Langsung ke konten utama

Jika Target Tidak Tercapai, Lalu Harus Apa?

Jika Target Tidak Tercapai, Lalu Harus Apa?--- Sebentar lagi bulan Juni akan usai. Sudah ada capaian apa saja nih gaess? Selamat buat kamu yang berangsur-angsur terwujudnya impian. Namun bagi yang belum, jangan pernah berhenti untuk mengupayakannya. Sebab, setiap orang sudah ada rezekinya masing-masing. Tinggal ikhtiar, doa dan tawakal secara kontinu dilakukan.

Berpikir positif dengan tetap terus #SemangatCiee baik untuk kamu yang sedang aktif bekerja, berstatus anak sekolah maupun mahasiswa, serta untuk yang memulai usaha atau sedang menjalankan usaha. 

Mungkin memang bukan hal yang mudah dilakukan untuk bisa mewujudkan harapan-harapan yang sudah disusun sedemikian rapi. Tadinya punya rencana A dengan target 3 bulan bisa tercapai, eh ternyata meleset 7 bulan kemudian baru terwujud atau bisa saja malah setahun atau beberapa tahun kemudian. 

Lalu ketika melihat ke rumput tetangga atau teman seperjuanganlah namanya, lah kok malah dia yang bisa berhasil. Padahal kan dia tidak pakai plan atau tidak ada target, tetapi kenapa justru yang punya target malah bisa tidak sesuai harapan ya?

Pada bingung ya.. soalnya acap kali terdengar seseorang yang malah tidak ada target apa-apa bisa terwujud apa yang diinginkan. Dari situ bisa ditarik kesimpulan bahwa memungkinkan seseorang itu membawakan dirinya dengan tenang, santai, dan ikhlas. Sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai satu persatu.

Berbeda mungkin dengan yang ngotot harus tercapai plan A yang sudah ditempel dalam jiwa dan pikirannya, yang ada justru muncul masalah baru yaitu beban pikiran. Malu untuk bertemu orang lain karena ternyata targetnya tidak tercapai. Lesu dan makin banyak pikiran, karena sudah digembar-gemborkan eh malah di luar dugaan hasilnya.

[Baca Juga: Tingkatkan Keamanan Data Perusahaan

Kalau sudah seperti di atas yang terjadi, maka sebisa mungkin untuk coba menerima, gali kesalahan yang ada, tidak perlu berlama-lama dalam keterpurukan, lalu liriklah hal lain yang bisa dilakukan seperti: 

Kolaborasi Satu Server

Maksud kolaborasi satu server adalah mencari teman kerjasama yang bisa melengkapi, dan satu server dalam hal visi-misi, sehingga bisa sama-sama saling mendukung satu sama lain.

Tingkatkan Kualitas dan Kreativitas

Selain dengan kerjasama dengan rekan, tingkatkan juga kualitas dan kreativitas yang dimiliki. Bila sebagai diri pribadi maka skill menjadi tumpuan utamanya. Sedangkan kamu sebagai pemilik usaha, maka mutu dan keunikan bisa dijadikan kuncinya.

Siapkan Kunci Jawaban

Bukan hanya ketika sekolah saja yang saat mengikuti tes/ujian diperlukan kunci jawaban. Dalam hal ini pun juga, dengan cara membuat list apa saja kendala yang dihadapi selama ini lalu beri tanda panah kira-kira kunci jawaban apa yang perlu untuk menuntaskannya, sehingga tidak lagi menjadi masalah sama yang berulang. 

Misalnya, hari ini produk bisnis yang kamu rintis belum pecah telur. Maka buatlah kerangka/outline, hal apa yang bisa menarik perhatian calon konsumen sehingga mereka tertarik untuk membelinya dengan foto produk yang unik dan caption yang anti mainstream.

[Baca Juga: Hanya 5 Hari Kriya Nusa di Balai Kartini]

Pencapaian baik untuk personal maupun dalam bidang bisnis tak luput dari yang namanya tantangan. Walau sulit tetapi sudah sebuah keharusan untuk menghadapinya dan jadilah pemenang disetiap tantangannya. Eh itu mah kata-kata juri master chef hehe.

Ya apapun itu jangan pernah takut untuk membuat rencana, lalu ikhlaskan pada ï·² untuk melaluinya dan percaya akan ada jalan keluarnya. Nah boleh share nih, pernah gak sih target atau plan yang sudah kamu susun gagal? Lalu bagaimana cara kamu untuk bisa lekas move on? Cuss bisa berbagi di kolom komentar blog fennibungsu ya. 

Komentar

Farida Pane mengatakan…
ini justru yang paling sering terjadi sehingga harus diantisipasi, ya. berani sukses harus berani gagal juga. rencana ga cukup satu tapi kudu ada cadangan.
Putu Felisia mengatakan…
Nah, ini dia. Saya sering ngerasa iri juga sama orang yang kayaknya jalannya lancar, hoki, padahal usahanya terlihat nggak ngoyo.
Okti Li mengatakan…
Sangat mencerahkan. Pagi ini saya pun kena masalah bikin bete juga. Tapi dipikir lagi, saya sudah berusaha. Hasilnya kurang memuaskan ya saya harus terima. Dan saya harus tetap semangat mengingat keajaiban tidak akan terjadi kalau saya malah diam saja ya
YSalma mengatakan…
Saat membuat planning, udah mempersiapkan diri juga kalau meleset.
Meleset toleransinya berapa waktu. Tapi memang rencana yg bisa terukur oleh diri. Kalau gagal, berarti ada rencana terbaik sesudahnya. Percaya aja.
*sekarang krn udah seirng ngalamin, bisa ngomong gini. Dulu, sering berurai air mata, hehehe.
Sabrina mengatakan…
betul banget saat apa -apa yang kita inginkan tidka bisa tercapai saya akan harus selalu meningkatkan kapasitas diri dengans snagat baik, berusaha dna yang penting tudak menyerah
lendyagasshi mengatakan…
Hastag #SemangatCiee ini genuine milik kak Fenni yaa..
Hehhe..suka sama semangatnya dan memang untuk mencapai target adalah dengan bekerjasama.
Berkolaborasi zaman sekarang agar bisa sama-sama menggapai impian.
Lita Lestianti mengatakan…
Perlu komunitas yang punya visi sama sih sebenarnta ya.. karena kalau lingkungan mendukung tuh biasanya ada motivasi buat memenuhi target
Lintang mengatakan…
Hehe rumput tetangga selalu lebih hijau sih ya. Tapi kalau kita ngga punya plan atau target tertentu bikin ngga semangat juga mewujudkan mimpi. Bener lho, cuma ikan mati yang ikut air mengalir hehe.
Laily M Octavia mengatakan…
Harus mempersiapkan segala kemungkinan terburuk emang mbak ya
Han mengatakan…
Bener banget sih ini, hahaha, kalau hidup ngga ada tantangan tuh katanya bukan hidup sebagai manusia. Bahkan hewan pun punya tantangan dalam hidupnya ya kaan, jadi jalan satu2nya ya harus dijalaninnn
Siska Dwyta mengatakan…
Manusia memang bisanya cuma berencana kan? Tuhan yang menentukan. Meski begitu setiap rencana yang kita susun memang seharusnya tidak lupa dari doa dan ikhtiar. Selain itu harus juga tetap tawakal. Jadi kalau misal target atau rencana tidak tercapai kita tidak akan begitu kecewa dan sedih.
Marita Ningtyas mengatakan…
Setiap ada rencana pasti diiringi dengan tantangan. Apakah bisa menaklukkan tantangan hingga rencana bisa dijalani dengan oke.. atau malah bertekuk lutut?

Namun lebih dari itu semua, kalau kegagalan mampir, biasanya aku belajar untuk menyadari bahwa Manusia hanya bisa merencanakan. Jika sudah berusaha sebaik mungkin, tapi masih gagal, ya itu kehendak Tuhan. Yakin aja rencana Tuhan pasti yang terbaik.
Diah Alsa mengatakan…
kolaborasi satu server ini emang dibutuhkan sekali biar kita bisa saling support satu dan lainnya, biar bisa bangkit kembali dan jangan berlarut-larut meratapi yang telah berlalu.
harus terus semangatcieee ya Kak :)
Hmm, kalau saya sih merenung dan berpikir langkah solusi selanjutnya
Sebab jika berdiri diam di tempat begitu saja, tidak akan menyelesaikan impian yang akan diraih
Monica Anggen mengatakan…
Tambahkan planning dan evaluasi, Kak. Membuat perencanaan itu minimal bikin kita punya kompas, apa yang mau kita capai untuk jangka waktu tertentu. Yang tak tercapai, bisa jadi bahan evaluasi di akhir waktu dan dicari solusinya. Biasanya 2 hal ini bantu banget buat pencapaian target berikutnya.
Arni mengatakan…
Buat saya, meski agak santai menjalani hidup namun tetap harus ada target-target yang ingin dicapai agar langkah kita menjadi jelas dan terarah.
Kalaupun nanti target tak tercapai, ya gak apa-apa. Yang penting kita sudah berusaha yang terbaik. Nanti dievaluasi lagi, dimana kebocorannya, apa penyebabnya, lalu seperti apa memperbaikinya untuk langkah ke depan
Dee_Arif mengatakan…
Ah iya, kalau lagi parah manajemen waktunya , maka seringkali target tidak tercapai
Sedih
Wahid Priyono mengatakan…
Yups, betul saya setuju kolaborasi satu server memang penting karena bisa berjalan beriringan, baik dalam bisnis dll. Lebih mudah untuk menggapai satu tujuan dan misi. Kalo jalan sendiri2 kadang memang harus kuat mental dan modal. Kalo kolaborasi bisa sama2 kerjasama, hasilnya pun bisa bagus.
Titis Ayuningsih mengatakan…
Jujur, kalau sekarang saya lebih ke pasrah.
Terlalu ambisius terhadap target kadang membuat overthingking sendiri.
sylvianayy mengatakan…
memang tidak semua hal yang kita inginkan bisa tercapai atau terkabul. tapi saya tipe orangnya kalau gagal suka sedih dan gamau coba lagi, kayak langsung nyoba hal lain gitu. harusnya bisa berusaha lagi sih ya. kadang juga sehari semangat banget tapi besoknya lagi gak mood. huhuhu
Ida Wahyuni mengatakan…
Manajemen waktu menjadi salah satu issue yang sedang saya perjuangkan sekarang. Bahkan banyak hal yang terbengkalai, huhuhu... Gimana ya kak tips nya?
Utie Adnu mengatakan…
Tetep semangat berusaha intinya yamba... Hasil tidah mengalahkan proses.. walaupun tertunda tetapi nikmatnya Karena Ada sebuah proses yg panjang
Vivian Wahab mengatakan…
Kadang sedih bercampur pasrah kalau manajemen waktu tidak bisa berjalan dengan sempurna, jadi harus pintar-pintar buat ngatur dan mengikuti jadwal
Ria Rochma mengatakan…
Aku setuju poin 'meningkatkan kualitas'. Kalau gagal, pastinya ada yang kurang dari kemampuan kita. Entah kemampuan diri, manajemen waktu, atau pengembangan kepribadian.
Annie Nugraha mengatakan…
Justru tantangan itu perlu menurut saya. Dengan tantangan kita jadi banyak belajar, banyak menimba ilmu baru dan melatih mental kita. Karena pada kenyataannya juga mewujudkan mimpi itu perlu perjuangan dan berbagai macam pengorbanan. Tapi begitu tercapai, rasanya tentu tak terkira. Ada bangga, ada haru dan ada kegembiraan.
Naqiyyah Syam mengatakan…
Sebagai seorang blogger dan juga konten kreator emang diperlukan
Diperlukan manajemen waktu yang baik kerjaan tepat waktu dan juga tidak merugikan berbagai pihak apabila lewat dari deadline. Kalau tidak sesuai harapan ya, evaluasi dulu sebabnya apa.
Maria G Soemitro mengatakan…
saya banget nih sedang kesel ke diri sendiri karena banyak target yang belum tercapai
Agar lebih semangat, saya sedang lihat hasil2nya apabila kerjaan saya sselesai
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Saat melihat orang lain sukses karena yang kita lihat nggak ada rencana apapun itu belum tentu begitu sih. Aku mikirnya mungkin orang itu usahanya lebih gedhe ketimbang kita. Jadi bisa sukses duluan. Planning yang bagus terus ada evaluasi atas apa yang ada dalam planning mungkin akan lebih wow hasilnya.
Dee_Arif mengatakan…
Ah iya, aku tuh juga sering kesel dan menyalahkan diri sendiri kalau ada target yang tidak tercapai
Harus instrospeksi diri jadinya
andyhardiyanti mengatakan…
Membaca postingan ini membuat saya kembali mengingat, momen-momen ketika saya tidak mencapai target. Ketika kenyataan tidak sesuai harapan. Apa yang harus dilakukan? Ya, belajar dan belajar lagi. Mencoba lagi. Percaya dan yakin pada diri sendiri, bahwa kita bisa.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Yang terbaru plan isi liburan sekolah gagal total karena anak sulung kena bell's palsy dan mesti fisioterapi tiap hari..Rasanya ambyar. Ya sudah move on, masih ada waktu lain, kan
Nia K. Haryanto mengatakan…
Kalo target tidak tercapai, aku biasanya introspeksi. Nyari di mana letak kesalahannya. Kalo sudah ketemu, berusaha untuk cari solusinya. Biasanya nanya-nanya ke ahlinya. Kalo mungkin, aku terapkan. Nah baru deh, eksekusi dengan total dan sungguh-sungguh. Biasanya nanti target tercapai dan dibuat lagi target berikutnya.
Enny Mamito mengatakan…
Kalau misal ada target yang gak tercapai pasti sedih iya. Sedih mah gak pa2 kalau aku, wajar aja. Tapi jangan sampai kelamaan. Sedih sebentar trus evaluasi diri aja. Tau next mau ngapain nanti
lendyagasshi mengatakan…
Setelah menikah, semua impian kusandarkan pada keluarga.
Jadi biasaya kalau tidak berhasil diraih, kami akan mencoba cara lain dan sembari berdoa dengan ikhtiar yang maksimal, semoga bisa ceklist yang banyak di jurnal akhir tahun.
Lia Lathifa mengatakan…
Bener juga, harus ada kata kunci jawaban biar kita tau langkah selanjutnya mau ngapain, biar gak stagnan dan tetap semangat jalani hal selanjutnya
deddyhuang.com mengatakan…
aku kemarin banyak bikin rencana mbak, tapi gagal semua. akhirnya aku serahkan sama rencana Tuhan untuk dia bikin jadi lebih baik.