Langsung ke konten utama

Review Korean Movie Ashfall

Sambil menikmati libur lebaran kemarin, pas kebetulan melihat cuplikan film Ashfall di salah satu media sosial. Jadilah langsung ke media streaming buat nonton secara tuntas. Soalnya bisa dikatakan film besutan sutradara sekaligus penulis naskah yaitu Lee Hae-Jun dan Kim Byung-Seo cocok buat menemani holiday di rumah, hehe. Berikut sinopsis film yang rilis Desember 2019 ini.

Sinopsis Korean Movie Ashfall

Jeon Yoo-Kyung (Bae Suzy) sedang memeriksakan kehamilannya di sebuah rumah sakit. Tak lama kemudian, suaminya Kapten Jo In-Chang (Ha Jung-Woo) menghubunginya melalui ponsel untuk menanyakan jenis kelamin anaknya. Sedang terlibat dalam percakapan, Jo In-Chang melihat ada sesuatu yang aneh di jalan raya. Telepon pun terputus.

Tak dinyana, gempa pun terjadi. Jalan raya pun menjadi kacau karena masing-masing kendaraan dan orang-orang berlarian guna menyelamatkan diri. Gedung-gedung pun runtuh seketika, disebabkan gempa yang diakibatkan dari letusan Gunung Baekdu. Keadaan yang mencekam tersebut, membuat Jeon Yoo-Kyung (Jeon Hye-Jin) cepat-cepat menghubungi profesor Kang Bong-Rae (Ma Dong-Seok) guna mengantisipasi letusan lanjutan, yang dapat berakibat fatal bagi Semenanjung Korea.

Baca Juga: Review Film Rodeo Stampede

Profesor Kang Bong-Rae pun mengusulkan untuk tim dari Kapten Jo In-Chang berkontribusi dalam operasi ini, dengan menembakkan nuklir ke Gunung Baekdu melalui Korea Utara. Atas hal tersebut, Kapten Jo In-Chang mau tidak mau harus kolaborasi dengan Lee Joon-Pyeong (Lee Byung-Hun) yang merupakan mata-mata tentara rakyat Korea.

Ceritanya lagi akur itu berdua, hehe (Dok. IMDb)

Apakah misi Profesor Kang Bong-Rae yang sudah lama mengamati Gunung Baekdu berhasil, atau diganti dengan misi yang lain? Dan bisakah Kapten Jo In-Chang bekerjasama dengan Lee Joon-Pyeong?

Baca Juga: Review Film Taiwan American Girl


Film Korea Ashfall Rasa Nano-Nano

Ashfall atau hujan abu (dalam bahasa Indonesia), atau baekdusan (Korea) jadi warna-warni rasanya. Yes banget bisa dikatakan untuk film berdurasi 2jam 8 menit ini. Pasalnya jalan cerita yang menegangkan dengan efek CGI yang memukau amat pas menyatu di sini. Letusan gunungnya, juga efek kalderanya bisa membuat ngeri melihatnya.

Baca Juga: New Movie Jules 2023

Belum lagi di sini gak hanya menampilkan suasana yang mencekam akan Upaya penyelamatan diri dari letusan gunung berapi saja, tetapi juga ada kisah pilu antara seorang ayah yang dari semenjak anaknya lahir belum pernah melihatnya, hingga menyebabkan si anak tersebut tidak bisa berbicara, dan akhirnya si anak dititipkan kepada seterunya demi menjaga Gunung Baekdu agar tidak meletus, huhu.

Profesornya di kolong meja (dok. IMDb)

Tenang, menonton ini, gak akan melulu membuat jantung berdegup hebat, karena dilengkapi juga dengan cerita kocak antara karakter Kapten Jo In-Chang dengan Lee Joon-Pyeong. Bisa banget gitu akting Ha Jung-Woo dan Lee Byung-Hun membuat saya tertawa karena adegan mereka. Pantas sih Lee Byung-Hun dapat penghargaan untuk karakternya di sini, dari Daejong Film Awards tahun 2020 untuk kategori Best Actor.

Di sisi lain, karakter Profesor Kang Bong-Rae ini mengesalkan tapi sekaligus agak lebay sih, hehe. Masa iya, karena sangking takutnya dengan gempa akibat letusan gunung dianya ngumpet di kolong meja sambil ketak-ketik laptop, haddeeh. Belum lagi, dianya tuh sok gitu mengaku orang Amerika Serikat tatkala bertemu Jeon Yoo-Kyung.

poster film Ashfall (dok. IMDb)

Secara garis besar, film berbahasa Korea ini menarik buat dijadikan tayangan mengisi liburan. Terlebih lagi buat yang suka dengan genre action dengan jalan cerita tentang bencana alam membuat kita yang menontonnya bisa lebih mawas diri. Bila sudah ada yang menelitinya maka sebisa mungkin untuk selalu hati-hati dengan tanggap bencana. Gimana, siap untuk nonton Korean movie Ashfall ini? Atau ada film yang genrenya mirip dengan Ashfall ini, juga boleh loh rekomendasikan buat saya.  

Komentar

Didik Purwanto mengatakan…
Setuju sih. Dengan film, kita bisa belajar tentang beragam hal. Ga terkecuali dgn film kayak bencana alam kayak gini. Kita jd mawas diri apalagi kita berada di ring of fire dunia. Jd udh hampir tiap hari akan berhadapan dgn bencana, termasuk gempa. Jd pgn nonton filmnya krn cmn 2 jam. Ga perlu repot nungguin mgguan haha.
PeWe mengatakan…
Film tentang bencana alam dan action emang gak terpisahkab sih.. survive dr bencana aja udah action.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Waah panjang juga durasinya, kudu nyiapin waktu khusus. Untung ada kocaknya ya, nontonnya jadi lebih enjoy..
Irra Octaviany mengatakan…
Menarik banget nih jalan ceritanya, Lumayan bikin tegang nih cocok banget untuk ditonton selama libur panjang.
Eka FL mengatakan…
ashfall termasuk film lawas ya dan saya udah nonton berkali-kali karena suka banget sama Mak dong seok. bisa di bilang smeua film dia saya pasti nonton, hehe
Sabrina mengatakan…
suka banget kalau film-film ada pemerannya Bae Suzy tak terlewatkan apalagi di film ini ada Bapak-bapak yang lucu itu tapi belum tahu namanya siapa, pasti filmnya bagus gitu
Haryadi Yansyah mengatakan…
Seingatku dulu aku nonton Ashfall ini di bioskop. Jadi lumayan terasa sensasi pengalaman nontonnya walaupun secara keseluruhan nggak meninggalkan kesan yang spesial juga. Biasa aja, bagus cuma gak memorable.

Untuk Korea Selatan kayaknya banyakan nonton drakornya aku ketimbang film lepas. Kalau film thriller aku bisa banyak kasih rekomen hahahaha kalo film model Ashfall gini bingung juga.
Bambang Irwanto mengatakan…
Kalau film korea dan drakor apapun ganrenya, pasti ada adegan kocak-kocaknya ya, Mbak hehehe. Dan emmang untuk film, durasinya lumayan panjang. Jadi pas memang direkomedasikan saat liburan seperti ini. Namun kalau action tidak terasa sih. Justru ketegangan itu yang terus penasaran menyelesaikan filmnya sampai habis.
Kyndaerim mengatakan…
Wiihh.. Pengen nih nonton Ashfall, apalagi ini genre yg jadi salah satu paporitku setelah horor smaaa drama komedi, hehe.. Penasaran juga liat Prof. Kang Bong Rae yg masih sibuk sama leptopnya di kala bencana, ngapain sih dia? Haha..
Indra DP mengatakan…
Sepertinya keren ini filmnya. Soalnya aku juga suka film² genre action seperti ini. Nanti coba cari ah filmnya hehe
Dian Restu Agustina mengatakan…
Kirain full bikin deg-degan dan jantung berdegup kencang, ternyata ada komedinya dan tokoh yang lebay juga ada..jadi imbang. Pengin nonton , penasaran sama cerita dan efek kerennya Ashfall
Aisyah Dian mengatakan…
Sebagai pecinta genre action sepertinya nonton Ashfall bakal jadi hiburan yang menarik buat weekend ini ya kak
Windi astuti mengatakan…
cukup menarik buat di tonton ini. Film korea yang mengangkat cerita dimana kita harus bersikap ketika ada bencana gempa. Ada sedikit lebay juga menurutku, pada saat gempa hadir, profesor Kang Bong -rae dlm posisi ngadep laptop di bawah meja :D
Windi astuti mengatakan…
cukup menarik buat di tonton ini. Film korea yang mengangkat cerita dimana kita harus bersikap ketika ada bencana gempa. Ada sedikit lebay juga menurutku, pada saat gempa hadir, profesor Kang Bong -rae dlm posisi ngadep laptop di bawah meja :D
Lila mengatakan…
Saya pernah juga mba nonton film ini dan seruu abis soalnya saya tipe yg suka drama tentang bencana alam. Film ini menurut saya cukup menegangkan kereeen
Muhammad Zaini mengatakan…
Film ini sepertinya membuat kita supaya lebih sadar akan potensi gunung meletus sehingga lebih bisa menjaga alam dengan lebih baik.
Deeva Collection mengatakan…
Membaca sinopsisnya langsung merasakan nano-nano rasa yang ditimbulkan akibat kejadian. Terbayang juga bagaimana kondisi yang crowded akibat letusan
Maria G Soemitro mengatakan…
Wah asyik, ada Lee Byung-Hun

aktingnya selalu keren walau tingkahnya sehari-hari konon mengundang antipati

Fenomena ashfall ini saya pernah mengalami waktu hujan abu Gunung Merapi yang begitu dahsyatnya sehingga sampai ke Jabar
Yonal Regen mengatakan…
Whah ada Bae Suzy di deretan pemainnya di film Korea Ashfall ini. Suguhan filmnya lumayan komplit ya, science fiction, action, dan juga dramanya cukup lengkap
Wahid Priyono mengatakan…
Saya dari dulu kalo nonton2 film apapun itu selalu apresiasi dengan pencetus ide film hingga aktor2 yang memainkan peran di film itu. Butuh kepiawaian dalam segala hal agar menghasilkan karya bermakna. Keren banget nih hadirnya film2 korea terbaru saat ini, bisa menyesuaikan dengan kondisi remaja saat ini.
Annie Nugraha mengatakan…
Film ASHFAL ini selain jalan ceritanya yang kuat, para aktornya juga gak kaleng-kaleng. Semua punya jam terbang tinggi dengan kualitas acting yang sudah tidak diragukan. Nama-nama yang menjual dan bisa menguatkan kualitas film itu sendiri.
Ririn Wandes mengatakan…
Masih baca sinopsis aja sudah merasa nano-nano nih. Bayangin nonton sampai selesai. Duh mana lagi hamil ada gempa ya pasti kacau tuh perasaan. Sepertinya menarik untuk lihat sampai selesai nih,Mba.
Susi Susindra mengatakan…
2 jam ya. Harus di layar besar dan bersama suami kalau sepanjang ini. Tapi seru sih, genre seperti ini. Banyak judul yang abadi karena ditonton berdua.
Saya tertarik dengan teori cara menghentikan gempanya ini. Ntar cari aaah...
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Kalau genrenya bencana alam biasanya suka bikin deg-degan sama ikutan panik pas nonton hihi
Lintang mengatakan…
Tegang ga sik nontonnya? Tapi ada cerita kocaknya juga ya wkwkkw. Ashfall ini semept lewat juga di tiktok dan penasaran sih apalagi fendre action tentang bencana alam bisa bikin kita lebih hati2 juga ya.
Didik Purwanto mengatakan…
Film berlatar belakang bencana spt ini bs mengingatkan kita akan bahaya apapun di sekitar. Dgn nonton film spt ini, kita jadi tahu dan melakukan persiapan agar jgn sampe timbul korban. Recommended nih filmnya.
Han mengatakan…
Ini jadi film yang seruu ngga sih, baca reviewnya berasa pengen ikutin rasain vibesnyaa gimana
Seru banget pastii ini sih
Ditonton weekend sama suami bakal seru nih yaa
Happy mengatakan…
wah ini padahal ga terlalu baru ya, pas awal keluar sering muncul di timeline tapi sampai sekarang belum nonton. dari pemain aja udah ga diragukan lagi lah ya pasti seru.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
wah kayanya seru nih, lumayan juga ya durasinya :) film korea yang aksi gini belum pernah nonton deh, bagus juga ya ternyata
Emma Malika mengatakan…
Film yang mengangkat tema bencana alam dan survive dengan keadaan yang buruk saat itu pun sudah action banget pastinya dek
lendyagasshi mengatakan…
Kalo uda ada urusan sama disaster gini, seruu sii..
Jadi kliatan ya.. kualitas aktingnya juga.. Apalagi Ashfall ini uniknya juga ada bumbu kocaknya, jadi gak terlalu tegang, meski tetep aja endingnya ada yang harus dikorbankan. Huhuhu...
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Asli ini film recommended banget sih buat ditonton, aksi-aksinya seru dan menegangkan, walaupun gitu tetap juga ada selingan-selingan kekocakan antar aktor. Salah satu film terbaik yang pernah aku tonton.
Retno Kusumawardani mengatakan…
Jadi pingin nonton, liburan gini bingung mau ngapain. Kalo ada tontonan bagus gini kan lumayan...