7 Buah yang Membuat Wajah Tampak Lebih Cerah

Kulit cerah adalah dambaan banyak orang. Berbagai cara pun bisa ditempuh, mulai dari menggunakan skincare seperti cream pemutih wajah, masker dengan bahan pencerah, konsumsi suplemen pemutih, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, membuat kulit cerah bukan hal sulit, karena bisa diraih dengan rutin menerapkan gaya hidup sehat, dari mulai sanitasi rumah yang baik, olahraga teratur, tidur cukup, dan pemenuhan nutrisi ideal yang baik untuk kulit. Pasalnya, asupan makanan yang bergizi selain membuat tubuh bugar, bermanfaat juga untuk menutrisi kulit wajah.

Salah satu jenis makanan yang bisa memberikan wajah lebih cerah adalah buah-buahan. Untuk mendapatkan kulit cerah dan glowing sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan secara rutin. Tidak menjadi hal tabu lagi ketika buah-buahan mempunyai banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat membuat wajah tampak lebih cerah. Untuk yang penasaran bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Daftar Buah yang Membantu Wajah Tampak Lebih Cerah

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya dengan mengonsumsi buah bisa memberikan tampilan wajah lebih cerah. Beberapa buah yang bisa dikonsumsi adalah:

1. Buah Alpukat

Alpukat sering dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak kandungan lemak sehat. Ada satu penelitian yang mengatakan bahwa buat alpukat bisa membantu dalam menjaga kulit wajah supaya tetap kenyal dan lembab.

Buah alpukat banyak mengandung sumber vitamin E dan antioksidan yang membantu dalam melindungi kulit. Selain itu, buah alpukat juga mempunyai kandungan serat serta vitamin A,C, B6 dan K.

2. Buah Semangka

Buah kali ini sangat mudah untuk dicari dan ditemukan. Bahkan untuk harganya pun juga sangat terjangkau. Dengan banyak mengonsumsi buah semangka bisa membantu dalam merawat kulit wajah.

Pada buah semangka mempunyai kandungan kadar air sebanyak 92%. Sehingga dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang sedang mengalami dehidrasi. Selain itu, buah semangka juga mempunyai kandungan vitamin B6, B1, A dan C.

3. Buah Mangga

Mangga adalah salah satu buah musiman. Meski musiman banyak dari kalangan masyarakat yang suka dengan buah yang satu ini. Pada buah mangga ini mempunyai banyak kandungan vitamin K,C,E dan A.

Semua kandungan vitamin tersebut mempunyai fungsi supaya kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Buah mangga juga dapat membantu dalam mengurangi gejala jerawat.

4. Buah Apel

Sebagai buah yang memberikan banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh, apel menjadi salah satu yang dapat membantu wajah tampak cerah. Ada beberapa kandungan vitamin pada buah apel seperti A dan C. Kedua kandungan vitamin ini memberikan manfaat untuk mengatasi permasalahan kulit pada wajah.

5. Buah Stroberi

Stroberi menjadi salah satu buah yang mempunyai kandungan exfoliator kimia bagus. Rasa asam yang ada di buah stroberi ini menjadi salah satu kandungan asam salisilat. Untuk kandungan tersebut juga sangat populer di dalam produk kecantikan.

Selain dikonsumsi, stroberi juga dapat dijadikan sebagai campuran masker. Bahkan, sederet brand mengombinasikan stroberi dengan bahan aktif untuk membantu peroleh kulit cerah. Apabila Anda tertarik menggunakan masker pencerah, coba cek pilihan masker terbaik yang direkomendasikan pickybest.id di salah satu artikelnya.

6. Buah Pepaya

Buah pepaya sering dikenal dalam membantu dalam menyelesaikan permasalahan sembelit saja. Ada banyak kandungan yang terdapat di buah pepaya seperti vitamin A, C dan B. Selain itu, buah pepaya juga diberikan bukti dapat menjaga kesehatan pada kulit wajah.

7. Buah Jeruk

Sudah banyak yang mengerti bahwa jeruk menjadi salah satu buah sumber vitamin C terbesar. Buah Jeruk juga membantu untuk membuat kulit lebih kencang dan juga kenyal, dan mudah ditemukan.

