Trik Membuat Hijab Bolak-Balik Tanpa Perlu Beli Bahan

Yakin amat si Fenni Bungsu, pakai trik membuat hijab bolak-balik tanpa perlu beli bahan, memangnya bisa?

Bisa dong! Malah nggak perlu pakai gunting-gunting jilbabnya.

 

Mana bisa?

Iya, cuma gunting benang aja (kalau kamu yang jahit sendiri hihi), serta dengan teknik sederhana tetapi hasilnya luar biasa.

Mungkin kamu juga ada nih yang merasa gimana bisa membuat hijab bolak balik, tetapi gak pakai beli bahan. Apalagi ternyata nggak perlu bahan jilbabnya digunting-gunting. Semudah apa sih membuatnya?

cara membuat hijab bolak-balik yang simple, trik membuat hijab bolak-balik tanpa beli bahan

Ini Pertimbangan Membuat Hijab Bolak-Balik

Jadi gini, friends (aaasiiiikk😎). Kita pastinya tahu bahwa menggunakan hijab menjadi kewajiban bagi kita Muslimah, dalam menuju ketaatan kepada . Istilah kerennya menutup aurat dari yang bukan mahram (Inget: mahram yee, bukan muhrim. Lain loh artinya mahram sama muhrim😏).

Ketaatan yang dimaksud, dilakukan bisa ketika belum baligh atau dari semenjak masih kecil. Ada pula ketika baligh, dan ada juga ketika si muslimah ini mengikuti hidayah dari-NYA. Hijab yang dikenakan tidak membatasi ruang gerak kita untuk belajar di sekolah, kuliah, maupun bekerja.

Seiring perkembangan jaman, banyak beragam hijab yang bermunculan, baik dari segi bahan, maupun motifnya. Hingga suatu ketika, saya membeli hijab beberapa, dan ada juga yang dapat dari hadiah sewaktu bekerja sebagai pegawai, dan saat ini menjadi blogger  Jadilah terkumpul cukup banyak.

[Baca Juga: Tips Menyemangati Diri Ketika Bekerja]

Dari situ, saya ceki-ceki ternyata ada bahan hijab yang terbilang menerawang. Kok ya jadinya kurang nyaman bila saya kenakan. 

Kemudian saya coba searching lihat-lihat di internet, bahwa bisa kok dibuat bolak-balik, tapi sayangnya pakai gunting-gunting, dan ada juga yang kudu beli bahan lagi. Lah kalau saya beli bahan lagi, bagaimana ini yang sudah terkumpul dan disukai?

Alasan lain kenapa membuat hijab bolak balik ini adalah, ternyata ketika dikenakan kita bisa membuat 2 warna sekaligus. Boleh dikatakan ini pernah jadi tren mengenakan hijab dwi warna. 

Selanjutnya, bila kamu sedang bepergian ke tempat yang dingin atau bekerja di dalam ruangan ber-AC sentral dimana dinginnya sesuatu (hehe), penggunaan hijab ini bisa menghangatkan tubuh juga. Sedangkan pada siang hari, dapat melindungi kepala kita dari sengatan sinar matahari yang bisa membuat pusing kepala (apalagi kalau lagi diuber mantan, eh deadline, haha🤣).

[Baca Juga: Bayi Rewel Saat Kamu Mengganti Popoknya? Ikuti Trik Ini!]

trik membuat hijab bolak-balik tanpa menggunting, cara membuat hijab bolak balik motif dengan polos,

Simplenya Menjahit Hijab Bolak-balik

Oleh karenanya, saya pun menggabungkan inspirasi di atas menggunakan hijab yang ada alias yang dimiliki saja (tidak perlu beli baru), dengan triknya sebagai berikut:

Tips Hijab Polos

Bila sama-sama hijabnya polos atau tanpa motif, maka gabungkan warna yang terangnya mirip. Sebab kalau antar warna yang gelap dengan yang terang, maka warna terang akan kalah dengan yang gelap. Serta warna asli yang terang tidak lagi seperti aslinya (Bandingkan hijab warna hitam di atas ☝️ dengan warna biru di bawah ini👇)

cara membuat hijab bolak-balik untuk sekolah, cara membuat hijab bolak-balik polos dengan motif,
warna biru muda jadi tidak tampak aslinya, karena kalah dengan warna biru dongker


Hijab Polos dengan Motif 

Kalau ternyata hendak menggabungkan antara hijab yang polos dengan motif, pastikan untuk mengingat outfit yang kamu kenakan ada apa saja. Tujuannya agar hijab yang polos tidak kalah dengan hijab bermotif ketika disatukan. Sehingga saat dikenakan pada sisi yang polos dengan outfit yang bermotif, maka tidak akan tampak ramai atau tabrak motif.

cara menyatukan kerudung polos dengan motif, bagaimana cara mengombinakasikan jilbab motif dengan polos

Sama-sama Hijab Bercorak

Bila hijabmu sama-sama memiliki motif tetapi beda warna, maka gabungkanlah hijab yang bermotif dengan yang sama-sama gelap warnanya. Contoh hijab warna biru dongker bermotif dengan hitam bermotif ungu ini 👇.

cara menggabungkan hijab bolak-balik, cara menjahit hijab bolak-balik, apa itu hijab bolak-balik,

[Baca Juga: Tips Traveling Hemat di Tanggal Tua]

Trik berikutnya dalam membuat hijab bolak-balik tanpa perlu beli bahan adalah jika kamu bingung ketika menjahitnya, karena memungkinkan bahan hijab yang licin, atau serat dari kainnya yang kurang bisa kamu taklukkan ketika menjahit, maka bisa mengandalkan penjahit ahli di sekitarmu.

Jadi selain membuat style fashion yang sustainable, kamu juga turut membantu perekonomian pekerja masyarakat, sehingga dapat banyak manfaat yang diperoleh melalui trik membuat hijab bolak-balik tanpa perlu beli bahan, kan gaess☺️. 

Komentar

Fionaz mengatakan…
idenya boleh juga kak, aq jadi pengen bikin juga pake hijab yang ada di lemari
Okti Li mengatakan…
Saya selalu mengandalkan penjahit di kampung untuk untuk pakaian yang diinginkan. Tapi belum pernah kalau bikin jilbab. Bisa jadi ide j ih ga ya, beli kain sesuai keinginan, lalu minta penjahit bikinkan hehehe
Putu Felisia mengatakan…
Jadi ingat, Mami dulu jahit baju Muslim India. Cuma agak berbeda kerudungnya.
Mutia Erlisa Karamoy mengatakan…
Wah kreatif sekali mbak, kebetulan memang banyak jilbab yang agak menerawang ya karena bahannya, ternyata jilbab seperti ini bisa dikreasikan sehingga lebih tebal plus bisa dipakai bolak-balik. Aku cari juga ah jilbab yang nyaris ngak pernah aku pakai karena agak menerawang.
deddyhuang.com mengatakan…
wah bisa jadi referensi buat emak-emak yang pengen punya hijab hemat tapi tetap bisa gaya dengan memanfaatkan bahan yang ada.
Mita Oktavia mengatakan…
Triknya oke nih, Kak Fenni. Aku jadi inget temenku zaman kuliah dulu dia nih seneng pake hijab 2 rangkap krn bahan hijab saat itu memang tipe yg tipis2 nerawang gitu kan. Bedanya dia gak sampe dibuat DIY sih, cuma memang dia pake 2 rangkap aja.

Memang kalo hijab kepalang tipis juga aku kurang nyaman kak. Paling menyiasatinya dengan beli bahan yg agak tebel aja. Sekarang jadi punya pilihan nih karena trik hijab dari kakak.
Untuk temen-temen muslimah, hijab menjadi salah satu hal yang sangat penting dan juga menjadi trend fashion untuk mempercantik penampilan yaa
YSalma mengatakan…
Hijab bolak balik ini jadi menghemat ruang penyimpanan, mempunyai banyak pilihan warna hijab tanpa harus nyetok hijab banyak.
Ternyata membuatnya tidak serumit yang dibayangkan.
Siap mencoba membuatnya mba Fenni.
lendyagasshi mengatakan…
Wah, kece banget, kak Fenni bikin hijab bolak-balik sendiri.
Aah...keidean yang bagus banget begini, apakah jadi kepikiran terima pesanan?
Canggih banget pilah-pilih warna nda motif yang sesuai. Rasanya enak banget dilihatnya...
trlitha11 (lithaetr) mengatakan…
Mbak, dirimu kreatif sekali, jadi pengen minta tolong jahitkan juga, hahaha. Saya memilih untuk meminta tolong pada ahlinya mbak, untuk hal jahit menjahit gini. Pengen belajar masih maju mundur. Semoga disegerakan menetapkan keberanian untuk belajar menjahit, aamiin
Dee_Arif mengatakan…
Wah ini trik penting banget
Biar tetap kece tapi hemat ya mbak
Mau coba praktikkan ah
Han mengatakan…
Eeehh ternyata begini caranyaa hihi kok bisa kepikiran gitu sih kreatif banget wkwk kapan2 cobain juga ah bikin gini hahahaa
Irra Octaviany mengatakan…
wah aku gak kepikiran loh mbak buat jahit hijab bolak balik gini. benar-benar menginspirasi banget.. patut dicoba..
Nabilla DP mengatakan…
hijab bolak balik ini dulu sempet jadi trend ya.. aku juga dulu jualan kayak gini, mba, bahkan bikin yang 4in1 juga dan 2in1. cuma sekarang ya udah ada kok kain yang ngasih 2 motif atau 2 warna gini, meskipun ngga semua jenis kain
Nimas Achsani mengatakan…
Eh dulu waktu kuliah aku sempet jualan hijab bolek-balik gini deh mbak hahaha waktu itu masih jamannya BBM belum ada WA. Tapi emang menarik ya bolak-balik gini, hemat budget juga haha
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Buat hijab sendiri selain irit juga kreatif dan puas sekali untuk menggunakannya. Wah ide bagus agar dapat terus berkreasi buat hijab sendiri.
nchie hanie mengatakan…
Keren pisan ini idenya,memang lagi musim tren hijab bolak balik baik polos ato corak yaa. Aku punya banyak hijabnya nih, karena ga suka aku hibahkan ke temen yang suka pakenya. Soalnya aku kurang nyaman, sukanya yang polos2 aja.
Tapi salut banget buat yg bisa jahit sendiri ini jadi berkreasi dengan hijabnya.
Maria G Soemitro mengatakan…
kebetulan saya punya kerudung dua warna (bolak balik)
misal hijau dan orange atau merah dan coklat

sangat menguntungkan punya kerudung seperti ini

Saya sering malas nyari koleksi kerudung, maunya pake yang itu itu aja karena nyaman :D
sarrahgita mengatakan…
Boleh juga nih idenya kak. soalnya sayajuga kadang suka bingung kalo mau pake hijab yang bahannya agak nerawang. tapi dengan konsep hijab bolak-balik ini saya bisa manfaatin hijab yang sudah ada supaya bisa tetap dipake tapi ga menerawang lagi.
Ning! mengatakan…
Aku juga punya beberapa jilbab yang nerawang bahannya kak, lucu juga yah kalau dibuat bolak balik gini, jadinya jilbab yang nerawang tadi bisa dipakai lagi, hihi
Dee_Arif mengatakan…
Wah kreatif sekali tips dan triknya mbak
Bisa tetap modis meski tanpa harus bolak bik beli hijab ya
eka fitriani larasati mengatakan…
asyik juga nih reuse kerudung lama dipadu padankan jadi kerudung bolak balik. sekalian decluttering kerudung yang udah lama gak kepake. good idea nih
Antung apriana mengatakan…
Benar juga ya. Jadi nggak perlu beli kain lagi cukup pakai yang ada aja di rumah dan pastikan ukurannya sama
Maria Tanjung mengatakan…
Hijab bolak balik ini bentuk kreativitas kita juga sih ya mbak. Saya pun belum pernah kepikiran. Baru baca artikel dari mba Fenni ini. Dan trnyata banyak manfaatnya ketika menggunakan hijab bolak balik
Mugniar mengatakan…
Memang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tersendiri dalam membuat hijab bolak-balik ini ya maka bagi pendukung tim "lebih baik beli daripada jahit", masuk akal beli dari yang piawai menjahitnya :)
Ainun mengatakan…
menjahit dengan model bolak balik gini bagus juga mbak
karena aku punya jaket bolak-balik, praktis juga kalau dibawa kemana-mana
sama kayak jilbab, kalau ada yang bolak balik, jadi irit tempat di tas juga
Aku jadi pengen bikin juga, dulu waktu sekolah sudah pernah diajarin, eh bablas gak dipraktekin. Padahal dengan hijab bolak balik, justru lebih memudahkan juga, apalagi kalau ada acara berdeketan, bisa ganti motif ya mba, jadi lebih prkatis.
Ririn Erviana mengatakan…
Wah kreatif sekali ya, jadi bisa ganti morif gitu padahal pakai satu jilbab. Tapi itu kalau dipakai licin gak ya mbak? Atau terasa tebal gitu? Soalnya kan kayak dua jilbab yang digabung ya.
Yanti Alif mengatakan…
Ide kreatifnya perlu ditiru nih ka gk pernah kepikiran loh bkin hijab bolak balik lebih praktis bisa dipakai terus tanpa terlihat pakai jilbab yang sama
Nurul Sufitri mengatakan…
Aku punya tuh hijab bolak-balik. Memang hemat bahan jadinya ya kalau mau variasi motif dan warna tinggal dibalik saja dipakaikan langsung. Belum kepikiran membuatnya sendiri sih hehehe. Makasih tipsnya yaaa mbak. Keren!
Siti Faridah mengatakan…
Kreatif banget ini, Mbak. Kalau aku suka jilbab segi empat tanpa motif sih. Ya walaupun kadang-kadang aku masih pakai jilbab segi empat dengan motif bunga-bunga.
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
boleh juga nih idenya. Saya ada beberapa hijab yang kayaknya memang pas kalau dibikin bolak-balik
lendyagasshi mengatakan…
Kreatif banget ya..
Kalau modelnya bolak-balik, jadi super simpel kalau bepergian gak perlu bawa ganti banyak-banyak.
www.kisahsejati.com mengatakan…
Ada saja nih idenya kak Fenni, creative.Temanku pakai hijab dan tetap fashionable. Boleh nh aku sarankan untuk ikuti.
Salam:Dennise Sihombing
Dee_Arif mengatakan…
Mbak Fenni kreatif banget
Bisa ada ide seperti ini
Asyik ya, kalau bisa punya hijab motof bolak balik tanpa beli bahan
Fadmala A mengatakan…
Aku punya nih jilbab bolak-balik juga.. Ternyata kalau bikin sendiri itu lebih mudah yaa.. Bahkan harganya pun juga jadi lebih murah..
Indri mengatakan…
Memang bermanfaat banget fungsi hijab bolak balik, aku punya 1 dirumah dan sering banget aku pakai untuk 2 outfit karena warna yg berbeda
Aisyah Dian mengatakan…
Wah Keren nih idenya, bisa nih nanti dicobain agar bisa memakai hijab dengan berbagai warna Dan motif berbeda
Antung apriana mengatakan…
kalau dulu aku kalau ada kerudung yang tipis gitu makainya didobel hihi nggak kepikiran dijahit langsung aja kayak gini. pernah juga beli kerudung yang memang desainnya bolak balik gitu
Nickn - Kal mengatakan…
Happy pokoknya kalau menggunakan pakaian yang bisa bolak-balik. Apalagi hijab ya mbak. Ternyata begini ya caranya. Nggak perlu beli baru hahaahha
Diah Alsa mengatakan…
cakep banget Kak, kebetulan ada beberapa jilbab yang udah jarang dipakai nih gegara tipis sekarang udah gak nyaman aja kalau menerawang gitu, kayaknya kalau dibuat jadi jilbab bolak balik bisa jadi digunakan lagi nih nantinya. Makasih ya Kak idenya :)
Leyla Hana mengatakan…
Keren idenya nih Fen. Bisa dicoba kalo bosen pake jilbab itu-itu aja ya. Selain itu jadi ramah lingkungan deh.
Silvie Permatasari mengatakan…
Kalau aku pakai hijab rasanya itu itu mulu, hijab banyak tapi warnanya oalau gak hitam dongker atau abu gelap
ajeng natassia mengatakan…
Waa idenya menarik banget ini mbaa, selain praktis, juga jadi ga bosen ya pakai hijab yang itu-itu aja, jadi berasa punya hijab baru terus deh hehehe