Langsung ke konten utama

6 Kue Lebaran Wajib Ada di Rumahmu

kue lebaran wajib ada, 6 kue lebaran wajib ada, 5 kue lebaran wajib ada, rekomendasi kue lebaran wajib ada, kue lebaran wajib ada di rumah, kue lebaran wajib ada dimiliki, kue lebaran wajib ada yang murah, kue lebaran wajib ada yang mudah dibuat,


Tinggal beberapa hari lagi, Lebaran Idul Fitri menyambangi kita. Sudah langsung terpikirkan akan hidangan dan 6 Kue Lebaran Wajib Ada. Seringnya terpikirkan begitu ya, padahal sebenarnya dilema juga karena Ramadhan perlahan beranjak pergi. Itulah perputaran waktu yang kita jalani, setelah sebulan penuh kita belajar dan ditempa untuk pribadi yang lebih baik lagi di bulan Ramadhan maka Hari Raya Idul Fitri menjadi momen kemenangan yang perlu juga disambut dengan rasa syukur, dan salah satunya adalah 6 Kue Lebaran Wajib Ada ini, yaitu:


Nastar 

Kue lebaran wajib ada yang pertama ini memang tidak ada kesan tanpa kehadiranmu, hehe. Nastar jadi idola untuk penganan saat Hari Raya Lebaran. Nastar bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko kue kesayangan, maupun dengan cara membuatnya sendiri. Bila ingin membuatnya, setidaknya sudah ada persiapan selain nanasnya sih. Soalnya kalau jelang lebaran seperti ini yang ada harga nanas mahal gaess, hahah.


kue lebaran wajib ada, 6 kue lebaran wajib ada, 5 kue lebaran wajib ada, rekomendasi kue lebaran wajib ada, kue lebaran wajib ada di rumah, kue lebaran wajib ada dimiliki, kue lebaran wajib ada yang murah, kue lebaran wajib ada yang mudah dibuat,

Kacang Tojin 

Nah Kacang Tojin juga jadi kue lebaran wajib ada. Nah kalau ingin membuatnya pilih yang kacang kupas, jadi nggak repot lagi melepaskan kulitnya. Penganan dari kacang tanah ini bisa jadi camilan asik juga, misalnya sambil nonton drakor atau nonton olahraga. Paling sih ya kamu hati-hati saja, kalau ternyata tayangannya belum habis eh malah kacangnya yang habis duluan, hehe.


[Baca Juga]: 


Biskuit 

Kalau sudah muncul iklan biskuit di tivi atau bertengger manjah di depan etalase minimarket dan supermarket, pertanda bulan puasa Ramadhan tiba, hihi. Ya wajar sih, karena biskuit (biscuit) memang menjadi kue lebaran wajib ada. Walau kan tidak mesti di bulan Ramadhan atau pas lebaran saja kan kita bisa menikmati biskuit, alias bisa kapan saja. Namun karena image lebaran yang tidak lengkap tanpa kehadiran biskuit di meja ruang tamu rumahmu, hehe.


Kastengel 

Kastengel jadi kue lebaran wajib ada yang disukai banyak orang (termasuk saya loh ya, bukan kamu aja). Ada rasa keju nikmat dengan bentuk biasanya persegi panjang. Waktu belajar membuat kastengel di rumah bareng kakak, saya malah membentuknya sesuka hati. Nggak adil gitu bentuknya, karena tidak pakai cetakan haha. Jadilah kakak saya malah geleng-geleng kepala aja, yang penting kan rasanya enak dan tinggal toplesnya saja padahal bulan Syawal belum habis. 


kue lebaran wajib ada, 6 kue lebaran wajib ada, 5 kue lebaran wajib ada, rekomendasi kue lebaran wajib ada, kue lebaran wajib ada di rumah, kue lebaran wajib ada dimiliki, kue lebaran wajib ada yang murah, kue lebaran wajib ada yang mudah dibuat,

Tape Uli 

Kamu penyuka olahan ketan yang salah satunya dibuat menjadi uli? Hemm Tape Uli memang kue lebaran wajib ada di rumahmu. Tidak perlu membicarakan lagi rasanya yang semua pasti tahu, yaitu seperti mendapatkan informasi bahwa transferan sudah masuk padahal draft tulisan belum jadi, hihi. Kuliner yang satu ini, saya sukanya kalau ada kuah tapenya. Walaupun sedikit tapi saat mengolaborasikannya dengan uli lebih nikmat. Ketimbang tapenya kering atau kurang kuahnya. 



Bolu 

Terakhir, kue lebaran wajib ada rekomendasi saya adalah bolu. Ini jadi penganan nikmat juga untuk disajikan kepada para tamu yang datang silaturahmi ke rumahmu. Cara membuat bolu pun mudah untuk dikreasikan dengan macam-macam rasa, misalnya bolu pisang, bolu coklat, bolu jeruk, dan sebagainya sehingga menjadi hidangan Hari Raya yang tidak monoton. 


Semoga rekomendasi 6 hidangan nikmat ini bisa menambah keceriaan kamu yang merayakan Hari Raya Idul Fitri penuh kebahagiaan. Nah, kalau kamu biasanya kue lebaran wajib ada di rumah apa saja nih? Sampaikan di kolom komentar ya, siapa tahu bisa jadi inspirasi buat saya dan pembaca lainnya. 

Komentar

Einid Shandy mengatakan…
Hai Kak, aku baru aja bikin Kastengel. Emang sih, Kastengel itu wajib ada saat lebaran. Soalnya semua orang suka, termasuk aku dan Kakak tentunya.
Oh iya, salam kenal ya Kak.
nurul rahma mengatakan…
kastengel dan kacang tuh aku sukaaakk banget.
besok pengin bikin kastengel lagi ahhh
qiqiqiqiq
blogger parenting mengatakan…
Tahun ini semua kue absen nih dari rumah kami. Padahal nastar harusnya jadi list wajib kue lebaran ya. Soalnya tahun ini gak ada mama yang harus dikunjungi
Pada jauh. Jadinya lebaran kami hanya ke rumah kakak ipar saja.
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Sebenernya aku suka banget kastengel dan nastar cuma ya itu kalorinya besar banget da aku ada masalah sama berat badan, wkwkkw. Kalau makan nastar dan kastengel seperti lupa waktu saja saya
Wahid Priyono mengatakan…
Semua kue yang kakak tulis di atas hampir semuanya selalu tersedia saat lebaran. Cuma tapenya kalo di rumah itu tape ketan hitam, jadi lebih enak saja, segar dan sedikit asam-asam manis gimana gitu? hehe...

Makasih kak tipsnya..
admin/ hani mengatakan…
Dulu zaman msh tinggal sama Ibu, tiap lebaran bikin tuh kue-kue kering, termasuk tape uli. Nah, lebaran tahun ini, dapet kiriman kue kering dari keponakan...hehe...Alhamdulillah...
Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan…
Memuliakan tamu dengan hidangan pilihan keluarga sesuatu yang baik, tamu datang senang karena dimuliakan salah satunya dengan sajian kuliner halalan tayyiban
Okti Li mengatakan…
Semua itu tidak pernah ada lho di rumah saya. Mau percaya atau tidak. Lebaran kami tidak pernah mempersiapkan semua itu. Jadi tidak ada sama sekali kue.
Kalau kue kaleng dan Syrup suka ada, itu pun pemberian santri mengaji di rumah, jika ada yang mengirim, hehehe ...
Mutia Ramadhani mengatakan…
Mba Fenni aslinya orang mana nih? Jarang loh yang pakai nama kacang tojin. Hehehe. Biasanya cuma orang-orang Sumatra doang yang tahu. Kalo di daerah saya, kacang tojin dan kue bolu itu dari zaman dulu harus ada. Bolunya pun masih konvensional, yang dibakar. Ukurannya kadang besar-besar, bentuk ikan, kerang, bunga. Sederhana rasanya, tapi penuh kenangan dan enak.
Annie Nugraha mengatakan…
Selama puluhan tahun menikah, cuma ada 3 kue yang wajib ada di rumah pas lebaran. Kacang, kastengel dan nastar. Itu aja gak bosen-bosen. Dan biasanya saya beli. Gak pernah bikin sendiri hahahaha. Secara teman-teman saya banyak yang jago di bakery. Jadi buat yg banci dapur kek saya ini, tinggal beli aja.
Nanik nara mengatakan…
Kalau di rumahku yang sering ada tuh biskuit. Kami nggak terbiasa ngadain kue-kue kering (nastar/kastengel). Suami kadang bikin tape ketan
Maria G Soemitro mengatakan…
sambil baca tulisannya Mbak Fenni saya ngemil kastengel dan nastar nih

karena baru bikin paska Lebaran :D :D

rasanya jadi enak bangetttt ....... :D
Ratna K mengatakan…
Aku paling suka sama nastar sih, enak rasanya hehe, bawaannya nambah terus sampe nambah berat badan juga hiksss...
Susi Susindra mengatakan…
Saya masih setia dengan nastardan keripik kalau lebaran. Ada satu lagi panganan yang entah mengapa hanya saya temukan di sini. mirip biji ketapang tapi beda banget pada tekstur dan rasanya
April Hamsa mengatakan…
Melas banget di rumahku gak ada semua itu kemarin. Tau gtu aku ke rumah kak Fenny hahaha
Yawda yang penting semangat lebarannya ya kaaan? :D
Apura mengatakan…
Sudah beberapa kali lebaran, keep di rumahku cuma nastar, putri salju, thumb print, dan bolu karamel. Hi hi.. Eh iya kacang tojin ada juga sih kesukaan suami.
Lebaran tahun ini aku cuma bikin kastengel doang, kalau yang lainnya itu beli dan dikasih dari teman dan klien juga. Alhamdulillaaaahhhhhh....
Ainhy Edelweiss mengatakan…
Kue lebaran ini memang khas ada di rumah setelah lebaran yah apalagi kue nastar dan tape Uli
Marantina mengatakan…
Putri salju mana? :))) Aku malah jarang nemu tape uli pas lebaran yaa
Melia mengatakan…
Sama bangettt dirumah juga yg wajib ada adalah kastengel dan nastar. Walaupun enggak bikin sendiri tapi harus ada. Yg aku baru tau itu kacang tojin mbak. Apakah kacang tojin itu sama kayak kacang bawang?
lendyagasshi mengatakan…
Aku selalu dapat kiriman dari mamah mertua nastar sama kastengel.
Jadi lumayan, lebaran dirumahaja bisa sambil video called keluarga terus kita makan bareng di rumah masing-masing.
Kue lebaran memang selalu juara yaa..
Irra Octaviany mengatakan…
kalau aku sih wajib banget ada kaastangel dan nastar. dua kue kering favorit ketika lebaran..
Nabilla DP mengatakan…
dulu sebelum pandemi, aku kalau lagi ngelencer ke rumah saudara pasti cari madu mongso dan kuping gajah. sungguh kangeenn banget masa2 itu :(
Silvie Permatasari mengatakan…
Aku enggak ada kue lebaran khusus kak, tapi tiap lebaran selalu ada yg kriimin castangel sama nastar hahahaa
Sapti nurul hidayati mengatakan…

Kalau di tempatku yang pasti ada kue kering seperti kastangel itu mbak... Kalau biskuit kadang ada juga. Yang praktis-praktis dan pasti orang rumah suka. Biar ga mubadzir.. Hihi...
Rani Retnosari Mantriana mengatakan…
Kalo liat tape uli jadi inget rumah nenek, soalnya tape uli khas banget ada dirumah nenek. Kalo dirumahku paling kue-kue kering aja sekarang.
Naniekoe mengatakan…
Kalau di rumah saya, ditambah puding pas hari rayanya. Jadi selepas lebaran dan makan bersama, ditutup dengan puding sebagai pencuci mulut. Sayangnya sudah dua kali lebaran ga masak dan makan bersama keluarga besar soalnya menjaga diri dan tidak mudik
Antung apriana mengatakan…
Kalau di rumahku yang wajib ada itu kue kering sama bolu juga. Trus kadang pakai belinjo manis walau kadang yang makan diri sendiri juga. Hihi. Btw tape uli itu tape ubi bukan?
Jeanette Agatha mengatakan…
walaupun aku ga merayakan Lebaran, tapi ada keluarga yang Muslim. Jadi tetap bikin kue kering atau bolu untuk dibawa saat silahturahmi. Tapi sayang sudah 2 tahun ini ga bisa mampir dan bersilahturahmi, huhu
www.faradiladputri.com mengatakan…
Kalau di rumahku sih Kastangels sama Nastar. Sebenarnya aku ga terlalu doyan nanas, jadi nastar biasanya ga aku makan. Tapi suami yang suka hahaha. Cus harus ada di momen Lebaran
Euisry Noor mengatakan…
Kalo di rumahku gak mesti adanya kue2 khas lebaran Mbak. Tapi pastinya selalu ada camilan2 kering di toples random sih buat tamu.
Aku pribadi suka kastangel, nastar, sama putri salju.