[Baca Juga: Lima Kebiasaan Sehat dari Rumah]

Manfaat Mengonsumsi Buah-Buahan

Saat ini banyak sekali dari kalangan masyarakat yang mengabaikan untuk mengonsumsi buah-buahan. Padahal ada satu manfaat penting ketika mengonsumsi buah-buahan secara rutin. Salah satu manfaatnya adalah tubuh menjadi lebih sehat, karena buah mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Selain itu, untuk kulit wajah bisa lebih bersih dan juga sehat. Maka dari itu, konsumsi buah-buahan secara rutin supaya mendapatkan beberapa manfaat tersebut. 

Nah, itu dia beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu dalam mencerahkan kulit. Diharapkan dengan artikel di blog Fenni Bungsu ini bisa membantu kamu yang ingin mendapatkan kulit bersih dan cerah. Yuk, langsung ceklist menyiapkan buah-buahan tersebut.

Komentar

laila dzuhria mengatakan…
Semangka buah favoritnya anak2ku nih. Benar Mbak. Jd dulu pas lg program makan sehat, makan buah2n yg mbak tulis di atas seperti alpukat, pepaya, buah naga, semangka, mangga memang terasa wajahku jd lembut dan halus gitu mbak. Aku cm ga konsumsi si strobery karena asam lambungku suka naik kalau makan buah stroberry.
Blog berita mengatakan…
No. 1 sampai 7 memang favorit dikonsumsi untuk kesehatan, Alhamdulillah di Malang dan Kota Batu Jawa Timur masih mudah didapatkan buah tersebut.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Eh semangka malah bisa mencerahkan wajah juga, Kak. Aku baru tahu sih. Aku cuma suka semangka karena segar dimakan pas cuaca lagi panas-panasnya.
Nanik nara mengatakan…
Ke tujuh buah itu saya suka semua, buah-buahan yang mudah pula didapatkan dipasaran ya mbak, harganya juga terjangkau. Dan yang paling penting lagi memiliki khasiat bagus buat tubuh, terutama kulit karena kandungan vitaminnya
DokterTaura mengatakan…
Nomer 1-7 semua buah favoritku. Cuman sayang gak setiap saat tersedia di pasaran, dan harganya tak menentu.
Wah, jadi rajin konsumsi buah nih...
Oiya, saya paling suka kalau diolah jadi fresh juice
HendraDigital mengatakan…
Paling aman memang dengan cara yang alami untuk membuat wajah tampak cerah, salah satunya ya dengan rutin makan buah. Nih kebetulan banget, semua buahannya kesukaan saya, hahaha.... Tapi yang paling favorit sih alpukat
HendraDigital mengatakan…
Paling aman memang dengan cara yang alami untuk membuat wajah tampak cerah, salah satunya ya dengan rutin makan buah. Nih kebetulan banget, semua buahannya kesukaan saya, hahaha.... Tapi yang paling favorit sih alpukat
Putu Felisia mengatakan…
Di Bali buah-buahan termasuk mahal. Tapi kayaknya bisa coba semangka. Terima kasih infonya, Mbak.
Siti Nurjanah mengatakan…
Informasi yang bermanfaat dan ragam buahnya pun cukup familiar karena Kulit membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan cerah. selain rutin memakai perawatan kulit dari luar menjaga kesehatan kulit dari dalam juga perlu yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan.
trlitha11 (lithaetr) mengatakan…
Alhamdulillah buah-buah yang disebutkan masih suka kami makan. Setidaknya setelah membaca ini, bisa digilir deh, makannya. Buat jadwal juga bisa kali ya, hehehe
Pida Alandrian mengatakan…
Skincare-an dengan buah-buahan emang yang paling alami yaa, nggak perlu khawatir dengan efek samping dari bahan kimia.
Apalagi buah-buahannya juga mudah dibeli juga yaa
Dee_Arif mengatakan…
Selain skincare perlu juga mengonsumsi buah buahan yang disebutkan di sini ya
Biar punya wajah yang cerah
Laily M Octavia mengatakan…
Selain menggunakan skincare biar kulit tetap terawat juga butuh asupan nutrisindari dalam tubuh ya kak.
Han mengatakan…
Wah ternyata buah juga ngefek ke kecerahan wajah yaa mbaa, aku nihh suka banget sama semangka apukat sama apel hehe, mau makan itu sering2 ah biar wajah ikut cerah jugaa
Pantesan ya agak segeran dikit wajahku kalau habis makan buah alpukat
Rupanya memang ada khasiat yang memberikan efek cerah di kulit wajah
Nengsih mengatakan…
Aku suka banget konsumsi buah. Tapi di desa ku harga buah mahal banget huhuu.. Nggak kayak di kota. Aku paling sering konsumsi kates. Karena buahnya murah meriah, kandungan nutrisinya banyak, mengenyangkan, dan yang terpenting ada pohonnya di belakang rumah. Wkwk
Fionaz mengatakan…
kok ya pas banget buah-buahan diatas termasuk buah yang aq sukai semua, etapii bukannya aq emang suka semua jenis buah dan sayur ya. hehe
tapi emang iya sih mbak, manfaat buah itu penting banget buat tubuh selain untuk kesehatan juga buat menutrisi kulit
lendyagasshi mengatakan…
Paling seneng kalo uda musim buah mangga.
Ternyata efeknya bagus buat bikin kulit sehat cerah, sehat dan bebas jerawat.
Makin cinta sama buah-buahan.
Siti Mustiani mengatakan…
Saya suka semua buah yang disebutkan di artikel ini seandainya semua buah-buahan ini bisa di tanam di belakang rumah yaa. Jadi kalau mau makan bisa langsung petik saja, hehe
Happy mengatakan…
aku suka banget buah, semuanya kesukaan akuuuuuu.
eka fitriani larasati mengatakan…
buah-buahan punya double manfaat ya, selain untuk kesehatan juga untuk kecantikan. paling suka semangka sih sama apel, kalo alpukat enaknya di hap pake susu, hehe
Nabilla DP mengatakan…
aku rutin konsumsi buah2an di atas mba.. apalagi kalau pisang, semangka, dan stroberi. itu udah kayak wajib stok gitu di rumah.. anak2ku juga suka banget ama stroberi. biasanya jadi toping buat oatmeal
www.faradiladputri.com mengatakan…
Aku baru tau buah semangka juga bisa hahahha. Selama ini sih taunya orange dan strawberry, karena suka jadi ingredients skincare
Vicky Laurentina mengatakan…
Saya setuju buah-buahan itu bisa membuat wajah jadi cerah, asalkan buah-buahan itu dimakan sebelum mengonsumsi nasi dan lauk.

Karena buah-buahan yang dimakan sebelum nasi dan lauk akan membuat perut jadi kenyang, sehingga tidak nambah lauk dan karbohidrat banyak-banyak.

Sebab karbohidrat dan lemak dari lauk yang terlalu banyak itu yang nantinya membuat wajah jadi kusam, sehingga jadi kurang bercahaya.
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Buah-buahan memang sangat penting bagi tubuh terutama skincare. Merawat muka dengan buah-buahan yagn segar, apalagi yang penuh dengan vitamin C dan E, akan mengaktifkan sel-sel dan muka tambah segar.
Maria G Soemitro mengatakan…
ternyata banyak ya manfaat semangka?

selama ini hanya mengenal alpukat, strawberry dll

besok beli semangka ah :D
Ririn Erviana mengatakan…
Hampir semua buah di atas aku suka, kecuali pepaya yang kurang suka. Tapi entah kenapa terkadang makanan yang instan itu lebih menawan ya. Haduh sayang kulit dan pengen awet muda sebenernya. huhuhu.
Marita Ningtyas mengatakan…
Hunting buah-buahan di atas aaah... biar glowing wajahnya. Selain pakai skincare perlu juga merawat dari dalam ya. Salah satunya dengan makan buah-buahan ini.
eka fitriani larasati mengatakan…
Buah buahan segar semua yaaa, saya sih paling suka alpukat dan semangka. Eh alpukat selain di mamam langsung juga bisa dijadiin masker wajah kan ya. Double treatment hasilnya pasti oke banget
Eka Rahmawati mengatakan…
Wah semua buah yang disebutkan aku suka. Tapi jujur awalnya aku cuma tahu jeruk aja yang bikin kulit jadi cerah karena ada vitamin c-nya. Setelah baca postingan ini jadi semakin suka deh konsumsi buah-buahan
Ning! mengatakan…
Kalau keluargaku paling suka buah jeruk, seger, wangi, manis ada asemnya, dan harganya juga terjangkau dibanding buah lain. Dan ternyata bisa mencerahkan wajah juga ya, jadi makin banyak manfaatnya.
Renayku mengatakan…
Aku cuma tau jeruk yg bagus untuk kulit. Ternyata ada banyak buah lain yg bagus jg untuk kulit ya. Aku baru tau, makasi infonya kak