Peran CCTV Outdoor dalam Manajemen Lingkungan Perkebunan

Peran CCTV Outdoor dalam Manajemen Lingkungan Perkebunan

Mengelola perkebunan hingga menjadi lini bisnis yang mapan bukanlah hal yang sederhana. Di area yang sangat luas, paling tidak kamu membutuhkan sebuah CCTV outdoor. Fungsi kamera pengawas ini adalah menjadi bahan evaluasi bisnis dan perencanaan pengembangan. Hal ini dikarenakan untuk menjadikan perkebunan memiliki sistem yang tertata, kamu membutuhkan bahan akurat guna memantau progres perkebunan dari waktu ke waktu. Mengandalkan CCTV sebagai medianya adalah sebuah langkah yang bijak. 

Terlebih lagi, saat ini mulai banyak CCTV outdoor yang telah terkoneksi dengan sebuah aplikasi. Teknologi canggih semacam ini juga akan memudahkan kamu memantau lingkungan perkebunan dengan optimal.

Manfaat CCTV Outdoor untuk Area Perkebunan

Meskipun hanya berupa hamparan tanaman hijau di sana-sini, tetapi perkebunan tetap perlu dipantau secara berkala, terlebih lagi di area khusus seperti tempat pembibitan. 

1. Memantau Semua Kegiatan dan Proses Bertani

Menggunakan merek CCTV outdoor terbaik akan membuat kamu lebih mudah mengawasi berbagai kegiatan pertanian yang berlangsung di perkebunan. Mengapa demikian? Sebab kamera CCTV tersebut akan turut merekam bagaimana proses pemberian pestisida hingga pemupukan tanaman. Hal ini bisa kamu jadikan bahan evaluasi, bahwa semua aktivitas yang ada di perkebunan sudah sesuai dengan standar atau belum. Dengan menggunakan kamera pengawas ini, tentu bisa mengurangi beban pekerjaan dan sekaligus meningkatkan efisiensi kerja. Sebab waktu yang digunakan untuk terjun langsung ke lapangan akan bisa digunakan menyelesaikan berbagai pekerjaan lainnya.

2. Sebagai Pendeteksi Jika Terjadi Pencemaran Lingkungan

Berada di area outdoor, kamera pengawas ini juga bisa membantu kamu mendeteksi pencemaran secara cepat. Pencemaran lingkungan yang dibiarkan, akan menimbulkan masalah dengan berbagai elemen, baik dengan sesama manusia maupun dengan satwa-satwa. Sebab, kamera pengawas akan memberikan notifikasi secara akurat, maka kamu juga akan lebih mudah menangani atau meminimalisir adanya praktik yang mencerai lingkungan.

Peran CCTV Outdoor dalam Manajemen Lingkungan Perkebunan
dok. Pexels

3. Pengawasan terhadap Sumber Daya Alam yang Digunakan

Jika kamu memiliki sebuah perkebunan, maka menggunakan sumber daya alam di sekitar adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya pantauan ini, maka akan membantu pihak pengelola perkebunan untuk menyalurkan sumber daya alam ke area tertentu dengan lebih optimal. Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan pada area perkebunan, akan menciptakan berbagai kerusakan di sekitarnya.

4. Mengawasi Kebun dari Binatang Liar 

Salah satu binatang liar yang sering muncul di area perkebunan adalah babi hutan. Babi hutan ini umumnya memiliki gerakan yang cukup agresif. Dengan memantau melalui kamera pengawas, kamu bisa melihat pergerakan binatang liar tanpa harus datang langsung ke area kebun.

Terlebih lagi, kamera pengawas yang bagus secara umum sudah bisa membedakan yang dilakukan oleh makhluk hidup dan benda asing lainnya. Untuk menganalisa ini, kamera telah dilengkapi dengan pemrograman algoritma tersendiri, sehingga mampu menganalisa benda-benda berdasarkan dari ukurannya. Sedangkan untuk luas area yang bisa dijangkau, sebaiknya pilih kamera pengawas dengan jangkauan lebih dari 20-25 meter. Karena semakin luas wilayah yang terjangkau, maka akan semakin mudah pula mengenali objek dari jauh.

5. Meminimalisir Terjadinya Kebakaran 

Jika diperhatikan, berita yang melaporkan mengenai kebakaran di kawasan perkebunan tidaklah sedikit. Alasan ini juga yang jadi pertimbangan pemasangan kamera CCTV outdoor itu penting untuk area perkebunan. 

Kamera yang digunakan untuk membantu meminimalisir kebakaran di perkebunan biasanya telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih agar mampu bertahan pada berbagai cuaca esktrem. Seperti halnya kamera CCTV Thermal dari Hikvision yang mana memiliki keunggulan untuk mengukur suhu, mendeteksi kebakaran hingga adanya jaminan terhadap perlindungan perimeter pada area perkebunan itu sendiri.

Pasalnya, fitur yang diusung dalam kamera Thermal Hikvision bisa membuat IR yang tidak terlihat menjadi "terlihat"dalam bentuk gambar zona panas. Dengan tampilan Keamanan, Termografi, dan Komersial menjamin kesadaran situasional berlapis dalam berbagai skenario seperti perlindungan perimeter, pengukuran suhu, serta deteksi kebakaran. Menariknya, jenis kamera CCTV itu juga meningkatkan kesadaran atas peristiwa dan keadaan darurat selama 24 jam dalam 7 hari. 

Baca Juga: Seberapa Penting Smartphone untuk kamu

Bagaimana? Ternyata cukup banyak manfaat dari CCTV outdoor dipasang di perkebunan, bukan? Jika saat ini kamu belum memasangnya pada area perkebunan, tidak masalah. Sebab ada baiknya mencari tahu informasi secara lengkap mengenai berbagai merk CCTV outdoor terbaik.

Peran CCTV Outdoor dalam Manajemen Lingkungan Perkebunan
dok.pexels

Pilihlah CCTV Outdoor Terbaik untuk Area Perkebunan

Saat ini, banyak sekali klaim merk CCTV outdoor terbaik di pasar. Mulai dari yang ukurannya minimalis hingga yang ukurannya bisa menarik perhatian khalayak ramai. Jika kamu sedang mencari produk CCTV outdoor, cobalah untuk menggunakan Hikvision AcuSense. Salah satu keunggulan dari Hikvision AcuSense adalah dapat membedakan antara objek manusia, objek kendaraan dan objek lainnya.

Dengan adanya teknologi ini, maka kamu pun bisa mengetahui jika ada seseorang yang berusaha masuk ke area perkebunan atau mungkin ada satwa yang ingin mencari sisa bibit tanaman.

Kita semua sepakat, bahwa area perkebunan umumnya sangat luas dengan beberapa sekat di area tertentu. Sedangkan jika harus melakukan pengecekan secara manual, juga akan menghabiskan waktu dan tenaga. 

Sedangkan adanya sensor pendeteksi gerakan tersebut, akan membuat kamu memantau kondisi perkebunan dengan lebih akurat. Pasalnya, di area perkebunan tidak hanya terdapat manusia saja, tetapi juga ada berbagai binatang kecil hingga lalu lalang kendaraan di sekitarnya. Sebagai merk CCTV outdoor terbaik, setiap gerakan asing atau mencurigakan yang mendekati area perkebunan akan dikenali dengan lebih mudah. Sehingga, kamu tidak akan lagi mendapatkan notifikasi yang tidak valid. 

Baca Juga: Sambut Teknologi dengan Wawasan Luas

Karena bisa dipantau dari jarak jauh, maka kamu bisa memperkirakan apakah gerakan benda tersebut mengancam lingkungan perkebunan atau tidak. CCTV outdoor Hikvision AcuSense ini juga membantu kamu untuk mendapatkan berbagai informasi penting mengenai perkebunan, mulai dari proses pembibitan, pemberian pupuk, penyiraman hingga panen. 

Area perkebunan yang diawasi dengan merk CCTV outdoor terbaik juga memberikan rasa tenang pada kamu sebagai pemilik bisnis. Jika kamu tertarik untuk mencari tahu mengenai CCTV outdoor dari Hikvision AcuSense, silakan membacanya di sini.

35 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Ternyata, CCTV juga digunakan untuk perkebunan, ya. Jelas harus tahan banting tuh kalau ditaruh di outdoor
Komen Blog fennibungsu.com
blogger parenting mengatakan…
Selain babi hutan juga monyet besar ya kak. Gak sedikit cerita tentang kerugian akibat monyet yang merusak di kebun. Atau juga akibat pencarian hasil kebun.
Wah, memang berguna sekali cctv outdoor ini. Banyak sekali manfaatnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Nining mengatakan…
CCTV outdoor begini memang sangat membantu kinerja kita terutama bagian penjagaan. Mengawasi dari jarak jauh pun bisa, sesekali pemilik kebun hendak melakukan inspeksi hehe.
Tapi yang rentan biasanya kesambar petir ya, karena di rumah saya cctv yang kami letakkan di luar seringkali rusak karena tersambar petir.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
CCTV memang saat ini saat dibutuhkan dalam berbagai hal ya, Mbak. Termasuk perkebunan ini. dan justru dengan bantuan kamera pengintai, lebih meringankan pekerjaan. Mislanya tidka harus setiap saat berkeliling kebun. Tinggal pantau dari CCTV. Terus kalau ada hal-hal yang terjadi, bisa segera diketahui
Komen Blog fennibungsu.com
Indra DP mengatakan…
penting banget ini CCTV untuk perkebunan untuk memantau hasil kebun, apalagi kalo udah musim panen biasanya ada aja tangan jahil yang nyuri hasil panen
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
CCTV penting banget ya Kak di perkebunan, terutama untuk menghindari serangan binatang liar. Biar gak gagal panen.

Bisa buat pengawasan juga siapa tau ada yang nyolong eeeh jadi gak usah jagain perkebunan selama berjam-jam. Cukup percaya ama cctv
Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Berarti yang bisnis perkebunan harus teliti pilih CCTV agar menunjang produktivitas ya
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
CCTV tidak hanya untuk menjaga keamanan indoor saja ya kak
Tapi juga diperlukan untuk mengawasi perkebunan seperti ini
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Bahkan perkebunan pun juga butuh CCTV ya, kak. Karena outdoor, jadi kudu pilih CCTV yg tepat, yg pasti dari Hikvision, yg udah terpercaya.
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
wah! cakep bener ini CCTVnya bisa difungsikan juga untuk outdoor. Aman dong lokasi perkebunan dan pertaniannya. Jadi bisa dipantau dari mana saja, aman terkendali dong ya kak. Jadi pengen cobain deh!
Komen Blog fennibungsu.com
Erin Herlina mengatakan…
Di perkebunan, sebaiknya pasang CCTV ya, karena selain bisa memantau pencurian bisa memantau proses berebun hingga panen. Termasuk jika ada pencemaran lingkungan.
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Hikvision ini contoh hasil gambar cctv nya bening ngga yah? aku penasaran hihi.. pengen pasang juga soalnya. bbrp minggu kmrn kehilangan anak kucing, satu satu gituu, ngga langsung ilang. Tp sejak digembok terusss aman deh itu anak kucing yang akhirnya tinggal satu doang
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
CCTV tuh skrg emg penting bgt sih. Ga hny utk perumahan tp jg utk perkebunan kyk gini. Ya siapa tau ya ada tangan usil. Yg ga hanya berniat mencuri atau membakar. Apalagi pas harga panen tggi, CCTV patut dipasang sana sini.

Lha gmn ga rugi ntr. Misal harga cabai yg pernah 100rb/kg. Dpt 5kg aja udh 500rb. Lha CCTV aja yg murah ga sampe segitu. Ya mending pake CCTV lah.
Komen Blog fennibungsu.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
HikVision AcuSense ini memang cocok banget yaa dipasang di outdoor terutama untuk area perkebunan. Mengetahui perbedaan antara gerakan manusia, kendaraan, dan binatang pasti akan sangat membantu dalam memonitor area yang luas.
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Menggunakan CCTV Outdoor untuk mendukung pwrtanian ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi petani.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Dulu saya kira buat apa ya perkebunan pakai CCTV, tapi ternyata buat pengawasan kegiatan di perkebunan, terutama kalau ada kebakaran
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Dengan pengawasan yang teliti dan tajam menggunakan Teknologi AcuSense HikVision yang memiliki sensor akurat dalam perangkat keamanan CCTV, maka perkebunan akan jauh lebih aman dan juga semoga hasilnya bisa maksimal. Selalu adaaa aja yaa..yang namanya "pengganggu" itu. Apalagi perkebunan kan luas.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Keakuratan tampilan menggunakan CCTV terperccaya Hikvision sangat membantu sekali. Dari mulai menyajikan keadaan realtime juga rekamannya yang bisa memberikan bukti hingga rekaman selama 24/7.
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan mengatakan…
Sekarang penggunaan CCTV sanggat dibutuhkan di mana saja ya, termasuk untuk perkebunan. Dan manfaat adanya CCTV untuk perkebunan ini banyak juga ya, jadi terasa lebih aman, karena segalanya bisa diawasi dengan semakin mudah.
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
keren nih CCTV untuk perkebunan

karena sebagai pelaku urban faming yang remahan rengginang, kerasa banget pentingnya

kita sering bingung, kok tanaman tiba2 begini ya? begitu ya? dengan adanya CCTV, semua pertanyaan bisa terjawab
Komen Blog fennibungsu.com
CCTV itu banyak banget manfaatnya ya kak. Tidak terkecuali untuk sektor perkebunan. Dengan adanya CCTV jadi bis meminimalisir kemungkinan yang bisa menyebabkan perkebunan rusak dan gagal panen.
Komen Blog fennibungsu.com
Haryadi Yansyah mengatakan…
Ah ya, baru-baru ini lihat CCTV yang merekam terjadinya kebakaran di sebuah laundry koin. Sama kayak di perkebunan bisa dibuat untuk memantau dengan cepat jika hal itu terjadi dan biar segera teratasi.
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Nurjanah mengatakan…
Kamera CCTV tuh membantu banget untuk berbagai tujuan, mulai dari pencegahan tindak kriminal, mengawasi, hingga observasi ke sekitar tdk terkecuali untuk kawasan outdoor seperti area perkebunan yg begitu banyak hal tak terduga terjadi
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Lathifa mengatakan…
Bener juga ya pasang cctv di perkebunan itu banyak manfaatnya, setidaknya lebih gampang mengecek hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi penasaran sama pemasangannya, arus listriknya disambungkan kemana ya?
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
CCTV yang multi fungsi juga ya, soalnya bisa mendeteksi hal yang tidak baik bagi lingkungan. Ini luar biasa, jadi pengen punya juga deh
Komen Blog fennibungsu.com
Hallowulandari mengatakan…
wah sekarang makin canggih yaa, perkebunan juga udah bisa diawasi pake cctv biar bisa meminimalisir risiko kerusakan tanaman dan kerugian nih. outdoor cctv emang jadi sepenting itu yaaa buat usaha
Komen Blog fennibungsu.com
Anisa Deasty Malela mengatakan…
Lingkungan jadi lebih terkendali dan teratasi ya kalau gunakan cctv outdoor seperti ini, btw penyimpanan data dan rekamannya makan tempat ga sih
Komen Blog fennibungsu.com
Fiona mengatakan…
CCTV outdoot emang penting banget mbak, bukam hanya di rumah aja, di perkebunan juga perlu untuk jaga2 dari beberapa hal yang tidak diinginkan.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Bahagia banget kini bisa ada teknologi yang bantu mengawasi area perkebunan yang luas.
Dan minimal, bisa menangani dengan cepat kalau-kalau ada kejadian insidental.
Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Alif mengatakan…
Jaman makin canggih perkembangan teknologi juga terus meningkat ya yg punya perkebunan skrang bisa lebih memantau lagi mengenai perkembangan tanaman masalah apa saja yang dialami memakai cctv perkebunan yang pastinya harus kuat y karna kan lokasi oudoor
Komen Blog fennibungsu.com
Yayat mengatakan…
baca manfaat CCTV, emang sebaiknya punya CCTV sik untuk keamanan apalagi perkebunan yang luas, yang kalo diawasi manual kan bakal repot bangat
Komen Blog fennibungsu.com
Naqiyyah Syam mengatakan…
CCTV sangat diperlukan ya untuk keamanan, apalagi di area perkebunan ya. Aku juga nih ada ruangan yang pakai CCTV
Komen Blog fennibungsu.com
Sefa Yulanda mengatakan…
Makin kemari memang wajib banget ada CCTV ya dan semakin maju CCTV pun jadi alat pemantau terbaik saat ini
Komen Blog fennibungsu.com
Indri mengatakan…
Kebetulan keluarga besarku ada yang memiliki perkebunan, boleh juga aku rekomen ke dia perihal CCTV ini agar kebunnya aman dan tetap terpantau
Komen Blog fennibungsu.com
Arda Sitepu mengatakan…
Pernah lihat CCTV di perkebunan. Tentunya jangkauannya sangat luas dan biisa menangkap berbagai kegiatan yg berlangsung di perkebunan.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB