Musik: Antara Membosankan dan Menyenangkan

Siapa yang hobinya mendengarkan musik, atau kerap menuliskan musik sebagai hobinya? Oke, kita masih terhitung sama kok, karena saya pun pernah menuliskan mendengarkan musik sebagai musik tatkala tes masuk perusahaan, hehe. Kalau menurut saya, nggak salah dengan hal itu, karena daripada nggak punya hobi, dan kosong melompong aja itu isian formulirnya eh, wkwwkk. Intermezo aja gaess, hehe.

alasan mengapa musik itu membosankan

Pastinya kamu sudah pada tahu, bahwa jenis-jenis musik itu beragam. Kita bisa melihat dari aliran musiknya, seperti:

  • Pop, di mana melodinya mudah diingat, dengan ritme yang upbeat, dan liriknya simple untuk dicerna, sehingga kerap kali disukai siapa saja.

  • Rock terbilang jenis musik yang “agak berisik”, dan instrument gitarnya yang kuat, vokalis energik, dan ritme menghentak. Subgenre rock ini banyak juga, beberapa diantaranya seperti classic rock, punk rock, alternative rock, pop rock, blues rock.

  • Jazz, kerap menggunakan instrumen trompet, piano, saxophone sehingga terdengar makin unik, dan plusnya ada improvisasi khas pada genre musik ini.

  • Rhythm and Blues atau R&B dengan ciri khas musik yang nge-beat, melodi emosional, dan karakter vokalisnya yang kuat.

  • Musik klasik kerap kita dengar pada instrumen orkestra sehingga tercipta nuansa yang mendalam dan emosional.

  • Dangdut, sebagai jenis musik populer Indonesia ini, amat familiar kita dengar dengan nuansa lirik yang bahagia maupun sedih, dengan tambahan khas cengkok nan indah.

  • Reggae, jenis musik dengan vokal khas, ritme santai dengan suasana hati yang menyenangkan.

Baca Juga: Nostalgia dengan Lagu Avril Lavigne, Apa Saja? 

Mengapa Mendengarkan Musik Membosankan?

Dari beberapa genre musik di atas, bisa saja kamu ada yang menyukai dan tidak menyukainya. Alasan mendengarkan musik dianggap membosankan, karena:

  1. Setiap orang pasti selera musik yang berbeda. Sehingga keunikan ini dapat terjadi tatkala ada yang sedang mendengarkan salah satu genre musik dengan ekpresi bahagia, tetapi di sisi lain ada yang tidak menyukainya karena tidak sesuai dengan preferensi pribadinya.
  2. Tidak bervariasinya musik atau lagu (monoton), dapat menyebabkan kita sebagai pendengar merasa bosan, karena seakan tidak ada elemen atau kejutan yang menarik.
  3. Kurangnya daya tarik sehingga koneksi emosional antara musik dan pendengar tidak terjadi. Terlebih lagi, bila lagu atau musik tersebut tidak/kurang memberikan inspirasi untuk pendengarnya.
  4. Overexposure, alias terlalu sering diputar di media dapat mengakibatkan pendengar mudah jenuh.
  5. Perubahan tren musik, karena perkembangan jaman misalnya pada awal tahun 80-an orang-orang cenderung menyukai jenis musik rock, tetapi berkembangnya waktu di tahun 2000-an hingga sekarang jenis musik yang digemari adalah pop.

alasan mengapa musik menyenangkan dan enak didengar
ilustrasi musik dari freepik

Bagaimana Musik yang Menyenangkan?

Sedangkan untuk musik dapat dianggap menyenangkan para pendengarnya, tatkala hadirnya pengalaman positif yang dirasakan. Faktor ini dipengaruhi oleh:

  • Stimulasi emosional yang terjadi di mana musik dapat membangkitkan emosi yang memungkinkan sedang dirasakan oleh si pendengar, seperti rasa gembira, tenang, nostalgia, galau, dan sebagainya.

  • Adanya memori yang berkesan dari lagu/musik tersebut, sehingga membangkitkan kenangan atau pengalaman tertentu.

  • Relaksasi pikiran yang dapat menciptakan kondisi hati yang tenang dan mengurangi stres. Hal ini dikarenakan musik bisa memberikan pengaruh pada sistem saraf, dan juga mendukung pelepasan hormon yang berkaitan dengan relaksasi.

  • Lewat mendengarkan beberapa lagu, bisa menjadi mood booster diri tatkala melakukan aktivitas lainnya. Bahkan dapat pula mendukung fokus ketika menjalankan rutinitas.

  • Musik dapat menjadi bagian dari pengalaman sosial misalnya festival, atau konser, karena bersama-sama menyanyikan lagu yang dibawakan dan terciptalah pengalaman menyenangkan dan membangun hubungan sosial.

mengapa musik membosankan dan menyenangkan
ilustrasi musik dari freepik (rawpixel-com)

Baca Juga: Lagu-Lagu M2M yang Bikin Kangen 

Rasa suka maupun membosankannya musik memang hal yang relatif dan cenderung bersifat subjektif. Sehingga memang tergantung dengan selera si pendengarnya. Intinya, dengarkanlah musik yang membawa pada kebermanfaatan diri, dan jangan sampai lalai dengan tugas maupun ibadah ya.

37 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Demia Kamil mengatakan…
Musik itu emang sesuai selera masing masih yaaa, kalo kitanya suka, mau didengerin beberapa kali sehari juga nggak bakalan bosen, terlebih kalo kitanya juga ngefans sama penyanyinya hihihi
Komen Blog fennibungsu.com
nunung nurlaela mengatakan…
Saya termasuk yang dulu suka banget dengerin musik. Sejak menikah, sudah berkurang sukanya. Kadang-kadang saja pingin dengerin. Tapi musik yg yg tidak melalaikan. Yg bikin semangat dan lebih mendekat kepada Allah. Betul sekali, jangan sampai jadi kelupaan ibadah dan aktivitas gara-gara dengerin musik melow bin galau trus jadi keinget masa lalu hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Inda Chakim mengatakan…
Lagu tu kadang penawar rindu. Kalau pas lagi kangen sama sahabat gitu, aku suka muter lagunya Sheila on 7, kisah klasik.
Komen Blog fennibungsu.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Kayak dari semuanya, saya masih agak sulit menyukai dangdut. Gak tau deh kenapa. Selera kali, ya. Tapi, untuk rock pun sekarang paling sukanya yang slow. Dulu mah yang hard rock pun saya dengerin hehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Faridah mengatakan…
Aku suka dengerin musik, Mbak. Ya terutama lagu-lagu galau kalau pas lagi sedih dan jadinya tambah galau. Tapi kalau lagi seneng ya dengerin musik yang penuh semangat jadi hepi banget gitu.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku dengerin musik juga kayanya cari yang based on mood siih..
Tapi beyond on my circle aja.. Pasti ga jauh-jauh dari lagu-lagunya SM, hihi.. Tapi gak menutup kemungkinan buat dengerin random Kpop rekomendasi dari Spotify.

Komen Blog fennibungsu.com
Lita Chan Lai mengatakan…
Aku salah satu orang yg tidak terlalu suka mendengarkan musik. Kalau tiba2 dengar menikmatinya selintas aja. Soalnya ada orang yg tiap hari harus setel lagu apapun. Dan aku tidak bisa seperti mereka. Lebih suka keheningan sambil berzikir.
Komen Blog fennibungsu.com
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Benar sekali. KAlau Musik satu udah diputar berulangkali tuh malah berasa banget capeknya dengerin itu lagi, itu lagi. Makanya kalau itu yang terjadi, aku palingkan dari lagu itu sejenak. Biar masih tetap bisa menikmatinya :)
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Ya, mendengarkan musik bisa jadi membosankan kalau yang didengar itu bukan jenis musik yang kita sukai, jadi emang tergantung selera juga, kalau udah suka sama musiknya mah biar diputer bekali-kali gak bakal bosen
Komen Blog fennibungsu.com
Heni Puspita mengatakan…
Saya sudah agak jarang mendengarkan musik, termasuk kalau lagi nyetir jadi ya mobilnya sepi he he. Sesekali pengen sih tapi yang didengar ya tertentu aja, jadi nggak tau lagu-lagu yang lagi ngehits sekarang apaan. Setuju sih kalau mendengarkan musik jangan sampai mengganggu ibadah dan tugas lain. Dan dengarkan musik yang bermanfaat. Jangan mendengarkan lagu yang ada kata-kata kasarnya seperti umpatan atau yang liriknya mengarah ke hal-hal (maaf) seksual.
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Biasanya sih kalau udah suka sama satu penyanyi, ituuu terus yang didengerin hehehee... tapi klo pas lagi bosan, bakalan nyobain genre musik yang lain. Soalnya tuh emang hampa loh hidup tanpa musik tuuu..
Komen Blog fennibungsu.com
Fera Marentika mengatakan…
hihi, aku kadang kalau lagi bad mood banget, masih suka dengerin musik pakai headset. dengerinnya sambil beberes rumah, nyanyi2 sendiri :)) rumah jadi rapi, mood jadi membaik xD
Komen Blog fennibungsu.com
De Eka mengatakan…
Aku suka mendengarkan musik mba. Tapi memang sesuai mood aja gtu. Nah bener juga alasan ngga suka musik itu krn jenis musiknya bukan jenis yg kita suka. Jd memang musik itu jatuhnya selera pribadi.
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Aku main piano klasik. Buat aku sih engga membosankan. Ada ribuan lagu, yang belum aku coba mainkan semua. Jadi ya semangat aja nyoba lagu baru. Tapi memang ada lagu yg membosankan sih, yg alurnya lambat, bikin ngantuk...wkwkwk.
Tapi anehnya, kalau nyupir, aku engga malah dengerin lagu. Jadi kedistrek, ga fokus nyupir.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya juga sering menuliskan Mbak, hobi mendengarkan musik, membaca, nonton, tv, jalan-jalan hahaha. Apalagi kan mendengarkan musik bisa kapan saja dan di mana saja. Sejak zaman walkman, sampai sekarang bisa mendengarkan musik lewat smartphone. Kalau saya musik apa saja suka, asal enak didengar, termasuk rock yang masih kayak Nicky AStria, Goodbless, atau Power Metal hehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Lintang mengatakan…
Iya sihhh, suka dan ngga suka music tuh relative banget. Begitu juga dengan jenisnya. Kalau aku emang suka pop tapi ngga suka rock. Menurutku itu berisik banget hahaha. Tapi kalau lagi gabut atau sambil baca buku biasanya aku dengerin instrument atau jazz.
Komen Blog fennibungsu.com
Bundamami Devi mengatakan…
Dengerin musik tuh bikin suasana hati jadi lebih happy ya. Kadang kalau lagi pusing dengan deadline kerjaan, saya malah lebih suka mengerjakannya sambil mendengarkan musik.
Komen Blog fennibungsu.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Aku sekarang lebih suka musik ke genre koplo. Entah kenapa bawaaanya semangat apalagi klo pas depan komputer hhehe
Komen Blog fennibungsu.com
Alfida Husna mengatakan…
Bener banget nih kalau sering diputer emang jadi bosen. Tapi, kalau emang buat relaksasi dan penghilang stres atau lagi nulis pengen ada yg nemenin ya musik jadi salah satu andalan sih, hehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Musik itu enak didengar atau nggak ya ujungnya akan balik ke selera personal sih ya, Kak. Bukan hanya genre musiknya sih. Bahkan lirik dari lagunya pun bisa berpengaruh.
Komen Blog fennibungsu.com
DePurpose mengatakan…
Bener banget loh. Musik itu akan mudah untuk diingat jika ada kenangan atau liriknya similar dengan yang kita alami. Apalagi jika menyimpan memori baik dengan musik tersebut (Talif)
Komen Blog fennibungsu.com
Wahyu Eko C mengatakan…
Saya termasuk org yg suka spdengerin musik, hampir semua jenis musik saya suka tapi tidak semua lagu pula saya suka hehe, meski suka musik K-Pop hanya beberapa lagu saja yg saya senangi satu lagu yg sampai saat ini tak pernah bosan saya dengar adalah lagu ost Drakor itaewon class start - gaho. Itu saya dengarkan saat butuh semangat dan motivasi.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Dulu aku termasuk kecanduan musik sebelum tidur. Kalo ngga denger rasanya ngga lengkap. Cuma seiring berjalannya waktu aku jadi dengar sesekali aja biar telingaku ngga rusak atau biasanya buat naikin mood
Komen Blog fennibungsu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Dengerin musik memang lebih banyak menyenangkannya, ini meurut pendapatku ya. Apalagi kalau musik yang kita dengar dibawakan oleh band atau vocalis favoerit kita.
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Sama seperti kopi, selera musik tidak bisa diperdebatkan. Hehe.... Aku sendiri kalau kerja kadang lebih fokus kalau diiringi musik, kadang-kadang mesti tanpa musik.
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Nugros mengatakan…
Waktu belum menikah musik itu menyenangkan, setiap hari setel musik. Tapi setelah menikah punya anak jadi kehilangan selera dengerin musik hihi tapi bukan membosankan sih gak tau seperti berkurang saja hasrat dengerin musik
Komen Blog fennibungsu.com
Antung apriana mengatakan…
aku dulu termasuk orang yang jarang mendengarkan musik tapi tetap ada pemusik yang kusuka sih. cuma bukan yang kalau kerja itu harus pakai musik. malah kadang ada masanya aku pusing sendiri kalau kerja pakai musik. hihi
Komen Blog fennibungsu.com
Nita mengatakan…
Nah setuju nih kak dan suka sama kalimat akhirnya. Boleh mendengarkan musik jenis apapun asal jngn berlebihan dan lupa ibadah. TFS kak.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Aku tim yang suka dengerin musik klo kerja
Rasanya jadi good mood gitu klo kerja sambil dengerin musik yang enak
Komen Blog fennibungsu.com
Hamimeha mengatakan…
aku sepakat sih jika mendengarkan musik ada fase jenuh atau bosannya. Tapi aku tim yang menyukai berbagai jenis musik. dulu radio yang memutar tangga lagu menemai masa remajaku
Komen Blog fennibungsu.com
khairiah mengatakan…
musik bagian hidupku setiap episode hidupku ada lagu pendamping untuk mengisi cerita hidupku, pas patah hati, falling in love, move on, bankit, terpuruk
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Bener tuh kak. Musik emg bikin suasana hati seneng tp jg bs bosan sih. Dan masalahnya jg ketahuan tuh. Kalo musiknya sesuai dgn mood kita, ya musik berasa jadi moodboster kita. Dan begitu jg sebaliknya.

Aku dengerin musik segala macam sih terutama buat penyemangat kerja. Kalo lagi hectic ya puter yg bikin semangat. Kalo lagi slow, ya pilih yg genre melow. Hehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Aku kalau dengar musik yang disuka, biar berkali-kali juga gak baka bosan. Apalagi musik yang zaman waktu masih sekolah atau kuliah tuh dengerinnya jadi berasa nostalgia, hehe. Dan yaah, musik itu soal selera
Komen Blog fennibungsu.com
GE MAULANI mengatakan…
Saya suka musik pop Jazz sama rock soalnya enak aja dengernya. Saya juga nggak pernah bosan karena kayak musik bikin good mood itu dan nemenin pas kerja
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Aku suka dengerin musik dan dari sekian banyak jenis musik, satu2nnya jenis musik yang belum bisa tak nikmati adalah musik rock. Soalnya berisik dan kayak cuma denger orang teriak2 aja hehehe... Tapi ya kembali lagi, itu selera dan masing2 orang pny selera berbeda.
Komen Blog fennibungsu.com
Deny Ir mengatakan…
kalo bicara soal musik tentunya kembali ke diri masing-masing ya kak, ada yg suka jaz tapi gk suka dangdut begitupun sebaliknya. Menurutku menyesuaikan selera si krn saya pribadi pun kalo keseringan denger musik rasanya juga membosankan,
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
bicara soal musik memang kembali ke selera sih, jangan lagu baru atau lama yang gak dikenal, lagu lama atau lagu lagu favorite aja kadang bosen di dengar. eksplorasi genre musik dan penyanyi bisa jadi alternatif mengatasi bosan terhadap musik yang itu itu aja. meski endingnya balik lagi ke lagu favorit sih, hehe
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence