Ingin Beli Rumah? Pahami Dulu Trik Jitu Perencanaan Ini

trik jitu beli rumah dengan perencanaan tepat

Berada di Jakarta sebagai salah satu kota besar di Indonesia, menjadikan siapa saja ingin tinggal dan menetap di sini. Aksesnya mudah untuk ke mana saja. Bisa dikatakan fasilitasnya tersedia lengkap, seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, mall, supermarket, hingga alat transportasi dari MRT (Moda Raya Terpadu), LRT (Lintas Rel Terpadu), Transjakarta, Mikrotrans, kereta Commuter Line, hingga transportasi daring.

Lokasinya juga terbilang terjangkau dengan gedung-gedung bertingkat, perkantoran, dan gedung pemerintahan. Atas hal itu, memiliki hunian di Jakarta menjadi langkah yang tepat, agar segala kegiatan bisnis yang dilakukan lebih cepat, khususnya yang bekerja di sini. Praktis, karena tidak akan terasa lama dalam perjalanan. Serta mengantisipasi rasa lelah di tubuh.

Mengapa Harga Rumah Tidak Sama?

Oleh karenanya, sebelum mendapatkan rumah idaman, acap kali orang-orang akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu, baik datang secara langsung maupun mencari tahu melalui internet. Termasuk juga akan mencari tahu lebih dulu berapa harga pasarannya. Meski mungkin sudah mendapatkan informasinya, terkadang kita akan berpikir lebih mendalam, karena ternyata harga rumah antara satu tempat dengan lokasi yang lain tak sama.

trik jitu beli rumah dengan simulasi pembelian
salah satu gedung pemerintahan di Jakarta (dok. fennibungsu.com)

Kota Jakarta yang memiliki 5 wilayah administrasi, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara tentunya dapat mempengaruhi pula harga rumah. Sebagaimana yang saya kutip dari laman CNBC Indonesia, bahwa harga rumah di Jakarta tidaklah seragam. Ada faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti: Luas tanah dan bangunan, Lokasi, Kualitas, Fasilitas, Usia bangunan, Desain, Sertifikat, dan sebagainya.

Ada rumah yang posisinya di Jakarta itu dekat ke mana-mana. Bila harus menggunakan transportasi masih terhitung cepat, misalnya hanya 15-30 menit saja. Lingkungan sekitar pun apik terawat, di mana terdapatnya taman maupun RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Begitu pun luas tanah dan bangunannya lebih dari 200meter persegi. Contoh tersebut bila dibandingkan dengan rumah yang misalnya luas tanah dan bangunannya kurang dari 120meter persegi, untuk bepergian harus dengan beberapa transportasi, tentunya akan menjadi beda sehingga mempengaruhi harga rumah.

Baca Juga: Hunian di Kota Bandung

Hal-hal yang Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Setelah memahami mengenai perbedaan harga rumah di Jakarta, kita dapat melakukan langkah awal sebelum membeli rumah, yaitu:

  • Diskusikan bersama keluarga bahwa memiliki keinginan untuk membeli rumah. Bila sudah menikah, maka dapat membicarakannya bersama pasangan (suami/isteri). Namun jika masih single, tak ada salahnya untuk berkomunikasi dengan orangtua dan saudara. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas mengenai properti.

  • Pikirkan tujuan membeli rumah untuk apa, misalnya untuk dihuni bersama keluarga, atau sebagai investasi. Pasalnya, rumah juga bisa menjadi investasi properti pilihan untuk masa depan, karena harganya cukup signifikan untuk terus naik.

  • Tentukan rumah yang akan dibeli apakah kondisi baru, atau bekas. Apalagi bila rumah tersebut adalah rumah pertama, pastinya ingin sesuatu yang lebih berkesan, bukan?

trik jitu beli rumah dengan simulasi mortgage calculator
ilustrasi rumah - dok. Pixabay (Pexels)

  • Pilih dengan baik, tipe rumah yang diinginkan. Tujuannya agar penggunaan luas tanah dan bangunan nantinya tidak merasa “terlalu luas ataupun sempit”.

  • Kenali kondisi lingkungan sekitar, seperti apakah daerah tersebut rawan banjir maupun tindak kejahatan? Apakah terdapat hama yang mengganggu? Bagaimana dengan sekuriti di wilayah tersebut?

  • Pahami risiko sebelum membeli rumah. Sebab ketika sudah mulai mengajukan pembiayaan rumah, maka usahakan untuk terus mempertahankannya hingga akhir, agar rumah tersebut tidak berpindah hak milik.

  • Pisahkan dana untuk kebutuhan material bangunan. Sehingga semisal nantinya ingin membangun atau mengecat ulang, bisa diambil dari pos dana ini.

  • Persiapkan juga dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal lainnya yang tidak terduga.

  • Tentukan cara membayar rumah, apakah secara lunas atau kredit. Lalu sediakan dokumen yang lengkap saat akan mengajukan KPR (Kredit Pembiayaan Rumah). Menurut laman CNN Indonesia, bahwa fasilitas KPR masih menjadi pilihan utama oleh Masyarakat dalam pembelian properti residensial dengan pangsa sebesar 75,03 persen dari total pembiayaan. Apalagi dari Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) BI diterangkan bahwa harga rumah di pasar primer secara tahunan makin meningkat hingga kuartal IV 2022.

"Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal IV 2022 tercatat meningkat sebesar 2 persen (year on year/yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan 1,94 persen (yoy) pada triwulan sebelumnya," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Jumat (17/2).

  • Gali lebih dalam kemampuan bayar (baik pelunasan maupun cicilan) per bulannya berapa. Dengan begitu bisa mengantisipasi tunggakan bayar, dan menyiapkan pembayaran cicilan sebelum jatuh tempo. Pasang reminder bila perlu.

trik jitu perencanaan rumah mortgage calculator

  • Jika akan membeli rumah dengan cara pembayaran secara dicicil, pelajari simulasi perhitungannya melalui cara yang mudah di Mortgage Calculator. Di sini kita bisa mencoba menghitung estimasi berapa pembiayaan rumah berdasarkan bujet yang kita miliki.

trik jitu perencanaan simulasi rumah mortgage calculator

Di Mortgage Calculator juga terdapat menu kalkulator hipotek. Pada menu ini bisa memasukkan investasi, anuitas, tunjangan, pembayaran tunjangan pemerintah di sumber pendapatan lainnya. Manfaatnya, dapat mengetahui perhitungan pendapatan tahunan yang benar. Kuncinya adalah saat mengisikan data pendapatan perhatikan bahwa kalkulator ini diatur secara default, artinya menganggap satu pencari nafkah saja. Bila suami dan isteri sama-sama bekerja berarti memiliki 2 pencari nafkah maka dapat membuka bagian fitur "Pasangan (Spouse/Partner)" untuk memasukkan informasi penghasilan.

trik jitu perencanaan sebelum beli rumah

Konklusi

Hunian menjadi impian bagi siapa pun yang ingin memilikinya. Pasalnya rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yaitu papan, sebagai tempat berlindung, beristirahat, dan menjalani kehidupan bersama keluarga. Maka perlu mengandalkan trik jitu perencanaan memiliki rumah sebelum membeli ini, agar lebih teratur strateginya, sehingga tidak lagi hanya sebatas impian saja. Bagaimana, apakah kamu sudah siap mempunyai properti terbaik? 

26 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Rasanya sebuah anugerah bisa memiliki rumah pribadi di lokasi yang sesuai keinginan dan lingkungan yang aman. Dan dengan perencanaan keuangan yang teliti dan hitung-hitungan yang dibantu Mortgage Calculator, semakin optimis dan menjadi harapan anak muda sekarang bisa memiliki rumah yang nyaman.
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
beli rumah nih emang perlu perencanaan yg matang ya biar nggak malah boncos di tengah jalan. untungnya skrg bisa terbantu dengan Mortage Calculator jadi kita nggak salah estimasi
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Aku juga dulu ngiranya kalo harga rumah tu semua sama, ternyata banyak faktor yg buat harganya beda² yah. Tapi, sambil cari rumah bisa nih sambil itung²in kemampuan cicilan kita berapa pake Mortgage Calculator UK. Jadi bisa nabung sejak dini kalo mau punya rumah impian.
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Kudu diperhitungkan sebaik mungkin sehingga kemampuan membayar ada dan hidup masih bisa berjalan dengan baik. Bikin aku kepengen nyobain ngitung juga sih
Komen Blog fennibungsu.com
Utie Adnu mengatakan…
Mortgage calculataor bisaembanti kit ya hitung2an gimana sebelum ambil rumah. Baru tau aku mba . Yg terpenting lagi kalau ambil rumah sesuai dg kebutuhan, gaji jangan smp nugak...
Komen Blog fennibungsu.com
Putu Felisia mengatakan…
Baru dengar ada Mortage Calculator. Dengan adanya Mortage Calculator, jadi lebih mudah menghitung dan hasilnya juga lebih akurat.
Komen Blog fennibungsu.com
Meimoodaema mengatakan…
wah pastinya bermanfaat banget triknya ini niy mba Fen dan ngomongin soal pengambilan atau cicilan rumah memang penting banget untuk membuat perhitungan perkiraan cicilan sehingga bisa antisipasi dan persiapkan dananya secara teratur
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Alhamdulillah dimudahkan ya kak untuk hitung kemampuan finansial dan simulasi KPR dengan bantuan Mortgage calculator. Beli rumah jadi makin mudah.

