Langsung ke konten utama

13 Danau di Indonesia Cocok untuk Belajar Fotografi

Malas ah belajar fotografi. Ribet, nggak punya alatnya.

Nggak perlu galau, karena ada danau di Indonesia yang cocok menjadi tempat belajar fotografi. Kamu bisa memaksimalkan cara membidik kamera dengan baik di sini. 


alasan belajar fotografi, alasan belajar fotografi di danau di Indonesia, alasan belajar fotografi di Indonesia, cara belajar fotografi untuk pemula, cara belajar fotografi dengan smartphone,

Alasan Belajar Fotografi di danau di Indonesia


Mungkin terbesit dalam pikiranmu, kenapa harus jauh-jauh belajarnya, kan di sekitar rumah bisa? Itu benar. Hanya saja, belajar fotografi, haruslah maksimal.


Mungkin kamu sudah memiliki teknik dasar membidik kamera, tetapi dengan sesuatu yang anti mainstream hasil jepretanmu bisa lebih baik. Selain itu, ada juga nih alasan lainnya mengapa kamu belajar fotografi di danau, yaitu:


  1. Hasil foto kamu tentang danau di Indonesia, tidak hanya menjadi jejak sejarah bahwa kamu pernah singgah ke sana, tetapi kamu pun sekaligus mempromosikan kekayaan nusantara. Terlebih lagi jika diunggah ke media sosial, sehingga sektor pariwisata kita makin meningkat.


  1. Banyak hal-hal yang bisa dieksplorasi di sekitar danau, misalnya foto bagian tepi danau, tengah air danau, antara pepohonan dan awan, perbukitan, saat sinar matahari mulai muncul dan ketiga terbenam, serta masih banyak lagi. 


  1. Tema lanskap selalu digemari siapa saja. Pemandangan yang indah akan sebuah danau, bisa menjadi mood booster bagi yang melihatnya. 





Nah, makin penasaran dong, 13 danau di Indonesia cocok untuk belajar fotografi. Berikut daftarnya buat referensi kamu:

  1. Danau Kerinci, Jambi

  2. Danau Limboto, Gorontalo

  3. Danau Mahakam, Kalimantan Timur

  4. Danau Maninjau, Sumatera Barat 

  5. Danau Poso, Sulawesi Tengah

  6. Danau Rawa Pening, Jawa Tengah

  7. Danau Sentani, Papua 

  8. Danau Sentarum, Kalimantan Barat

  9. Danau Singkarak, Sumatera Barat 

  10. Danau Tempe, Sulawesi Selatan

  11. Danau Toba, Sumatera Utara 

  12. Danau Tondano, Sulawesi Utara 

  13. Rawa Danau, Banten



alasan belajar fotografi, alasan belajar fotografi di danau di Indonesia, alasan belajar fotografi di Indonesia, cara belajar fotografi untuk pemula, cara belajar fotografi dengan smartphone,

Manfaat Belajar Fotografi di Danau

Bagaimana, kamu sudah menentukan danau di Indonesia mana saja yang akan menjadi incaran bidikan kamera untuk pertama kali? Masih bingung? Baiklah, bahasan selanjutnya, akan membuat kamu makin mupeng lagi, karena belajar fotografi di alam bebas, yaitu danau, memberikan ragam manfaatnya, yaitu:

  • Tidak perlu menggunakan atau menambahkan lampu. Kamu sudah dibekali dengan sumber pencahayaan alami, yaitu sinar matahari. 

  • Anti mainstream, karena menggunakan danau sebagai objeknya. Eksplorasi makin luas melahirkan kreativitas. 

  • Healing terhadap si fotografer-nya sendiri. Sebab suasana sekitar danau yang sejuk menimbulkan rasa tenang dalam jiwa.


alasan belajar fotografi, alasan belajar fotografi di danau di Indonesia, alasan belajar fotografi di Indonesia, cara belajar fotografi untuk pemula, cara belajar fotografi dengan smartphone,




Cara Foto Danau Menggunakan Kamera Ponsel

Smartphone masa kini telah dilengkapi dengan ragam fitur yang dapat menunjang aktivitas berfoto. Dengan begitu, tidak mesti menggunakan kamera mahal untuk belajar fotografi di dekat danau, karena kamu dapat memaksimalkan ponsel yang dimiliki, dengan cara:

  • Pahami plus minusnya ponsel yang kamu miliki, dan kenali apa saja fitur pada pengaturan kamera. 

  • Pelajari komposisi dasar fotografi, misalnya objek yang akan kamu bidik dan latarnya sudah pas belum ya? Ada sampah atau hal yang mengganggu lainnya tidak ya di sekitarnya? Dan sebagainya. 

  • Perhatikan exposure (cahaya yang dapat mempengaruhi terang dan gelapnya foto yang akan dihasilkan) pada kamera ponsel kamu. 

  • Manfaatkan burst mode atau pilihan memotret beruntun. Teknik berguna agar kamu memiliki pilihan hasil jepretan mana yang lebih baik. 

  • Kreasikan angle yang unik dan peka melihat momen, sehingga foto yang dihasilkan dapat lebih berbeda. 

  • Jangan lupa gunakan Auto Focus, sehingga gambar lebih jernih dan tidak buram (blur). Lalu edit foto secukupnya, jangan berlebihan. 

Tips traveling hemat, tips traveling hemat di tanggal tua,


[Baca Juga: Tips Menyemangati Diri Ketika Bekerja di Rumah maupun di Kantor]

Dari bahasan how to tentang 13 danau di Indonesia cocok untuk belajar fotografi ini, bisa memaksimalkan ide brilian kamu, untuk menghasilkan foto yang berbeda dari biasanya. Apalagi menggunakan fitur kamera ponsel, maka kamu dapat dengan mudah untuk mengunggahnya langsung ke media sosial, bahkan menjadi wallpaper cantik. Selamat bereksplorasi. 

Komentar

Yuni Bint Saniro mengatakan…
Asyiknya bisa fotografi tu ya karena kita bisa mengabadikan setiap momen yang ada. Maka biar hasilnya maksimal, belajarnya juga kudu maksimal.

Dan benar juga sih. Belajar fotografi di danau memang bisa sekalian healing buat kitanya. Hehehe
HendraDigital mengatakan…
Wah idenya boleh juga tuh, belajar fotografi motretin tempat wisata, biar sekaligus promosiin ke medsos. Motret pake hape pun hasilnya bisa oke juga ya, asalkan tau triknya. Hasilnya jadi lebih maksimal. Terima kasih banyak lho atas tips kerennya Mba Fenni.
Diaz Bela mengatakan…
Wah out of the box sekali idenya untuk latihan foto di danau kak.. lokasinya juga banyak sekali ya.. bisa jadi referensi untuk yang sedang cari portfolio foto nih!
Iim Rohimah mengatakan…
Menarik sekali Mbak... Nggak hanya bikin happy dan refreshing, danau juga bisa untuk belajar fotografi.

Pasti bikin kita punya stok foto yang banyak dan cantik.
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Masya Allah, jadi kepingin jalan-jalan keliling Indonesia untuk menikmati danau-danaunya, syukur-syukur kalau bisa sambil sekalian belajar motret juga
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Duh, dari 13 danau indah di Indonesia yang disebutkan di atas, tidak satu pun yang sudah saya kunjungi. Padahal dari namanya memang sudah familiar.
Semoga bisa berkunjung minimal danau yang ada di Pulau Jawa dulu, dan pastinya akan saya dokumentasikan keindahan di sana.
Okti Li mengatakan…
Kok merasa ingin mempraktikkannya langsung nih. Memang ya kalau memiliki ilmunya apapun jadi terasa mudah. Ini saya punya hp tapi ga tahu bagaimana menggunakan kamera ponsel dengan baik jadinya ga memiliki kemajuan apapun hehehe ...
Bambang Irwanto mengatakan…
Dari 13 danau di atas, saya belum pernah ke semuanya, Mbak hehehe. makanya setelah pandemi usai, saya mau coba ngebolang lagi. Dan memang banyak yang bisa dieksplor lewat danau. Dan itu salah satu kelebihannya, kita akan dapat pencahayaan alami dari matahari.
YSalma mengatakan…
Belajar fotografi ,sekalian jalan-jalan mengademkan pikiran kalau objek foto danau-danau indah yang ada di Indonesia ya mba. Motret dengan kamera ponsel lebih efisien, cukup keluarkan dari kantong, jepret objek yang menarik, upload di medsos, jadi deh, hehehe
Lita Lestianti mengatakan…
meski cuma pakai hape tetap ada caranya biar tetap terlihat keren ya
Dee_Arif mengatakan…
klo niat jadi blogger, modalnya nggak hanya nulis ya mbak
tapi harus belajar fotografi
agar artikel yg ditulis jadi lebih menarik
Ghina Rahmatika mengatakan…
kalau cuacanya cerah banget, belajar fotografi di danau tuh bikin semangat banget deh, apalagi kalau langsung didampingi sama yang ahli fotografi ya mbak, hihi
Han mengatakan…
Ya Allah belum satu kali pun berkunjung kesanaaa. Pengen banget belajar fotografi tapi denger2 modalnya jg banyak hihi
Lina W. Sasmita mengatakan…
Ada lagi Mbak danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Duuh ini spot indah banget tiada duanya. Dari berbagai angle selalu cantik menawan dan unik. Asli buat belajar teknik fotografi bakalan puas banget.
Sabrina mengatakan…
hua dari semua danaunya hanya beberapa yang udah aku kunjungi, banyaknya belum. Duh jaid ingat dulu pas aktif di komunitas fotografi sering banget hunting foto kayak gini
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Kalau untuk urusan hunting foto, mau melanglang buana sampai ke 13 danau pun dilakoni ya.
K. Niken mengatakan…
Foto dengan pemandangan alam itu nggak pernah failed ya mbak. Btw aku belum pernah lho ke danau2 yang diwebutkan diatas. Kwkwkw kurang gaul akutuuu
lendyagasshi mengatakan…
Kak Fenni ganti template ya...
Asik nih...belajar fotografi, sehingga ada momen yang bisa diabadikan dan dikenang ketika sedang tidak kemana-mana saat masa pandemi begini.
Shyntako mengatakan…
emang seru sih Fen belajar fotografi tuh, dulu malah aku sering tuh mulai dari hape, dan sekarang kan ada smartphone photography, kita bisa setting pake settingan manual kaya kamera gitu
Maria G Soemitro mengatakan…
Duh dari 13 danau tak satupun saya pernah singgah
Rawa Pening hanya lewat, lain kali mampir ah dan berfoto ria sesuai tips di atas
Lita Chan Lai mengatakan…
belajar photografy emang asyik ,apalagi suka membidik objek alam terbuka. wah, banyak tipsnya buat belajar nih. btw, tampilan blognya skr enak dilihat dan hurufnya juga enak buat dibaca.
Okti Li mengatakan…
Cocok kalau para pendaki Semeru banyak memilih berlama-lama di Ranu Kumbolo. Secara danau nya emang cantik dan bikin foto kita unik. Sekalian belajar foto juga ah kalau ada kesempatan lagi ke sana.
Wahid Priyono mengatakan…
Selain ke-13 danau di atas, mau nambahin satu lagi danau yang bagus di Lampung Barat yaitu DANAU RANAU. Airnya jerih, pemandangan indah karena banyak gunung dan perbukitan di sekitarnya, dan konon banyak ikan-ikan purba disana.
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Duh, dari semua danau yang disebutkan belum ada satupun yang aku datangi. Tapi bener sih, panorama indah yang tersaji bikin semangat foto-foto pastinya...
Diah Alsa mengatakan…
Indonesia kaya akan keindahan alamnya ya, bukan hanya laut yang bisa dieksplor ada danau jugaa yang bisa jadi tempat terbaik untuk belajar fotografi juga, banyak manfaatnya pula foto di danau ya :)
Katerina mengatakan…
Danau Mahakam ya? Aku baru tahu di Kaltim ada danau itu. Aku tahunya Sungai Mahakam.

Kegiatan foto di danau menurutku bagus buat yang memang hobi fotografi di alam terbuka. Beberapa fotografer kini lebih suka ambil foto pakai mata burung alias drone, karena lebih dramatis jika difoto dari atas. Kalau foto dari bawah, senengnya ngincer danau yang dikelilingi pinus, atau pohon2 yang rapat. Kalau polosan kadang kurang menarik, kecuali punya latar jajaran gunung :D
Mugniar mengatakan…
Saya merekomendasikan satu danau lagi, Mbak: Danau Matano di Sulsel. Tepatnya di Sorowako, depan rumah adik saya. Danau Matano itu termasuk golongan danau purba. Dan di Indonesia danaunya terdalam. Malah termasuk dalam 10 atau 11 danau terdalam di dunia. Eksotis banget tapi tak banyak orang Indonesia yang tahu.
Siti Nurjanah mengatakan…
Untuk membidik sebuah landscape alam perlu pemahaman beberapa teknik agar hasilnya "terasa hidup"
Apalagi di negeri kita ini banyak bgt keindahan alam yg bisa banget utk di eksplorasi
Annie Nugraha mengatakan…
Iya ya. Ide yg bagus ini Fen. Saya gak pernah kepikiran untuk menjadikan danau sebagai obyek photography. Lebih senang dengan laut. Kapan2 nyoba ah
Mia Yunita mengatakan…
Wah asyik juga nih fotografi dengan lokasi di danau. Apalagi kalo tempatnya juga instagramable, wah bisa-bisa motret terus nih. Di satu sisi krn ada yang minta dipotretin gitu hehehe.
andyhardiyanti mengatakan…
Dari list danau di atas, belum ada yang saya kunjungi nih. Dasar sayanya emang kayakanya belum ke mana mana. Danau Segara Anak yang berlokasi di Gunung Rinjani, yang Masya Allah indahnya..belum juga saya kunjungi. Huhuhu..belum sanggup mendakinya euy
Cindy Vania mengatakan…
Danau di Indonesia memang cantik-cantik dan bagus ya buat belajar fotografi. Cuaca yang cerah juga membantu banget buat mendapat pencahayaan foto yang bagus dan menarik
Mporatne mengatakan…
Makin indah foto makin ingat sama Allah. Kita kecil tapi suka sombong. Sedangkan Allah menciptakan 13 danau yang keren kalau di foto bikin decak kagum.
Nanik nara mengatakan…
Lihat air danau yang tenang, pepohonan di sekitar danau aja udah bisa bikin hati adem mbak, apalagi kalau bisa mengabadikannya dalam sebuah foto yang bagus. Bisa jadi kenangan dimasa datang.

btw dari 13 danau itu, baru danau Sentani saja yang pernah saya lihat. Itu pun lihatnya dari dalam mobil dalam perjalanan, nggak bisa turun dan mampir karena naik travel.