Tips Mengamankan Mobile Banking saat HP Hilang, Jangan Panik!

cara mengamankan mobile banking kala hp hilang

Kehilangan ponsel menjadi salah satu kekhawatiran banyak orang di zaman sekarang. Ini adalah hal yang wajar mengingat di dalam ponsel terdapat banyak data penting, seperti file dokumen keluarga, foto pribadi, pesan pribadi, dan digital banking. Apabila ponsel kamu yang hilang ditemukan oleh orang jahat atau tidak bertanggung jawab, maka data-data kamu terancam disalahgunakan.

Saat kehilangan ponsel, pastinya kamu akan langsung panik. Namun jangan lupa untuk mengamankan akun digital banking kamu, termasuk mobile banking. Beruntung apabila penemu ponsel kamu adalah orang baik. Namun jika ternyata penemunya orang jahat, maka rekening kamu berpotensi dibobol hingga dikuras isi saldonya.

Meski setiap digital banking telah disupport dengan keamanan super ketat, namun kamu sebagai pengguna harus menghindari dengan melakukan langkah antisipatif mengamankan mobile banking saat ponsel hilang. Lalu bagaimana cara mengamankan mobile banking ketika ponsel hilang atau dicuri?

tips mengamankan mobile banking hp hilang
ilustrasi by freepik/jcomp

Tips Mengamankan Mobile Banking saat Ponsel Hilang

Ketika kehilangan ponsel, seseorang lebih cemas dengan data di dalamnya dibanding kerugian dari harga ponselnya. Salah satu yang perlu dikhawatirkan adalah potensi mobile banking kamu dibobol. Berikut sejumlah tips yang perlu kamu terapkan untuk mengamankan mobile banking saat ponsel dicuri atau hilang.

1. Hubungi Call Center Bank

Saat ponsel hilang atau dicuri, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengamankan mobile banking adalah dengan menghubungi call center bank. Pihak bank menyediakan layanan call center selama 24 jam setiap harinya. Kamu harus segera menyampaikan laporan kehilangan ponsel yang di dalamnya terdapat terinstal aplikasi mobile banking.

Sampaikan atau minta kepada call center untuk menonaktifkan atau memblokir mobile banking kamu sementara waktu. Langkah ini perlu kamu lakukan untuk menghindari penyalahgunaan mobile banking oleh orang tidak bertanggung jawab. Dengan cara ini, kamu bisa mengantisipasi agar saldo rekening kamu tetap aman dan tidak dikuras.

2. Ganti Password Media Sosial

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika kehilangan ponsel adalah segera mengganti password email dan aplikasi. Kamu bisa meminjam ponsel teman atau keluarga untuk mengakses akun email, media sosial, dan aplikasi yang kamu gunakan. Selanjutnya ganti password kamu secepatnya. Jangan lupa untuk memudahkan mengingat atau mencatat password baru kamu.

Cara ini perlu kamu lakukan untuk mencegah kebocoran data pribadi. Sebab, bisa saja orang jahat yang menemukan ponsel kamu akan mengakses media sosial atau aplikasi untuk disalahgunakan supaya kamu mengalami kerugian baik dari segi materi maupun moril. Misalnya menghubungi teman atau keluarga kamu untuk modus meminjam uang, mengganti password dan akun kamu, bahkan menggunakannya untuk menyebarkan hoax atau konten sensitif.

3. Pastikan Selalu Mengunci Perangkat

Pastikan untuk selalu mengunci perangkat ponsel kamu, baik untuk membuka ponsel dan mengakses aplikasi yang terinstal. Langkah ini perlu kamu lakukan untuk mengantisipasi tindak penyalahgunaan saat kehilangan ponsel. Ketika ponsel terkunci, maka pelaku kejahatan tidak bisa mengakses ponsel sehingga kamu bisa terhindar dari pembobolan data.

Setiap ponsel biasanya menyediakan fitur penguncian perangkat maupun aplikasi. Fitur ini bisa kamu temukan di menu pengaturan. Kamu bisa memilih fitur penguncian perangkat dalam bentuk face recognition (pengenalan wajah), fingerprint scanner (scan sidik jari), PIN, atau password. Metode penguncian yang paling aman adalah face recognition dan fingerprint scanner karena hanya kamu yang bisa membuka kunci akses ponsel. 

4. Blokir Kartu SIM

Kartu SIM adalah salah satu barang penting yang terpasang dalam ponsel. Kartu SIM adalah ID card pribadi kamu yang berfungsi untuk menghubungkan ponsel ke jaringan telepon. Selain itu, kartu SIM juga berperan menyimpan informasi tentang pengguna ponsel.

Jadi, perlu mengamankan kartu SIM kamu sesegera mungkin saat kehilangan ponsel. Jika sampai pelaku kejahatan mengakses kartu SIM kamu, maka sejumlah data kamu bisa dicuri dan disalahgunakan baik itu bentuknya panggilan, sms, foto, dan video. Kamu bisa mengamankan kartu SIM dengan cara memblokirnya.

Hubungi call center provider kartu SIM kamu untuk meminta pemblokiran kartu SIM. Nantinya, kamu bisa mengaktifkan kembali kartu SIM yang digunakan tersebut untuk bisa mengakses berbagi aplikasi seperti semula.

5. Kabari Keluarga dan Orang Terdekat

Langkah penting lainnya yang perlu kamu lakukan ketika kehilangan ponsel adalah segera menghubungi keluarga dan orang terdekat. Segera kabari kepada mereka bahwa ponsel kamu hilang atau dicuri. Langkah ini berguna untuk menghindari modus kejahatan yang menyasar keluarga atau teman kamu dengan mengaku sebagai dirimu. Misalnya modus meminta pinjaman uang dan sebagainya.

Kamu bisa menghubungi keluarga dan teman menggunakan ponsel orang lain. Jangan lupa meminta mereka mengabarkan kepada orang lain yang mengenal kamu bahwa ponsel kamu sedang hilang. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, WhatsApp, dan lainnya untuk broadcast atau menyiarkan apa yang sedang kamu alami ini. Beritahu juga untuk sementara waktu lewat apa kamu bisa dihubungi.

Itulah sejumlah tips mengamankan mobile banking saat ponsel kamu hilang. Mengamankan mobile banking wajib kamu lakukan segera mungkin karena di platform tersebut terdapat rekening dan data-data keuangan kamu lainnya. Oleh karenanya, perlu mengantisipasi pembobolan digital banking saat kehilangan ponsel dengan cara menggunakan mobile banking yang punya keamanan tingkat tinggi.

cara mengamankan mobile banking hp hilang
ilustrasi by freepik/odua

Mobile Banking Aman dan Terpercaya

Salah satu digital banking yang didukung dengan sistem keamanan super ketat adalah mobile banking PermataMobile X. Mobile banking ini telah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi guna menjamin perlindungan data nasabahnya, sehingga nasabah bisa melakukan transaksi digital secara lebih nyaman.

Manfaat digital banking PermataMobile X yang bisa kamu nikmati, diantaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. Informasi lebih lengkap mengenai PermataMobile X bisa kamu baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

46 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Aku udah pernah nih, apalagi pas hilangnya diluar negeri. Memang perlu ketenangan lahir dan batin untuk menyelesaikannya satu persatu supaya bisa beres sih
Komen Blog fennibungsu.com
Antin Aprianti mengatakan…
Aku termasuk yang malas pakai kunci ponsel, tapi pas baca ini ternyata penting juga ya. Jadi orang nggak bisa langsung akses isi ponsel kita kalau dikunci, thanks sharingnya kak *langsung bikin kunci ponsel
Komen Blog fennibungsu.com
Nabilla DP mengatakan…
amit amit semoga ngga kejadian di aku deh mba. tapi emang bener ya kudu tetap tenang dan segera ganti password serta nelpon call cnter aja untuk blokir sementara
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Bank Permata memamng selalu memberikan layanan terbaik ya?

Saya jadi nasabah Bank Permata sejak anak2 masih kecil

dan puas banget dengan layanannya yang cepat dan ramah
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Langkah-langkah pengamanan yang perlu diingat banget nih, karena ponsel juga dompet digital.
Blokir kartu sim yang suka lupa.
Untung ada mobile banking Permata Bank yang keamanannya ketat, jadi berlapis keamanan m-banking yg dipunya.
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Nah betul ini tipsnya. Jangan dulu panik yg didahulukan ya. Hehe pengalaman saya juga gitu sih, malah panik duluan. Padahal lakukan saja langkah di atas, insyaallah akan ya
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan mengatakan…
Betul banget sih, kehilangan handphone itu yang ditakutkan salah satunya data mobile banking kita disalahgunakan orang. Dan setuju banget dengan tipsnya, tapi semoga kita dijauhkan dari kehilangan handphone ya. Aamiin....
Komen Blog fennibungsu.com
Triani Retno A mengatakan…
Iyaaa, panik banget pastinya kalo hape hilang. Lupa naruh hp di rumah aja udah panik :( Duh, amit-amit.
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Wah terima kasih tipsnya kak, berguna sekali untuk antisipasi hal yang harus dilakukan ketika (amit-ammit) hp hilang dan ada seperangkat digital banking didalamnya!
Komen Blog fennibungsu.com
Tria TR mengatakan…
Zaman sekarang ketinggalan hp aja udah lebih panik daripada ketinggalan dompet. Apalagi kalau sampai hilang. Hiks.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Handpone memang jadi barang penting yang harus terus dijaga ya, Mbak. karena zaman now, semua berpusat di ponsel, termasuk mobile banking. Harus segera ada langkah mengamanan ya, Mbak.
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Ebanking emang memudahkan tapi sekaligus bahaya jika kita tdk bs menjaganya. Langkah2 di atas tadi emang wajib tuh dilakukan. Amit2 kalo hp kita hilang/dicuri orang.
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Data-data yang tersimpan di ponsel yang hilang aja bikin sedih, apalagi uang yang ada di m-banking ya. Gak boleh panik adalah kuncinya, kemudian lakukan tips di atas dan tentu saja pilih m-banking yang keamanannya ketat.
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Wah iya, penting nih untuk mengetahui langkah-langkah kalau HP kita hilang. Ya namanya musibah tak terduga. Apalagi semua info penting ada di HP deh.
Makasih infonya...
Komen Blog fennibungsu.com
Ida Wahyuni mengatakan…
Bener kak, Hubungi provider layanan perbankan dan beri tahu mereka bahwa ponsel Anda telah hilang dan Anda ingin memblokir akses mobile banking. Ini langkah pertama sih... penting untuk blokir langsung
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Sebaiknya memang pengaturan keamanan HP diaktifkan semua karen merupakan salah satu bagian dalam melindungi dan menjaga data HP saat terjadi sesuatu misal hp hilang atau terjatuh
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Aku loh Fen. Pernah ketinggalan HP di rest area tol Cipularang. Yaoloohh panik banget dong. Apalagi itu HP satu-satunya yang aku punya dan aktif digunakan untuk transaksi keuangan.

Tadinya sudah mau diblok sama anakku. Tapi alhamdulillah, penjaga mini marketnya sregep dan langsung ngerjar mobilku yang masih terhambat macet di jalan keluar rest area.

Emang dasarnya masih rezeki ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Sabrina mengatakan…
saya pernah mengalami kehilangan dompet tapi lumayan bikin panik juga karena kartu atm banyak waktu itu dan tips di atas saya lakukan seperti yang dituliskan, kalau HP pernah hilang juga cuman beruntungnya ga menyimpan sosmed dan mobile banking hanya untuk tlpon saja jadi aman
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Pernah banget melewati masa-masa ini.
HP hilang dan gak bisa di tracking. Uda usaha dicari, tapi nihil. Jadi pertama yang kulakukan block nomer dan akses HP. Ke merk HP< ke Bank dan ke provider.
Bismillah..
Semoga gak terjadi apa-apa ya..

Dan untuk mengkatifkannya lagi, alhamdulillah gak lama juga..
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Hilang gawai tuh sekarang kaya hilang dompet, ya.
Pernah punya pengalaman dompet hilang dan didalamnya terdapat banyak kartu-kartu termasuk ATM. Sempet disaranin teman melakukan langkah-langkah yang mirip tips dari kak Fenni, tapi kebetulan orang yang nemuin dompetnya orang baik, dibalikin dong sampe dianterin ke rumah. Alhamdulilah
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Nah takutnya ada kebocoran data pribadi itu ya. Takut disalahgunakan. Udah banyak kejadian seperti itu soalnya ya
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
sekarang kalo hp hilang paniknya bukan main ya. karena semua data kita di hp termasuk mobile banking. untung pelayanan bank sekarang cepat tanggap. jd bisa langsung blokir atm
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Ganti password medsos ini nih yang kadang terlewat kalau ponsel hilang dan lekas ingin mengamankan mobile banking yang dipunya. Memangdrh kalau sudah panik tuh langsung bingung fulu harus mulai dari mana dan kadang ada saja bagian yang terlupa.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Zaman sekarang menjaga keamanan ponsel penting sekali ya...soalnya banyak data penting termasuk data keuangan yang harus diamankan.
Kalau ponsel sampai hilang takutnya data penting yang ada di ponsel disalahgunakan.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
repot emang kalau hp sampai hilang, amit amit Ya Allah jangan sampai. semua urusan kerjaan dan tentu saja m banking atau e wallet ada disana semua. termasuk verifikasi email loh. punya cadangan nomor hp untuk berivikasi email juga perlu ya. kalau m banking udah pasti harus segera hubungi call centre dan non aktifkan kartu SIM.
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Alsa mengatakan…
bahaya banget sih emang kalau handphone hilang, secara ya semua ada di barang pintar itu, apalagi kalau memang aktif bermobile banking, bisa double-double deh pusingnya.
makasih tipsnya ya Kak Fen
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Poin paling penting adalah tidak panik, dan segera menghubungi call center perbankan yang kita gunakan adalah hal yang harus dilakukan pertama kali
Komen Blog fennibungsu.com
April Hatni mengatakan…
Pastinya panik banget. Jangankan ponsel hilang, token yang tiba-tiba nge-hang aja bikin panik bin stres, hehe...
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Wah iya mba bisa ketar ketir banget memang kalo hp yang dipake m-banking hilang. Intijya harus gercep ya untuk lapor dan ganti semua password akun
Komen Blog fennibungsu.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Kehilangan ponsel memang momok paling menakutkan untuk setiap orang. Ponsel itu ibaratkan brankas data-data penting, kalau brankasnya hilang ya data-data pentingnya juga hilang. BTW Artikel ini sangat bermanfaat sebagai langkah antisipasi kehilangan uang di mobile banking saat ponsel hilang.
Komen Blog fennibungsu.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
tapi memang bikin pasword nih kudu beda-beda ya biar gak gampang ketebak hehe.. telpon call centre deh udah jadi jalan terbaik mengatasi panik ya hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Kanianingsih mengatakan…
Mkasih kak tipsnya. Duh jangan sampe deh HP hilang, harus banyak yg mesti diurus ya agar tabungan tetap aman..
Komen Blog fennibungsu.com
Duh amit amit deh kalau hilang
Tapi info ini penting bagi yang merasakannya sekarang
Semoga sangat terbantu
Komen Blog fennibungsu.com
Bundamami Devi mengatakan…
Bener banget nih tipsnya. Hal yang utama tidak panik ya, biar bisa sistematis mikir menyelesaikan yang mana duluan, mulai dari blokir mobile banking, ganti password, blokir SIM card, dan sebagainya.
Komen Blog fennibungsu.com
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
Hal yang sama dilakukan temanku kapan hari pas kehilangan hpnya Kak. Langsung menghubungi CS untuk memblokir akun mobile banking sementara. Ribet emang, tapi daripada aset hilang yaaa. Makasih tipsnya Mbak
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kunci pertama saat kehilangan HP yang saat ini sudah menjadi ranah privacy yang paling berharga memang kudu tenang. Biar gak panik sehingga langkah yang disarankan kak Fenni bisa terlaksana dengan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
Bener banget nih salah satu yang bikin deg-degan kalau hp ilang. Mana tadi aku nonton konser hp hampir ilang, ketinggalan. untung masih nasib baik T_T
Komen Blog fennibungsu.com
Priyo Harjiyono mengatakan…
Wah ini nih penting banget karena jaman sekarang HP isinya credential banyak bgt ya kayak mobile banking dll gitu. Horor klo sampe ilang
Komen Blog fennibungsu.com
Lia Lathifa mengatakan…
Pernah merasakan sedikit kepanikan ketika HP hilang, memang benar kita harus legowo dulu supaya gak panik, kemudian segera minta bantuan buat menghubungi beberapa cs bank supaya bisa dilindungi secepatnya
Komen Blog fennibungsu.com
Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan…
Ketika ponsel ilang emang deg-degan banget sih, apalagi kan di zaman sekarang semuanya ada di hp, makanya aku jaga banget hp dan kalau aku sih nginstall aplikasi gps yang bisa diakses di komputer sih jadi amit amit hp ilang bisa dipantau gitu
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Pokoknya kudu tenang dan segara menghubungi call center dan segera blokir satu persatu dan urus nomor telepon yang hilang biar bisa menguru internet banking lagi. kudu diurus dalam keadaan tenang dan satu persatu
Komen Blog fennibungsu.com
Lidya Fitrian mengatakan…
Panik pastinya ya kalau ponsle hilang soalnya banyak data penting di sana kalua jatuh ke tangan orang gak bertanggung jawab bahaya banget. Nah bener mbak sebagik dikasih password ya perangkat kita
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Bacanya sambil deg-degan ini, kebayang soalnya yaaa betapa ribetnya ketika smartphone kita lepas dari tangan alias hilang huhuhuuu... Udah kayak nyawa kedua soalnya, kudu dilindungi banget nih.
Komen Blog fennibungsu.com
Hida mengatakan…
Kalo panik jadinya ngeblank, tapi wajar sih ya namanya kehilangan takutnya data-datanya kehack.
Komen Blog fennibungsu.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Aduh jangan sampe deh hilang hapenya, ya. Bikin ribet segala hal deh. Walopun mungkin hapenya udah urdu. Tapi kalo hilang, gak perlu terlalu panik juga. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk pengamanan. Bahkan untuk mobile banking yang mungkin ada di hape kita. Semoga kita semua gak pernah kehilangan hape. Kalo pun mau ngurusin mobile bankingnya, mungkin karena ganti hape aja. Hehehehe. Aamiin. :D
Komen Blog fennibungsu.com
GE MAULANI mengatakan…
Kak, makasih tipsnya. Kadang kalau keburu panik gak ingat untuk langsung telpon call center dan blokir kartu SIM
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
KSB
KSB