Langsung ke konten utama

Resep Olahan Tepung Jagung: Camilan Asik Saat Liburan

apa itu tepung jagung maizena

Siapkan camilan olahan tepung jagung sepertinya asik juga, sambil menikmati waktu liburan. Terlebih lagi tak terasa ya sebentar lagi tahun pun akan berubah ke tahun 2024. Udah dipikirkan dari sekarang deh, seperti mau akan membuat camilan apa. Soalnya kan kalau ada yang dicemal-cemil bakal lebih berkesan lagi.

Selain itu, memantau juga jadwal film yang akan tayang di televisi, walau sih kalau bagian ini sepertinya bakalan rebutan remot dulu nih sama ponakan yang paling kecil karena doi demennya nonton film kartun, sedangkan saya dan yang lain biasanya akan mencari film yang bergenre seru, entah itu horor, misteri, maupun thriler. Ya, kalau saya mumpung lagi rame di rumah, makanya berani aja sih nonton genre tersebut, hihi.

Langkah Ciptakan Liburan Seru Bareng Keluarga

Maka dari itu, perlu nih seperti membuat list kecil-kecilan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menciptakan liburan seru bareng keluarga meski di rumah saja, yaitu:

1. Buat List Judul Film

Membuat daftar judul film yang ditonton, akan membantu kita membagi tayangan, khususnya yang di rumahnya masih ada anak kecil. Nah, bisa kita bagi nih, misalnya dari jam 8 pagi hingga 12 siang adalah film anak-anak, lalu dari jam 1 siang hingga 6 sore film yang genre-nya tidak terlalu berat entah itu komedi atau drama keluarga, kemudian di jam makan malam bisa menonton film genre action maupun thriller.

2. Sediakan Games Keluarga

Permainan seru bareng keluarga juga perlu dipersiapkan, karena hal ini akan menambah rasa kebersamaan. Pilihlah games yang bisa dimainkan banyak orang, misalnya main cangkulan (kartu), monopoli, ludo, ular tangga, dan sebagainya.

3. Siapkan Camilan Berbahan Tepung Jagung

Namanya sedang kumpul keluarga, kurang berkesan tanpa adanya hidangan. Camilan menjadi salah satu yang selalu diupayakan untuk ada, apalagi olahan tepung jagung, karena lebih kenyal. Kita bisa mencari kuliner berbahan tepung jagung baik yang sudah matang atau dengan membuatnya sendiri.

olahan tepung jagung yang mudah dan cepat
ilustrasi tepung jagung (dok. freepik)

Tiga Resep Olahan Tepung Jagung yang Mudah

Kalau membuatnya sendiri bagaimana nih? Tenang, kalau biasanya makanan berbahan tepung jagung kita buat untuk fla puding, isian pie, maupun sup, lewat tiga resep olahan tepung jagung yang mudah bisa menjadi hidangan yang lezat dan berbeda, yaitu:

A. Cookies Coklat Maizena

*) Bahan yang diperlukan

  • 60 gram mentega
  • 60 gram butter
  • 100 ml kental manis
  • 1 sendok makan cokelat bubuk
  • 200 gram tepung maizena
  • Chocochips untuk topping (boleh warna warni atau yang berwarna coklat saja)

*) Cara Membuat Cookies Coklat Maizena

  1. Campur mentega, butter, kental manis, dan cokelat bubuk lalu aduk hingga merata.
  2. Masukkan tepung maizena (bisa menggunakan ayakan, agar tidak bergerindil) lalu aduk rata.
  3. Cetak adonan hingga selesai (bisa menggunakan cetakan adonan yang dimiliki sesuai selera).
  4. Beri topping chocochips di atasnya.
  5. Siapkan oven yang telah dipanaskan.
  6. Panggang cookies selama 30 menit atau hingga matang.
  7. Masukkan ke dalam toples ketika dingin.

Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena
ilustrasi bakpao isi strawberry (dok. fennibungsu.com)

B. Bakpao Maizena

*) Bahan yang dibutuhkan:

  • 100 ml air hangat
  • 4 gram ragi
  • 1 sdm gula pasir (bisa disesuaikan bila ingin dikurangi atau ditambahkan rasa manisnya)
  • 250 gram tepung terigu
  • 4 sdm maizena
  • 1 sdm susu bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 25 gram margarin

Note: untuk isian bisa disesuaikan dengan selera ya.

*) Cara Membuat Bakpao Maizena

  1. Buat bahan biang yaitu air hangat + ragi, diamkan sekitar 10 menit.
  2. Campur gula, tepung terigu, maizena, garam dan susu bubuk, lalu aduk rata dengan bahan biang.
  3. Uleni bahan dengan menambahkan margarin hingga kalis.
  4. Diamkan adonan selama 1 jam atau hingga mengembang.
  5. Bagi adonan beberapa bagian, lalu buat berbentuk bulat. Lakukan hingga adonan habis, kemudian diamkan lagi selama 20 menit.
  6. Isi adonan sesuai selera, kemudian proofing lagi 30 menit.
  7. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

C. Puding Jagung

*) Bahan-bahan

  • 500 gram jagung manis yang telah dipipil
  • 500 ml air
  • 500 ml santan
  • 1 sachet agar-agar bubuk
  • 6 sdm gula pasir
  • 6 sdm kental manis putih
  • 1 sdt vanilla extract
  • 1 sdm tepung maizena, lalu larutkan dengan sedikit air
  • Sejumput garam

*) Cara membuat Puding Jagung

  1. Haluskan jagung dengan di blender, lalu saring.
  2. Masak santan, gula, kental manis, agar-agar bubuk, garam, dan vanila ekstrak hingga mendidih.
  3. Masukkan larutan maizena, lalu masak hingga mendidih
  4. Tuang ke cetakan yang disukai.
  5. Bisa dimasukkan ke dalam lemari es hingga set. Sajikan ketika dingin.

Baca Juga: Review The Maids Nasi Goreng

Apa Saja Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena?

Oh iya, perlu diketahui nih sebelum membuat camilan bahwa Tepung Jagung (corn flour) dan Tepung Maizena (cornstarch) itu ada bedanya loh! Mungkin kerap kali kita menganggapnya sama, padahal kedua jenis tepung jagung itu memiliki perbedaan yaitu:

Terbuat dari

corn flour: biji jagung utuh yang dikeringkan dan digiling

cornstarch: endosperm tepung biji jagung

Warnanya

corn flour: teksturnya kental dan berwarna agak keemasan

cornstarch: teksturnya seperti bubuk halus dan berwarna putih

Rasanya

corn flour: seperti jagung yaitu manis dan cenderung pedas

cornstarch: lebih netral, sehingga dapat digunakan untuk bahan pengental masakan lain tanpa mengganggu rasanya.

Manfaat

corn flour: dapat digunakan untuk membuat adonan gorengan dan memanggang

cornstarch: sebagai bahan pengental

Jenis Olahan Tepung Jagung

Baca Juga: Resep Andalan di Bulan Ramadhan

Siap Bikin Camilan Nikmat dengan Tepung Maizena

Dari pembahasan tentang jenis tepung jagung di atas, berikut juga perbedaan tepung jagung dan tepung maizena bisa nih langsung kita eksekusi membuat hidangannya, menggunakan Tepung Maizenaku dari Egafood. Pasalnya, camilan yang dihasilkan bakal terasa aroma harumnya yang segar, rasa yang renyah, warna kuning cerah dan tekstrurnya yang lembut. Apalagi nih, punya kandungan nutrisi seperti Vit B komplex, Vit C, Vit D, dan mineral. Jadinya hasil olahan apapun baik untuk asupan tubuh kita. Kuy, siap liburan asik bareng keluarga di rumah saja dengan tepung jagung Maizenaku. 

Komentar

DokterTaura mengatakan…
Wah kebetulan sekali nih, ketiga anakku lagi liburan dan kumpul di rumah sejak 3 hari yang lalu. Emang sih, kadang sering nir ide, mau ngapain ya?
Cooking dan baking together menggunakan tepung maizenaku bisa dicoba nih.... kebeyulan anak2ku juga suka banget memasak
Suci mengatakan…
Sebelum baca inim, cuma tau beda kedua tepung itu di teksturnya dan fungsinya.
Maizena identik dengan fungsinya untuk mengentalkan...
Btw, aku tim tinggal makan aja, mbak.
Paling males kerja di dapur hihihi

Bagian bersih2 aja, deh...
Ainun mengatakan…
pas baca ini jadi keinget kayaknya ibuku pernah bikin puding jagung, cuman aku ga merhatiin bahan-bahannya waktu itu
Selama ini aku mengira kalau tepung jagung dan tepung maizena sama, ternyata ada perbedaannya
biasanya kalau maizena dipakai untuk membuat capcay contohnya, dulu waktu SD aku mikir, kuah kentalnya dari mana, dan taunya pas udah gede hahaha
Lia Yuliani mengatakan…
Libur tlah tiba, meski di rumah aja karena malas bermacet-macet ria bisa sambil nonton film bareng atau bikin camilan dari tepung Maizenaku. Jadi pengen makan puding jagung, bakpao juga deh habis baca artikel ini.
Annie Nugraha mengatakan…
Wah baru tahu saya ada yang namanya tepung jagung. Kalau jadi bahan utama untuk bikin bakwan jagung keknya enak juga ya Fen. Tinggal tambahan pipilan jagung manis terus diadon. Duuhh dah kebayang lezatnya.
Emma Malika mengatakan…
Wah aneka resep dari tepung jagung itu terlihat enak semua ya, cara membuatnya pun mudah. Thanks ya resepnya, cobain aahh
Alif Kiky Listiyati mengatakan…
Owalah, baru tahu sekarang aku mbak kalau tepung jagung dana maizena itu beda.biar gak salah bikin emang harus tahu nih bedanya
Maria G Soemitro mengatakan…
baru tahu bedanya corn starch dan corn flour

saya juga selalu stok brand ini nih untuk bikin kue seperti pisang molen agar hasilnya lebih krispi
Bayu Fitri mengatakan…
Biasanya Aku makan jagung kalau gak direbus ya di bakar paling makan cake yg dicampur tepung maizena aja ,,nah belum pernah nih makan olahan dari tepung jagung semua kyk gini ..jadi kepo rasanya
YSalma mengatakan…
Tak pikir tepung jagung dan tepung maizena yang umum disebut itu sama, ternyata beda. Buka laci 'simpanan' pertepungan ternyata masih punya stok tepung Maizenaku, siap nyontek resepnya kak Fenni untuk membuat camilan buat teman nonton :)
Triani Retno A mengatakan…
Aku simpeeeeen. Hehe... Pas banget sekarang lagi libur sekolah dan mulai sering hujan. Jadi bawaannya pengen ngemil mlulu. Kalau kata anak-anak, musim liburan gini untuk perbaikan gizi. >.<
Lia Lathifa mengatakan…
Hmm kira-kira tepung jagung yang benar-benar jagung asli yang digiling dijual di pasaran gak ya? Soalnya lebih banyak ditemui tepung maizena, aku suka pakai buat menambahkan adonan kue atau adonan gorengan
Pesona Sidoarjo mengatakan…
Wah bisa jadi resep terbaik nih kalau pas weekend bisa saya eksekusi puding jagungnya. Apalagi aku paling suka makan jagung.
lendyagasshi mengatakan…
Liburan memang jadi waktu yang berharga untuk menikmati qtime keluarga yaa.. Dan salah satu yang paling ditunggu adalah makan cemilan fave keluarga. Ada resep di blog ka Fenni, langsung bisa dicobain nih.. dari yang paling simple bikinnya.
Deeva Collection mengatakan…
Bermodal tepung Maizena dan beberapa bahan pelengkap lainya, liburan jadi lebih seru dan lebih bermakna ya, Kak. Bisa diisi dengan masak bareng, nonton bareng, sambil menikmati kue yang sudah dibikin dari Maizena.
Cindi mengatakan…
Waaaahhh, puding jagung harus nyoba sih ini, nyontek resepnya ya Mbaa ^^
Saya pun baru tahu ternyata tepung jagung dan tepung maizena ternyata beda, saya pikir sama..
Sendy Yunika mengatakan…
Nice idea nih. Bisa bgt di coba buat ngisi liburan yg tinggal beberapa hari ini.
Desi mengatakan…
wah bisa nih buat bekal resep untuk liburan. apalagi saya pecinta jagung, rasanya jagung mau diapain juga enak-enak aja. Ditambah kalo udah ada resep kayak gini, disimpen dulu n nanti pas ada waktu mau ngoprek di dapur hehe
khairiah mengatakan…
pas banget lagi liburan gini anak-anak memang bawaannya lapar melulu perlu dibikin cemilan bentar2 thanks for recipe
beyourselfwoman mengatakan…
Aku suka banget sama puding jagung karena jagungnga sendiri sudah manis. Lagipula pudinh enak di tenggorokan. Di sini lagi musim batpil. Jadi gak bisa makan gorengan.
Mechta mengatakan…
Oh..kukira sama dg maizena, ternyata beda ya. Terima kasih sharing infonya dan juga resepnya, pengen nyobain yg puding jagung .
YSalma mengatakan…
Aku penggemar puding dan juga jagung dengan berbagai olahannya.
Jadi dapat ide untuk membuat camilan puding dengan tepung Maezenaku, disantap dingin nikmat, disantap hangat sepertinya juga oke *cara menikmati puding yg agak lain emang ini :) *
Siti Faridah mengatakan…
Sepupuku lumayan sering beli maizenaku ini, Mbak. Kalau aku suka makan jagung bakar, Mbak. Tapi kadang-kadang penasaran pengen bikin puding jagung.
Fera Marentika mengatakan…
wah aku juga pakai tepung maizena merk ini ^^ biasanya selain untuk mengentalkan kuah capcay, aku pake bikin cemilan anak biar lebih renyah. apalagi musim liburan gini, anak di rumah mesti stok cemilan biar ga jajan di luar.
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Kalau tepung maizena sering lihat dan beli, mbak. Tapi yang corn flour belum pernah nih. Biasanya di hypermarket atau toko online ya mbak dijualnya?
Siska Dwyta mengatakan…
Boleh juga nih resepnya buat cemilan di rumah. Btw selama ini tahunya tepung maizena itu sama dengan tepung jagung ternyata beda ya. Baru tahu perbedaannya setelah baca ulasan di atas. Oh ya tepung maizenaku ini andalan aku juga nih di rumah.
Nyi Penengah mengatakan…
Penasaran yang puding jagung mba Fenn, anakku suka puding
resep2nya makasih banyak mba, mau cobain bakpau juga belum pernah bikin
Manda Dea mengatakan…
wah aku kira sama loh teoung jagung dan tepung maizena,ternyata beda ya mba

nah pas banget nih liburan itu ntah kenapa rasa lapar anak2 meningkat wkwkwkw bisa jadi referensi bikin jajanan di rumah nih
Nita Juwithafina mengatakan…
Eh iyaa.. makasaih banget idenya mba. Bisa buat cemilan sore2 nih mumpung masih liburan anak sekolah :D makasi mba Feeeen :) lup
Eka FL mengatakan…
kebetulan setengah tahun 2023 kemarin saya mencoba hobi baru, yaitu bikin kue. hampir semua jenis kue kering saya coba bikin, kue kering maizena nih salah satu faborit saya. ngepros, gurih dan manis gitu rasanya. nah yang coklat nih saya belum nyobain, mau coba ah resepnya. btw saya juga pake tepung Maizenaku, always and it a must sih itu mah.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
owalah bahan pengental itu tepung maizena. Dan itu beda sama tepung jagung. Aku berpikir selama ini tepung jagung ya tepung maizena. Nggak ada bedanya.
Rusdiana - Ciungtips mengatakan…
Wah ini resepnya bakalan tak cobain nih kalo pas libur nanti, bahan-bahnnya simple dan mudah ditemukan. Tepung maizenaku sering lihat di supermarket terdekat.
Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan…
Ok menu-menunya udah ada, sekarang waktunya untuk praktik menu-menu yang udah dikasih. Aku dah sering denger maizena tapi tepung jagung jarang banget deh, jadi penasaran sama rasanya, jangan-jangan selama ini sering makan tapi gak tau itu tepung jagung
Priyo Harjiyono mengatakan…
Duh jadi laper klo udah ngomongin makanan hehehe, tepung maizenaku bisa jadi alternatif buat yg pengen coba bikin kue dari tepung jagung ya
Inez Dwijayanti mengatakan…
belom pernah sih bikin cemilan pake tepung jagung ini. Kapan2 bole ni dicoba
Eri Udiyawati mengatakan…
Tepung jagung juga bisa ya buat dibikin cookie gitu. Pengen praktek nih, buat camilan igt7. Biar anak gak jajan di luar.
Kyndaerim mengatakan…
Aslik, waktu anak-anak liburan tuh mintanya ngunyah terus, wkwk.. Memang paling pas nih kalo mending bikin cemilan aja, dari tepung jagung yg juga udah pasti sehat ini.
Irra Octaviany mengatakan…
Cemilannya cocok banget untuk menemani waktu snack anak-anak nih. Apalagi anakku lagi masa pertumbuhan, suka banget ngemil.