Strategi Mengumpulkan 100 Juta Pertama di Usia Muda

cara mengumpulkan 100 juta pertama pada usia muda

Cara mengumpulkan uang Rp100 juta pertama menjadi goal banyak orang, terlebih bisa mencapainya di usia muda. Namun tidak sedikit orang merasa jumlah uang tersebut terlalu besar dan beranggapan sulit untuk terkumpulkan. Padahal memiliki tabungan Rp100 juta pertama bukanlah hal yang mustahil apabila kamu bisa mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. 

Banyak orang menjadikan Rp100 juta pertama, sebagai salah satu tujuan keuangan yang ingin diraih. Usaha mengumpulkan uang sejumlah tersebut memang tidak bisa dilakukan secara cepat dan menyesuaikan kondisi finansial masing-masing. Namun kamu tetap bisa mewujudkan target Rp100 juta pertama asalkan disiplin menabung dan menyesuaikan gaya hidup. 

Supaya kegiatan menabung Rp100 juta pertama kamu bisa berjalan lebih efektif dan terkontrol, kamu perlu membuka rekening online tersendiri. Buatlah rekening khusus untuk menyimpan tabungan tujuan keuangan tersebut. Saat ini syarat buka rekening cukup sederhana dan pendaftaran bisa dilakukan secara online. Lantas bagaimana strategi mengumpulkan Rp100 juta pertama di usia muda?

Tips Menabung untuk Mengumpulkan 100 Juta Pertama 

Keinginan mengumpulkan Rp100 juta pertama di usia muda harus dibarengi dengan niat kuat, kerja keras, mengontrol gaya hidup, dan disiplin menabung. Berikut ini beberapa tips menabung untuk bisa mengumpulkan Rp100 juta pertama di usia muda:

1Menentukan Target 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat merencanakan tabungan adalah menentukan target. Perhitungkan kapan kamu ingin mencapai terkumpulnya Rp100 juta pertama. Dengan menentukan target waktu, kamu bisa merencanakan strategi menabung secara lebih tepat dan terukur. 

Misalnya kamu ingin mengumpulkan Rp100 juta pertama dalam waktu empat tahun. Strategi yang bisa kamu terapkan adalah menabung minimal Rp2,5 juta setiap bulannya. Namun, kamu juga bisa membuat target waktu dan jumlah alokasi tabungan sesuai kondisi finansial. 

bagaimana teknik mengumpulkan 100 juta pertama di usia muda
sumber: https://www.freepik.com/free-photo/jars-with-coins-banknotes_11433284.htm#from_view=detail_serie

2Mengatur Kebutuhan 

Tips penting lainnya yang perlu kamu terapkan saat menabung adalah mengelola apa yang dibutuhkan. Nah, agar Rp100 juta pertama terkumpul lebih cepat, kamu harus dapat mengatur kebutuhan harian maupun bulanan. Kamu harus memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya pokok atau wajib dipenuhi. 

Supaya alokasi keuangan lebih terkontrol dan tepat, kamu perlu menyusun anggaran harian maupun bulanan. Catatlah apa saja kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, seperti biaya makan, pendidikan anak, cicilan atau kredit, transportasi, dan lainnya. Selain itu, kamu juga perlu mengevaluasi perilaku keuangan kamu setiap bulan dan menghentikan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. 


3Prinsip Menyisihkan, Bukan Menyisakan 

Masih banyak orang yang menjalankan kegiatan menabung dengan menunggu uang sisa di akhir bulan. Seharusnya uang tabungan berasal dari menyisihkan gaji tiap awal bulan, bukan menyisakan yang ada baru menabung. Jadi setelah gajian, sebaiknya segera masukkan beberapa persen pendapatan kamu ke pos tabungan. 

Kebiasaan menyisihkan uang di awal bulan dapat membantu kamu disiplin menabung dan mencegah sikap konsumtif atau pengeluaran yang boros. Apabila kamu mengandalkan uang sisa, maka jumlahnya bisa tidak menentu dan kadang ludes sebelum akhir bulan. 

4. Menghindari Perilaku Boros 

Banyak orang tidak sadar bahwa gaya hidupnya membuat keuangan jadi boros dan mengacaukan finansial. Sebenarnya setiap orang memiliki berbagai keinginan, namun usahakan untuk mengontrolnya demi keamanan finansial. Di era digital seperti sekarang ini mudah sekali orang terhanyut dalam perilaku gengsi, fomo, hedonisme yang berbahaya bagi kesehatan keuangan. 

Sebaiknya kamu menerapkan gaya hidup sesuai kemampuan keuangan. Supaya target Rp100 juta pertama bisa terkumpul dengan cepat, maka kamu harus menghentikan perilaku boros. Misalnya dengan mengurangi keinginan selfreward, entah beli pakaian, liburan, atau sekadar nongkrong dengan teman. Semakin sedikit pengeluaran kamu, maka uang yang bisa kamu tabung juga semakin banyak. 

5Mencari Penghasilan Tambahan 

Di era digital seperti sekarang, banyak peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Selain dari pekerjaan utama, kita dapat mencari side job untuk mempertebal kantong. Semakin banyak penghasilan, maka kamu juga bisa mengalokasikan uang lebih banyak ke pos tabungan. 

Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan kerja dari rumah atau WFH. Saat ini banyak profesi yang bisa dikerjakan dari mana saja atau remote, seperti freelancer penulis, content creator, dan sebagainya. Jadi kamu harus rela overwork demi bisa meraih Rp100 juta pertama di usia muda. 

6Mencatat dan Melacak Pengeluaran 

Kebiasaan sepele seperti mengabaikan pengeluaran seringkali justru berbahaya bagi keuangan kamu. Tanpa melacak pengeluaran, kamu akan lupa atau tidak tahu ke mana saja perginya uang kamu. Jika dibiarkan maka bisa bikin anggaran jadi bocor. Maka dari itu kamu perlu mencatat dan melacak pengeluaran secara rutin

Mencatat pengeluaran juga dapat kamu jadikan modal untuk evaluasi keuangan. Kamu jadi tahu mana saja pengeluaran yang perlu ditekan atau dikurangi. Dengan cara ini, kamu bisa menabung secara disiplin dan mencegah gaya hidup yang berlebihan. 

7Mulai Berinvestasi 

Tips lainnya yang perlu kamu terapkan adalah mulai berinvestasi. Investasi dapat mengoptimalkan upaya menabung Rp100 juta pertama dan bahkan melampaui target. Dari investasi yang kamu miliki itu, berpeluang mendapatkan imbalan atau keuntungan berlipat di masa mendatang. Ada berbagai instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Salah satu investasi yang aman bagi pemula adalah Reksadana karena menawarkan keuntungan kompetitif dengan risiko lebih rendah dari instrumen lain.

8Membuat Rekening Terpisah

Sebaiknya pisahkan uang tabungan dengan dana untuk hidup sehari-hari atau memenuhi kebutuhan pokok. Kamu bisa membuat rekening yang khusus diperuntukkan tempat menyimpan tabungan. Dengan menempatkan di rekening terpisah, maka tabungan akan lebih terkontrol dan aman dari hasrat menggunakannya. Apalagi saat ini buka rekening bank bisa dilakukan secara online dan persyaratan nya nggak ribet. 

teknik strategi mengumpulkan 100 juta pertama di usia muda
Sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/euro-bills-banknote-glass-bottle-saving-man-doing-his-accounting-small-business-deposit-lending-interest-rate-reduction_14909202.

Menggunakan Rekening Online untuk Menabung

Setelah membaca tips menabung di atas, pastinya kamu semakin bersemangat dan yakin bisa mengumpulkan Rp100 juta pertama di usia muda. Supaya kegiatan menabung kamu dapat berjalan efektif dan aman, kamu perlu membuat rekening khusus untuk tabungan meraih Rp100 juta pertama. Apalagi saat ini kamu bisa membuat rekening online gratis. 

Salah satu rekening online yang bisa kamu pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan kamu dalam memantau dan mengontrol keuangan. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening ini juga cukup sederhana dan nggak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai syarat buka rekening online PermataMe dan pendaftarannya bisa kamu baca di sini

55 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Agung Kharisma mengatakan…
Proses menuju punya saving 100 juta pertama nggak mudah ya ka, kalau nerapin semua tips di artikel ini pun butuh perjuangan dan kesabaran, apalagi kalo lagi ada flash sale, nahan diri buat nggak keluar spending sesuatu yang bukan masuk kebutuhan berat sih.

Btw rekening online PermataMe ada layanan kartu atm gitu gak ka? Biar bisa tarik tunai juga gitu
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
dulu tuh ak pernah belajar nih tentang perencanaan keuangan gitu, jd bisa tuh kita ngitung kira2 butuh berapa lama sih kaya misalnya tuh utk mencapai dana 100 juta gt, jd tiap bulan ada sekian rupiah yg hrs kita sisihin
Komen Blog fennibungsu.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Wah, bagus banget nih tipsnya. Anak saya harus baca nih tulisan ini biar bisa dipraktekkan
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Mindset menabungnya nih yang perlu di ubah barangkali ya, seperti point 3 yaitu menyisihkan bukan menyisakan. aku udah mulai membiasakan begitu sih, minimal 10ribu aja dulu yang mudah. mengingat pendapatan harian sih, hahahaha. kalo dapet upah bulanan kan enak tuh bagi-baginya.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Mindset menabungnya nih yang perlu di ubah barangkali ya, seperti point 3 yaitu menyisihkan bukan menyisakan. aku udah mulai membiasakan begitu sih, minimal 10ribu aja dulu yang mudah. mengingat pendapatan harian sih, hahahaha. kalo dapet upah bulanan kan enak tuh bagi-baginya.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Mengumpulkan 100 juta pertama asalkan ada kemauan dan kemampuan pasti bisa kok. Apalagi sekarang kalau buka rekening cukup mudah ya mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Daeng mengatakan…
ini sih ilmu yang penting banget betul banget kak kita harus belajar mengatur keuangan saat masih muda dan mulai menabung untuk masadepan
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
kalau dilihat dari nominalnya, 100 juta memang besar ya, Mbak. Jadi memang bagusnya mulai saja segera dan secara bertahap. dan kaum milenial sekarang gajinya sudah besar-besar. Tinggal bagaimana mengaturnya, terutama, jangan tergoda pemenuhan keinginan. Dan poin bagus itu adalah harus menyisihkan, bukan menyisakan.
Komen Blog fennibungsu.com
Mita Oktavia mengatakan…
Mengumpulkan 100 juta pertama tidak akan mustahil bila punya target dan fokus untuk mencapainya. Ternyata juga penting yang punya rekening online terpisah supaya antara rekening tabungan dengan rekening untuk transaksi tidak tercampur. Tips yang oke nih, Kak Fenni.
Komen Blog fennibungsu.com
Lintang mengatakan…
Waaaw siapa sih yang ngga pengen dapet 100 juta pertama, ini mah goal banget. Nah iya bener banget harus nentuin target biar semua lebih terstruktur dan on track. Wajib buat rekening terpisah sih. Misalnya oake PermataMobile X ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Indra DP mengatakan…
sekarang untuk bisa mendapatkan 100juta pertama di usia muda tentu bukanlah hal yg sulit, tinggal pintar2 cari peluang dan pandai kelola keuangan saja
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Memang harus disiplin, gak ngutang, dan mungkin menerapkan frugal living yang sesungguhnya biar tercapai tujuannya
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Anak muda fresh gradute yang penghasilannya sebulan sampai 2 digit, kudu banget deh punya tabungan atau rencana keuangan biar target 100 juta dalam setahun bisa terpenuhi.

Kalau perlu bikin tabungan online, dan berinvestasi.
Komen Blog fennibungsu.com
ungayossy.com mengatakan…
Zaman udah secanggih ini tinggal kita lagi ya kak mau mencari tahu lebih banyak dan manfaatin positifnya. Apalagi kalau bikin konsep soal keuangan emang wajib banget ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Alsa mengatakan…
buka rekening sekarang memang mudah banget ya, gak perlu ke bank langsung udah bisa ada rekening.
cocok banget nih dipakai tuk pisahin tabungan khusus untuk 100 juta pertama ya Kak :)
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Dengan rekening online kita bisa makin mudah juga menabung ya, Kak. Memang untuk bisa menghasilkan banyak harus dibiasakan menabung sejak dini. Bisa juga nih tips bagi kami meskipun tidak lagi muda
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Berasa banget sih seberapa teratur dan terorganisirnya pengeluaran bulanan tuh kalau punya rekening tabungan, dan rekening penerimaan serta pengeluaran dana yang terpisah. Tinggal kuat kuatin diri biar nggak banyak kepancing keinginan beli ini itu aja.
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Amiiinn. Smg aku jg bs mengumpulkan 100 juta pertama dlm hidup. Emg sih yg plg penting dlm mengelola keuangan tuh pake prinsip menyisihkan, bkn menyisakan. Uang brp pun berasa ga ckp mulu. Tp kl mampu disisihkan meski hny 10% pun akan terasa bgt utk ditabung, apalagi kl bs diinvestasikan.
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Pentimg banget ini diterapin sama anak muda, supaya hidup ke deoannya juga jadi lebih baik. Termasuk pilih bank yg pas buat invest 100 juta pertamanya.
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Mustiani mengatakan…
Banyak cara memang untuk mengumpulkan uang atau menabung sesuai target, tinggal berkonsisten diri saja ya dengan tips-tips yang ada di artikel ini. Apalagi membuka rekening sekarang juga cukup mudah.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Wah, nggak kebayang sih bisa mengumpulkan 100 juta pertama saat muda
Tapi klo tahu tipsnya, ya nggak ada yang nggak mungkin ya mbak
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Padahal sering banget kelewatan konten tiktok mengenai cara konsisten menabung. Dari mulai pembiasaan 20rb sehari sampai membuat rekening terpisah. Rasanya kita jadi lebih bijak dalam menggunakan uang.
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Sekarang makin banyak bank yang menyediakan layanan rekening online ya. Enaknya kalau buka rekening gak rempong ke bank dan gak perlu buku tabungan juga.
Mantul banget masih muda bisa nargetin 100 juta pertama. Yes kuncinya jangan boros dan kalau misalnya mau cepet kudu kerja keras tambah penghasilan ya.
Komen Blog fennibungsu.com
sarrahgita mengatakan…
saya setuju banget dengan tips menyisihkan buakan menyisakan dan tips buatlah rekening terpisah. beberapa waktu terakhir saya juga mulai menerapkan hal tersebut dan ternyata berhasil membantu saya dalam mencapai tujuan keuangan.
Komen Blog fennibungsu.com
Purwanto mengatakan…
Pernah ngelakuin ini dulu udah lama, caranya waktu itu punya 2 penghasilan. 1 dari ngantor, 1 lagi dari freelance.
Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Seratus juta pertama di usia muda? Wiih.. sangat menggiurkan ini.. Terimakasih sharing tips dan trik nya yaa .
Komen Blog fennibungsu.com
Ririn Erviana mengatakan…
Kesannya emang mudah, tapi kalau pemasukan kita hanya dari situ-situ aja ya tetep susah kayaknya. Rekening dipisah kalau kitanya nggak ada action menambah income ya tetap aja lama. Tapi setidaknya dengan memisahkan rekening ini kita jadi inget sih sama target utamanya. Semangat yukkk!
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Mencatat dna melacak pengeluaran wajib banget nih, kalau ga begitu sekedar dicatat tanpa dilacak akan membuat kita kebobolan anggaran. Jadinya ga bisa nabung. Iya, Kan
Komen Blog fennibungsu.com
S. Fauzia mengatakan…
Saya juga rata-rata melakukan hal yang sama dengan Mba, paling penting saat menabung harus di rekening terpisah yang tidak bisa diganggu gugat.
Komen Blog fennibungsu.com
Inia lutarfus mengatakan…
Kalau berharap dari gaji saja saya pesimis untuk 100 juta pertama, karena keseringan keluar uang tak terduga. Emang salah satu solusinya ialah memutar uang tidak secara penuh disimpan entah berinvestasi atau buka usaha
Komen Blog fennibungsu.com
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Saat ini, meraih 100 juta pertama pada usia muda tentu bisa dicapai dengan relatif mudah, asalkan kita cerdas dalam mencari peluang dan bijak dalam mengelola keuangan.
Komen Blog fennibungsu.com
Dila mengatakan…
Kalau menurut saya pribadi dan berdasarkan pengalaman, akan lebih baik menentukan untuk apa uang 100jt itu. Maka kita bisa lebih termotivasi mengupulkannya. Misalnya 100jt untuk beli mobil atau 100jt untuk DP rumah dll. Selebihnya saya setuju dengan tips menabung untuk mengumpulkan 100jt yang ditulis di artikel ini.
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Iyeees, yg bener itu menyisihkan, bukan nabung apa yg jadi sisa ๐Ÿ˜. Susah sampe ke taret kalo caranya menyisakan ๐Ÿ˜…. Dan percaya deh, kalo udh tercapai, akan mudah untuk mencapai target LBH tinggi
Komen Blog fennibungsu.com
Ahmad Kholidin mengatakan…
Tiap orang punya strategi masing-masing gimana caranya bisa mendapatkan uang 100 juta pertamanya.
Ngeblog adalah salah satu jalan membuka pintu rejeki untuk mendapatkannya. Asal mau membuka diri dan pikirian, apa yang kita share dan kita utarakan di website bisa mendatangkan partner kerja yang saling menguntungkan.
Komen Blog fennibungsu.com
Jastitah mengatakan…
Kalau baca rasanya mudah yaa untuk dapat 100 juta. tapi kenyataannya ga semudah ituu! Haha perlu usaha ekstra dan incomenya juga bisa terus meningkat. Yuk bisa! thanks sudah sharing yaa kak!
Komen Blog fennibungsu.com
lylamanzila mengatakan…
aku juga sudah mulai memisahkan mana rekening untuk saving dan mana rekening untuk terima invoice dari job. soalnya kalo digabung satu rekening bisa-bisa uang nggak kekumpul malam buat CO mulu di toko oren. apalagi ada mobil bangking makin mudah aja beli beli online wkwk
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Amazing yaa..
Karena konsisten itu adalah kunci, sehingga pas diniatin banget menabung setiap hari, pastinya 100 juta pertama bisa tercapai. Apalagi menabung di rekening yang terpisah dengan rekening kebutuhan sehari-hari.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Meraih 100 juta pertama di usai muda bukanlah hal yang mustahil ya mbak
Selama mau konsisten berusaha, pasti bisa
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Menyisihkan bukan menyisakan...penting ini, karena di depan sudah ada jelas peruntukannya. Lalu masukkan ke rekening terpisah, jadi aman dan ga tergoda:) Yuk bisa yuk kita!
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung itu butuh effort lebih untuk melakukannya apalagi banyak godaan disekeliling kita yang butuh perhatian juga tapi demi masa depan mah bisa tentunya, semangat๐Ÿ’ช
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Bahasan yang menarik dan aplikatif ini, ya Kak. Meraih 100 juta pertama di usia muda. Ini bis amenjadi.motivasi dna ianpirasi bagi anak muda khususnya
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Keren tipsnya

nyesel saya gak baca ini sewaktu masih muda

jadi deh uang gaji habis untuk yang gak jelas

Target Rp 100 juta dibutuhkan agar kita punya tujuan dan keuangan jadi terarah
Komen Blog fennibungsu.com
DokterTaura mengatakan…
'Menyisihkan bukan Menyisakan" itu nampol banget di aku, hahaha... Tapi masih bersyukur sih tiap bulan masih ada "sisa"
Emang bener sih, di usia muda itu harus semangat menabung untuk menyiapkan hari tua. yang penting goalnya harus punya rumah sendiri di usia sekian, gitu.... Semangat ya para anak muda semua...
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Kunci untuk mengumpulkan 100 juta pertama adalah tambah penghasilan, jangan boros, gemar menabung/invest yaa.
InsyaAllah kalau konsisten dan gak mudah tergoda beli2 hal yang gak penting bakalan cepat kesampaian punya 100 juta pertama :D
Komen Blog fennibungsu.com
Iva C Wicha mengatakan…
Skrg memang byk side job yg bisa work from anywhere yg bisa bkin target 100jt bisa dicapai yaa. Tpi emang bener harus dibarengi jiga dgn hidup sesuai kebutuhan bukan keinginan dgn byk lifestyle dan terendah saat ini. Yuks bisa yuks, smangat menjemput rejeki.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku pernah doonk, rutin mencatat pengeluaran sedetil detilnya. Sampai uang parkir, dkk.
Subhanallahu.. Kaget karena tertampar dengan fakta.
Huhuhu.. setelah itu, aku berenti nyatet.
Huhu.. kudunya tetep nyatet yaa.. Pasti semakin terpampang nyata dosa-dosa pengeluaran gak penting yang aku lakukan. Huhuhu..
Komen Blog fennibungsu.com
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Menyisihkan bukan menyisakan. Jleb banget ya kalimatnya. Sebagian org memang kadang salah kaprah dgn istilah menabung. Dikiranya menabung itu uang yg sisa di akhir bulan, pdhl dari awal harus udah disisihin. Btw aku udh jalanin yg poin memisahkan rekening bank mbak. Semangat menuju 100juta! :D
Komen Blog fennibungsu.com
Amethyst aiko mengatakan…
Berat memang kak.. tapi Alhamdulillah berhasil juga...saat berhasil rasanya senang banget
Komen Blog fennibungsu.com
Ugik Madyo mengatakan…
Aku juga pengen banget bisa kumpulin 100 juta pertama. Sudah merusaha menyisihkan tapi tetap ada saja kebutuhan mendesak yang harus mengambil yang tabungan ini. Semoga kita semua segera bisa punya tabungan 100 juta pertama.
Komen Blog fennibungsu.com
nurul rahma mengatakan…
Harus disiplin bangett ya.
untuk mencapai tujuan keuangan, memang banyak hal yg kudu dilakoni.
kudu persisten dan konsisten
Komen Blog fennibungsu.com
Ning! mengatakan…
Daripada ngumpulin dalam bentuk uang, aku lebih suka dalam bentuk aset, soalnya kalau uang gampang diambilnya, jadinya susah kekumpul, hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Aisyah Dian mengatakan…
Kak aku jadi tertantang nih bikin 100 juta pertama dari hasil ngeblog keren kali ya. Terima kasih banyak kak aku jadi terinspirasi nih
Komen Blog fennibungsu.com
Lasmicika mengatakan…
Kalau dulu tuh aku suka pakai amplop amplop gitu buat misahin mana duit buat ditabung dan buat kebutuhan harian. Sekarang gampang tinggal bikin rekening bank terpisah ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Annisa Tang mengatakan…
Pengen banget bisa ngumpulkan 100 juta pertama hingga 10 kali lipat, hihihii, aamiin yaa Rabb. Terima kasiiii tipsnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Poin mencatat dan melacak pengeluaran bermanfaat sekali nih buat mengecek uang kita lari kemana saja. Tp yg ini harus rajin dan telaten melakukannya. Krn kadang Ada kalanya malas dan lupa kalo ga langsung dicatat.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence