayangi Ginjalmu Maka Minumlah Air Putih


cara merawat ginjal, bagaimana ginjal yang sehat, penyakit yang terjadi di ginjal, mengapa bisa sakit ginjal,



Sayangi Ginjalmu Maka Minumlah Air Putih  (Kesehatan) – Adakalanya kita enggan dan terasa malas untuk minum air putih. Mungkin karena tidak berwarna, transparan, jernih, dan tidak ada aroma. Terlebih lagi tidak adanya rasa baik manis, asam, pahit, maupun asam. Namun siapa sangka perannya demikian unggul untuk kesehatan tubuh kita, apalagi untuk organ yang salah satunya adalah ginjal. Fungsinya sangat bermanfaat untuk ginjal. Oleh karenanya pada peringatan Hari Ginjal Sedunia yang jatuh setiap minggu kedua, hari Kamis di bulan Maret akan menjadi pengingat kita untuk senantiasa menjaga kesehatan ginjal. Apa kaitannya dengan air putih?

Sudah Kenal dengan Air Putih Belum?

Air Putih pastinya sangat akrab oleh keseharian kita. Bentuknya pun menyesuaikan di mana wadahnya, tetapi tidak berwarna, tak berbau dan tidak ada rasa. Dapat kita minum dalam keadaan hangat, dingin, maupun sejuk. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan air tawar yang dapat diminum ; air yang masih asli dan belum dicampur apa-apa.




Hadirnya air putih ternyata memiliki pengaruh besar bagi tubuh kita. Hal tersebut saya rangkum yang bersumber dari laman P2PTM Kemenkes RI, yaitu:
  • Dapat menjaga fungsi ginjal.
  • Terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Mengurangi risiko kanker kandung kemih.
  • Merawat kulit sehingga mengurangi kerutan.
  • Melancarkan sistem pencernaan.


cara merawat ginjal, bagaimana ginjal yang sehat, penyakit yang terjadi di ginjal, mengapa bisa sakit ginjal,


Antara Ginjal dan Air Putih  

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berjumlah dua, terletak di bagian kiri dan kanan dalam tubuh kita. Peranannya yang besar, ginjal memiliki fungsi untuk mengaktifkan vitamin D, mengatur tekanan darah, menyaring 120 – 159 liter darah per hari, memproduksi sel darah merah, menyeimbangkan cairan tubuh, dan mengeluarkan sisa-sisa produk dari tubuh.


Dari situlah, air putih dapat membantu agar ginjal kita tetap sehat. Setidaknya minimal minum air putih 8 hingga 10 gelas per hari, atau setara dengan 2 liter per hari. Satu gelas tersebut dalam ukuran 230 mili liter ya biar mudah mengukurnya. 


Kurangnya minum air putih dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan ginjal kita, terlebih lagi bila pola hidup yang dilakukan tidak sehat. Pasalnya gangguan pada ginjal atau penyakit ginjal merupakan bagian dari Penyakit Tidak Menular yang dapat dikatakan adalah silent killer.

cara merawat ginjal, bagaimana ginjal yang sehat, penyakit yang terjadi di ginjal, mengapa bisa sakit ginjal,

Ilustrasi ginjal yang sehat dan ginjal yang sakit -- sumber P2PTM Kemenkes RI


Faktor Risiko, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Penyakit Ginjal

Siapa saja yang memungkinkan terkena risiko penyakit ginjal ini, terutama bagi yang memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal, kelahiran premature, dan memiliki jenis penyakit tertentu beberapa diantaranya seperti lupus, AIDS, hepatitis C. 


Namun ada faktor risiko yang masih dapat dimodifikasi diantaranya seperti penderita diabetes tipe 2, hipertensi, radang ginjal. 


Baca Juga: 


Oleh karenanya perlu jadi perhatian untuk mengenali gejala penyakit ginjal kronis, seperti adanya perubahan kadar jumlah buang air kecil dalam sehari, terdapatnya darah dalam urin, tekanan darah tinggi, badan lemah dan susah tidur, hilangnya selera makan, sakit kepala, napas terasa sesak, mual, muntah, serta timbul bengkak pada bagian kaki maupun pergelangan kaki dan pada kelopak mata saat pagi hari.


Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan fungsi ginjal sedini mungkin melalui LFG (Laju Filtrasi Glomerulus) yaitu pemeriksaan darah, dan pemeriksaan urin untuk mengetahui kadar albumin. 


Bila terkena dampaknya, maka pengobatan harus cepat dilakukan agar mendapatkan penanganan yang tepat, yaitu dengan terapi menggunakan obat-obatan, cuci darah (dialysis), transplantasi ginjal, dan terutama adalah perubahan gaya hidup. Nah, lifestyle ini menjadi solusi kunci untuk menangani dan membentengi diri dari penyakit.


cara merawat ginjal, bagaimana ginjal yang sehat, penyakit yang terjadi di ginjal, mengapa bisa sakit ginjal,

Yuk sayangi ginjal kita, dan jangan lupa minum air putih -- ilustrasi dari P2PTM Kemenkes RI


Dengan cukup mengonsumsi minum air putih maka bagian mulut tetap lembap dan tidak kering, serta akan terkait pula dengan konsentrasi atau fokus kita. Hal tersebut dikarenakan tubuh kita sebagian besar adalah cairan, begitupula dengan darah. 


Darah yang beredar ke seluruh tubuh tentunya memerlukan asupan cairan yang cukup sehingga kadar oksigen dalam darah tidak kekurangan. Kuy, kita cukupi kebutuhan tubuh dengan minum air putih dan menjaga kebiasaan baik dengan gaya hidup sehat agar ginjal kita tetap fit.


cara merawat ginjal, bagaimana ginjal yang sehat, penyakit yang terjadi di ginjal, mengapa bisa sakit ginjal,

Ilustrasi air putih. Sumber gambar: pixabay


Komentar

Mbul Kecil mengatakan…
Reminder buat diriku nih yg kadang menyepelekan menunda2 minum air putih, malahan sukanya yg manis huhuhu
Padahal umur makin ke sini harus makin aware sama kesehatan, khususnya yang paling simple ya itu menjaga konsistensi paling ga 8 gelas sehari
Tira Soekardi mengatakan…
sangat betul minum air putih itu perlus ekali
Satria Mwb mengatakan…

Alhamdullilah kalau saya rajin minum air putih meski terkadang tidak sampai 10 gelas tetapi setidaknya bisa sedikit menambah stamina pada tubuh kita. Agar terbebas dari yang namanya penyakit Ginjal.😊😊

Dan tulisan diatas bisa buat nambah wawasan saya nih tentang pencegahan penyakit ginjal.😊😊
Fenni Bungsu mengatakan…
suka minum manis nggak apa-apa Kak Nita, yang penting tetap diimbangi dengan suka minum air putih Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya, aamiin
Fenni Bungsu mengatakan…
Terima kasih kak, semoga bermanfaat artikelnya ya
Agus Warteg mengatakan…
Air putih, kalo air putih itu susu kali ya mbak, aku juga suka minum susu biar sehat.😊

Memang kalo terlalu banyak minum kopi tanpa diimbangi dengan minum air putih yang banyak perasaan buat buang air itu kurang lancar, mungkin ginjalnya bermasalah kali ya mbak.

Mari sayangi pacar eh ginjal kita dengan perbanyak minum air putih.😊
Arenapublik mengatakan…
betul sekali mba, dengan air putih itu lebih sehat deh karna ga banyak campuran apa apa.
Anonim mengatakan…
Nice post
Fenni Bungsu mengatakan…
Bukan kak.. Kan sudah diterangkan di dalam artikel apa itu air putih, serta ada pula ilustrasi nya
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya kak.. Kuy kita cukupi minum air putih
Keke Naima mengatakan…
Dulu saya sering diingatin sahabat di kantor karena jarang minum air putih gara-gara takut beser di perjalanan pulang. Padahal kurang minum berisiko ke ginjal. Jangan ditiru banet deh kebiasaan saya ini
ginanelwan mengatakan…
berbicara soal ginjal, jadi ingat ayah saya yang 2x operasi batu ginjal, tapi skg udah sehat kok. Pelajaran yang dapat dipetik adalah, jaga kesehatan dengan banyak minum air mineral dan mengurangi mengkonsumsi minuman bersoda
steffifauziah mengatakan…
paling sederhana banget ya minum air putih, tapi banyakk yang gak sadar. saya kalo minum air putih enggak dua liter sehari, udah ada alarm tubuh. makanya sekarang selalu rutin bangeet minum air putih tuh, enggak boleh enggak.
Annafi mengatakan…
Dulu aku ogah banget minum air putih, semenjak jerawatan, susah buang air dan darah mengental jadi rajin minum air paling ga 2 liter per har 😁 pelan tapi pasti masalah di atas teratasi
Farida Pane mengatakan…
Alhamdulillah, aku suka banget minum air penting. Memang penting ya, buat ginjal
Tuty Queen mengatakan…
Peringatan banget ini untuk kita semua ya.. kadang terlalu asik kerja, main, jalan-jalan, karena nggak haus lupa minum padahal harus konsumsi air putih yang cukup ya dalam sehari
Arda Sitepu mengatakan…
Info penting nih, apalagi di rumah sudah aku terapkan berapa liter per hari mbak, kalau keluarga kurang minum air mineral aku langsung cerewet hehe
Aluna dan kenzio mengatakan…
Peringatan banget nih buat kita semua kadang aku males banget loh minum air putih Mulai sekarang harus merubah pola hidup nih harus banyak minum air putih minimal 8 atau 10 gelas sehari
Artha Amalia mengatakan…
iyah saya sekarang sula nakar minum. berapa botol yg dah saya habiskan selalu diingat, jangan sampai minim lg
Gioveny Astaning Permana mengatakan…
Dari kecil aku nggak terbiasa minum air putih banyak. Rasanya air putih tuh eneg banget. Tapi selama menyusui mau nggak mau dipaksa banyak minum
el_lussi mengatakan…
ini PR banget ya mba konsumsi air putih kayaknyaa berat banget ya, tapi aku juga sll mwmbiasakkan
Nurhilmiyah mengatakan…
Selamat hari ginjal sedunia ya Mbak, 12 Maret kemaren kan ya,, makasih sudah mengingatkan agar lebih rajin lagi minum air putih. Mari sama² sayangi ginjal
irpanisme mengatakan…
Saya kalau minum air putih, lebih suka yang hangat atau minimal adem, bukan air es dari kulkas. Minum air putih hangat itu bikin nyaman di perut.
www.grandysofia.com mengatakan…
aku tuh punya pengalaman kerja di pabrik gitu kan ya, bareng-bareng sama karyawatiku dan lumayanan mereka itu jadi jarang minum air putih. Padahal kebutuhan air putih kita itu banyak ya, harus rajin minum air mineral!
Agus Warteg mengatakan…
Iya tahu kak, air putih itu kan air mineral gitu, bukan air yang warnanya putih.😂
Bety Kristianto mengatakan…
Air putih emang penting banget untuk kesehatan makanya aku selalu bawa bekel air putih ke mana-mana mba..
Vicky Cahyagi mengatakan…
Minum air putih 8 gelas sehari menjadi kebutuhan. Apalagi sekarang wabah Corona & demam berdarah. Kebutuhan nutrisi & air putih harus lebih diperhatikan, kaitannya dengan daya tahan tubuh
Ainun mengatakan…
kalau mendengar ada temen atau sodara yang menderita penyakit ginjal, jadi inget sama diri sendiri kalau konsumsi air putihnya nggak sampe 8 gelas sehari.
Meilia Wuryantati mengatakan…
Ah iya aku udah kena nih.. tapi masih kristal ginjal , Alhamdulillah.. cuma ya ini ampun susah banget suruh minum air putih.. maunya yang berwarna terus hikss
Riska Ngilan mengatakan…
Betul sekali. Jangan malas minum air putih nanti kalau sudah sakit ginjalnya repot banget soalnya.