Harga rumah beda-beda? Emang iyaa karena tergantung lokasinya. Apalagi kalo di Jabodetabek, harganya di atas harga rumah di daerah lain.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Kalau aku pribadi, rumah itu dasar dari segalanya. Soalnya semua aktivitas ujung-ujungnya ya berakhir di rumah. Makanya informasi perihal rumah itu penting banget, apalagi kalau harganya cocok budget
Komen Blog fennibungsu.com
Mugniar mengatakan…
Memang butuh trik jitu jika hendak membeli rumah di masa-masa sekarang ini. Mortgage Calculator bisa kita pakai ya untuk menghitung simulasi pembelian rumah.
Komen Blog fennibungsu.com
Mita Oktavia mengatakan…
Baik KPR atau dengan cash memang perlu diperhatikan baik-baik sih memang, Kak Fenni untuk urusan rumah. Apalagi ini tuh bakalan jadi aset berharga kita jangka panjang. Jadi, gak bisa buru-buru juga. Semoga kita dimampukan ya dalam membeli rumah impian sendiri.
Komen Blog fennibungsu.com
Indri mengatakan…
Jadi penasaran dengan kalkulator hipotik ini karena membantu banget dalam urusan property, yang tadinya enggak siap jadi siap banget
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Dana wajib banget dipersiapkan sedini mgkn. Baik utk down payment maupun utk cash keras kalo mampu. Kemampuan keuangan ini akan menentukan lokasi dan ienis rumah yang akan diambil sih. Pengelolaan keuangan utk membeli rumah tuh sgt pntg bgt.
Komen Blog fennibungsu.com
Indra DP mengatakan…
sekarang enak ya sudah ada kalkulator untuk menghitung perkiraan biaya rumah. Jadinya kita tetap bisa kira-kira nih mau membeli rumah jadi seperti pendapatan kita
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Mengenali lingkungan dan kondisi sekitar rumah baru, memang seharusnya dilakukan sebelum fix akan membeli nya. Jangan sampai membeli rumah dengan kondisi lingkungan yang justru tidak nyaman ya
Komen Blog fennibungsu.com
Hallowulandari mengatakan…
Asik banget ya mortgage kalkulator ini, bisa juga menghitung pendapatan bersama pasangan dengan perhitungan Yang fair, jadi kita bisa dapet gambar an hitungan cicilannya gimana
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Dengan perhitungan dan diskusi yang baik, memiliki rumah idaman bisa dipenuhi dengan cara sesuai kesepakatan. Mau cash atau KPR. Semua pasti ada plus minusnya yaa.. Tapi yang pasti, setelah tujuan keuangan tercapai, rasanya legaaaa banget.
Komen Blog fennibungsu.com
Fera Marentika mengatakan…
bener, mesti dipertimbangkan matang2 sebelum membeli rumah, jangan karena ego sesaat jadi kelimpungan xD makasih tips2 nya mba ^^
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Tidak gampang memang memilih perumahan yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal sekaligus investasi. Apalagi semuanya harus disesuaikan dengan budget dan kemampuan. Jangan sampai keteteran saat pembayaran sedang berlangsungkan ya
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Beli rumah di Jakarta memang butuh perjuangan banget yah..
Kalaupun ada yang berupa lahan, bisa jadi harganya luar biasa. Tapi semua gak ada yang gak mungkin. Karena perencanaan dan perhitungan yang tepat menggunakan Mortgage Calculator akan sangat membantu.
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Lathifa mengatakan…
Bener, membeli rumah harus diperhitungkan semuanya, wajar sih harga rumah yang strategis memang lebih mahal ya dibanding rumah dengan lokasi jauh dari jalan utama
Komen Blog fennibungsu.com
Dian farida ismyama mengatakan…
Wah sepakat banget beli rumah perlu perencanaan matang agar ga salah pilih dan bisa lunas.karkulator perhitungan penting nih
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
Pengen banget punya rumah atas nama diri sendiri. Selain investasi juga untuk cari pendapatan lain untuk mengembangkan bisnis yang lain.
Komen Blog fennibungsu.com
Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan…
Rumah adalah salah satu kebutuhan wajib manusia tapi untuk membelinya juga merupakan salah satu pengeluaran terbesar, apalagi buatku generasi millenial ini. Rumah dengan harga selangit ditambah generasi sandwich, harus benar-benar pertimbangan matang sih buat beli rumah ini
Komen Blog fennibungsu.com
Riri Restiani mengatakan…
Rumah pertama ku sebelum nikah sudah terbeli. Semoga bisa segera punya rumah baru buat di huni keluarga nih, lokasi strategis jakarta harganya kudu nabung lama dulu.hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Nyi Penengah mengatakan…
Saya salah satu yang ikhtiar pengen punya rumah, bismillah ya Allah semoga segera memiliki. Makasih banget mba Tipsnya sangat membantu pol
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence