Siap Banjir Order? Ini 6 Ide Bisnis Rumahan buat Kamu!

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Kalau membicarakan usaha apa yang cocok dilakukan di rumah, mungkin akan muncul beragam rekomendasinya. Boleh saja memilih salah satunya, hanya saja ada hal-hal yang harus diperhatikan, agar bisnis rumahan yang dijalankan tidak sekadar menjadi bisnis sesaat saja, tetapi menjadi usaha yang terus berkelanjutan dan bertahan lama. Tak muncul hanya beberapa tahun saja, melainkan bisnis tersebut bisa menjadi penghasilan utama.

Tips Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Memulai Bisnis

Keinginan berbisnis bagi seseorang bisa muncul karena beberapa faktor, seperti karena bakat dalam diri, keturunan (karena dalam keluarga ada yang berbisnis), mencoba peruntungan diri. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis, perlunya untuk memahami setidaknya tiga hal berikut, yaitu:

1. Kenali Bakat Diri

Setiap orang pasti memiliki bakat yang berbeda. Ada yang gemar dengan fashion, kulineran, menanam, bertani, dan sebagainya. Dari sini pengenalan diri menjadi kunci, ke arah mana bakat bidang yang disukai, sehingga bisnis rumahan yang menjanjikan ini akan dijalankan sepenuh hati karena sesuai dengan passion-nya.

2. Jauhi Rasa Pesimis

Belum memulai, tapi sudah takut lebih dulu. Apalagi kecemasan yang bergelayut seakan-akan tidak bisa menjalankan bisnisnya, karena takut akan kalah saing dengan bisnis rumahan lain yang sudah lebih dulu ada. Nah, usahakan jauhi rasa pesimis dalam diri, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, keluarga dan orang terdekat, agar mendapat suntikan semangat untuk yakin menjalankan usaha.

Bisnis Rumahan Terkini yang Menjanjikan
sumber: Freepik

3. Persiapkan Tempat dan Pencatatan Keuangan

Pengaturan finansial menjadi modal pokok dalam segala hal. Pencatatan keuangan dimulai dari modal pertama, kedua dan seterusnya. Begitupun untuk persiapan tempat, pada bagian sisi rumah mana yang akan dijadikan sebagai tempat berbisnis, sehingga ketika akan membeli kebutuhan bisa terukur dan jangan lupa dicatat ya dengan jelas dan terperinci arus masuk dan keluar dana, agar mudah untuk dievaluasi.

Baca Juga: Cara Belajar Bisnis yang Mudah untuk Mahasiswa

Ini 6 Ide Bisnis Rumahan yang Membuat Kamu Kebanjiran Order

Bagaimana sudah siap untuk bisnis rumahan modal kecil? Harus siap dong, karena ada 6 ide bisnis rumahan yang bisa membuat kamu kebanjiran pesanan, yaitu:

A. Aksesoris Rider

Suka melihat aksi Fabio Quartararo maupun Francesco Bagnaia saat balapan di MotoGP? Maka membuka jasa bisnis rumahan yang menjanjikan ini dengan menjual akseoris rider bisa menjadi peluangnya. Pasalnya menjual pernak-pernik motor, dapat memberikan keuntungan yang menarik. Apalagi pas diketahui siapa yang menjadi juara dunia MotoGP, nah kamu bisa memanfaatkan momen menarik ini dengan mengkreasikan dan menambah stok merchandise tentang si rider tersebut.

B. Hampers dan Hantaran

Berbisnis hampers seperti makanan, buku, buah maupun pakaian, serta hantaran, dapat menjadi bisnis ibu rumah tangga maupun bagi yang perdana memulai usaha. Bisnis ini mungkin bisa dikatakan bisnis musiman, yang ketika musim wisuda sekolah atau kuliah, maupun musim nikahan akan banyak permintaan.

Baca Juga: Tentang Bisnis Setiap Tahunnya 

C. Bisnis Microgreens

Siapa takut memulai bisnis microgreens? Berbisnis tanaman ini bisa meraup keuntungan, terlebih yang memiliki lahan atau tempat yang cukup untuk menanam. Sebagai informasi microgreens ini adalah tanaman rumahan seperti seledri, lidah buaya, pakcoy, daun ketumbar, daun parsley. Tanaman-tanaman tersebut kerap mendapat permintaan yang cukup signifikan, sehingga bisnis ibu rumah tangga ini tidak hanya memberikan penghasilan yang menarik, tetapi juga memberikan pengaruh agar mencintai lingkungan dengan menanam.

D. Peralatan Pancing

Rekomendasi bisnis rumahan selanjutnya adalah peralatan pancing. Jenis usaha yang satu ini, memiliki peluang yang manis karena bisa dilakukan baik untuk kamu yang hobi memancing maupun yang tidak. Berbagai item yang bisa dipasarkan seperti joran, reel pancing, senar pancing, dan lain-lain.

E. Custom Design

Custom design bisa menjadi bisnis rumahan modal kecil untuk kamu memulai usaha. Apalagi untuk kamu yang mahir dalam pembuatan design maupun jahitan. Di sini, kamu dapat mengkustomisasi kaus, topi, atau spanduk dengan tulisan yang menarik sesuai pesanan.

F. Miniatur dari Kayu

Punya kreativitas tinggi baik dalam memahat atau memanfaatkan kayu, maka kamu bisa menjadikannya sebagai ide bisnis rumahan cepat balik modal, dengan membuat pajangan atau miniatur kayu. Kayu-kayu yang bisa dimanfaatkan bisa dari kayu bekas yang tidak terpakai, lalu dipahat dengan apik misal menjadi bentuk kapal, perahu, pesawat. Jangan lupa beri catatan, bahwa bisnis kamu ini bisa terima kustomisasi, sesuai permintaan kustomer.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Cara Hadapi Bisnis Saat Berjalan agar Berkembang

Saat bisnis rumahan yang cepat menghasilkan ini telah berjalan, bukan berarti bisa bersantai ria. Di sinilah pengelolaan yang tepat dipertaruhkan. Pastikan untuk mencatat keluar masuk transaksi keuangan, modal pertama, dan invetaris pertama agar memudahkan saat evaluasi bisnis misal evaluasi perbulan, semester atau per tahun.

Pahami keadaan pasar, mana saja produk yang dijual mengalami permintaan tertinggi, misalnya ternyata pada bisnis microgreens yang tengah berjalan konsumen lebih banyak membeli lidah buaya, maka kamu bisa memperbanyak stok ini. Lalu untuk yang kurang diminati, bila ingin melanjutkan, maka cobalah untuk mengkreasikannya, misal dalam membuat tampilan foto dengan angle yang berbeda dan gunakan deskripsi yang lebih lengkap dengan bahasa yang lebih menarik.

Teliti pula kompetitormu, apa yang tidak ada di sana, maka upayakan untuk melengkapinya di dalam bisnismu. Bila ada yang tampak kurang bagus, maka tidak perlu untuk diikuti. Jadilah dirimu sendiri kala menjalankan bisnis, agar kustomermu betah untuk terus berlangganan dan mengingatmu karena keunikan yang dimiliki.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Pasarkan produk bisnismu tersebut secara online dengan memanfaatkan platform e-commerce jualan online nomor 1 di Indonesia, yaitu Lazada. Di sini, kita bisa menjangkau jutaan pelanggan, tersedianya program inkubasi bagi penjual baru, serta berbisnis dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Cara jualan di Lazada, bisa dengan trik mudah berikut:

  • Kunjungi laman yukjualanonline.com lalu klik Mulai Berjualan
  • Masukkan nomor WhatsApp dan kirim permintaan OTP
  • Lalu ikuti langkah selanjutnya dan selesaikan proses pendaftaranya.

Bisnis Rumahan Online bersama Lazada

Di Lazada, tidak hanya memudahkan penjual dalam menjalankan bisnis rumahan cepat balik modal saja, tetapi mendukung pelaku usaha untuk makin rajin menambah wawasan tentang dunia bisnis melalui situs Yuk Jualan Online. Situs belajar dari Lazada ini, berisikan artikel mengenai update dan tips tentang wawasan jualan online dan strategi melakukan bisnis online. Ada manfaat mengesankan buat kita membaca artikel dan tips di blog Yuk Jualan Online dan Lazada ini, seperti:

  1. Mendapat inspirasi bisnis rumahan secara online
  2. Mengetahui tren bisnis yang sedang berkembang saat ini
  3. Wawasan yang makin bertambah karena mengetahui tips jualan, strategi berbisnis, serta fitur dan program yang dapat mendukung bisnis yang sedang dijalankan.
  4. Inspirasi dari seller bisa menjadi masukan dalam mengelola bisnis rumahan agar senantiasa berkembang.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Baca Juga: Jika Bisnis Tidak Capai Target, Bagaimana?

Berbisnis dengan model daring atau online bukan lagi suatu hal yang baru. Ini bisa menjadi langkah dalam pemanfaatan teknologi masa kini, sekaligus membuka lapangan kerja baru. Tekad kuat memulai usaha, serta diiringi doa, maka bisnis rumahan dengan modal kecil untung besar ini bisa menjadi jalan untuk meraih cuan. Selamat menerapkannya dengan semangat! 

59 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Farida Pane mengatakan…
Unik-unik ya, idenya. Beberapa di antaranya butuh keahlian dan minat tinggi di bidang tersebut. Moga makin banyak yang cuan, deh
Komen Blog fennibungsu.com
Winda - dajourneys.com mengatakan…
bener mba, sekarang makin banyak yang berjualan aneka produk kerajinan secara online, ada temen anakku, masih SD tapi jualan gantungan kunci custom, ibunya yang mengelola toko online, tapi yang bikin produknya anaknya yang masih SD, keren yaaaa
Komen Blog fennibungsu.com
Penghuni 60 mengatakan…
sampe skrg, aku msh bingung menentukan bisnis apa yg bisa aku lakukan. Tp mksh ide2 di atas sudah ikut membantuku. ijin aku follow blognya ya mbak... lam knl
Komen Blog fennibungsu.com
Fera Marentika mengatakan…
bener, desain itu bisa dijadiin lahan bisnis yang cuan banget. apa2 sekarang butuh desain untuk menambah keindahan kan.. jangan cuma minta tolong ngedesain, bayar! haha xD
Komen Blog fennibungsu.com
Shinta Shyntako mengatakan…
jualan online tuh memang menurutku menjanjikan banget sih, bisa dikerjain dari rumah aja kok, jadi bisnis rumahan tapi cuan jalan terus
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Urusan pencatatan transaksi ini kelihatan sepele. Tapi memberi dampak yang besar.

Kita bisa tahu arus keluar masuk dana bisnis dari catatan ini.

Apakah usaha kita sudah berjalan dengan bagus atau malah stuck bahkan merugi.

Kegagalan bisnis online kebanyakan sih karena urusan pencatatan transaksi inimah

Banyak yang menganggapnya sepele.
Komen Blog fennibungsu.com
HendraDigital mengatakan…
Kalo jeli memanfaatkan peluang bisnis, bisnis apapun bisa berpeluang menghasilkan uang 💰 ya. Nah ini pencatatan keuangan juga penting banget. Meski bisnis rumahan, kalo pencatatan keuangan rapi dan teratur, bisnis bakalan berjalan lancar
Komen Blog fennibungsu.com
YSalma mengatakan…
Kalau sudah ada ide bisnis dan dieksekusi dengan baik, pemasarannya tinggal gabung di Lazada ya, semua sudah dikelola secara profesional, transaksi penjualan tercatat dengan baik. Benar-benar bisnis rumahan yang bakal banjir order.
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Riset pasar juga penting ya agar kita tau siapa segmen kita nantinya. Makin dimudahkan nih untuk bisnis online melalui e-commerce andalan.
Komen Blog fennibungsu.com
Keke Naima mengatakan…
sebetulnya banyak banget peluang dari bisnis online dan bisa dijalankan di rumah. Tapi, tetap harus tau ilmunya. Biar lebih bisa dijalankan secara profesional.
Komen Blog fennibungsu.com
Zakia Widayanti mengatakan…
Hampers dan hantaran tuh bisa dipilih jadi bisnis rumahan karena modalnya gak terlalu banyak cuma kita perlu kreatif aja dan bisa bikin beberapa sampel yang bisa menarik orang untuk menggunakan jasa kita.
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Ah benar banget itu peralatan pancing bisa jadi lahan bisnis ya. Saya malah baru keingat di tempat saya sepertinya belum ada penjual alat alat pancing. Selain online kayanya kalau offline juga di tempat saya juga cocok nih buka bisnis ini
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Bisnis rumahan tu salah satu bisnis yang bisa dijalankan buat freelancer. Jadi selain ngantor juga bisa nambah2 cuan melalui bisnis rumahan ya. Cocok juga buat ibu2 rumah tangga utk brraktualisasi diri.
Pemasarannya pun bisa memanfaatkan platform digital. Udah banyak pula yang gratisan kyk Lazada salah satunya ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Jasa custom desain terus kerajinan kayu sepertinya juga lagi banyak diminati orang. Apalagi jualan di Lazada bisa makin memperluas jangkauan pasar.
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Keren banget Lazada, tidak hanya memberi kesempatan pada ide-ide bisnis rumahan untuk direalisasikan tapi juga memfasilitasi dengan berbagai program yang mendukung tumbuh kembangnya usaha!
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Ternyata mudah banget jualan via Lazada ya?
Mau ngasih tau tetangga nih
Penjualan offlinenya kurang bagus dan dia berancang-ancang jualan online
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Wah nemu informasi seperti ini jadi bisa bermanfaat buat tetangga ya, Kak. Semangat Kak.

Informasi berharga dan cara jadi seller Lazada juga mudah ya
Komen Blog fennibungsu.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah ide-ide bisnisnya keren nih, belom banyak yang buat ya. Bisa nih jadi rekomendasi anak-anak muda yang ingin bisnis online. Dan sudah pasti, ide bisnisnya nanti bisa dikembangkan di Lazada ya. Kalo ulet dan mau belajar, pasti bisa cuan dan sukses.
Komen Blog fennibungsu.com
mardanurdin.com mengatakan…
Miniatur dari kayu itu sangat unik dan butuh keahlian khusus sih. Saya juga penasaran sama bisnis sewa alat pancing. Ino juga eksklusifkarena tidak umum.
Komen Blog fennibungsu.com
duniaeni.com mengatakan…
Penting banget ini jauhi rasa pesimis, karena dalam bisnis buanyak banget keluhan awal itu takut ini itu yang bikin gak jalan-jalan deh, sibuk mikirin yang belum ada
Komen Blog fennibungsu.com
timduniamasak mengatakan…
bisnis hampers memang paling menjanjikan :D
Komen Blog fennibungsu.com
Khoirur Rohmah mengatakan…
Bisnis apapun jika ditekuni, konsisten, dan sabar, yakin bisa menghasilkan
Terlebih kalau ada edukasi terkait penjualan di toko online seperti lazada mbak, pasti sangat membantu dalam proses bisnis tersebut
Di antara jenis bisnis rumahnya aku biasa nerima yang custom desain itu mbak lumayan juga sih
Komen Blog fennibungsu.com
Monica Anggen mengatakan…
Kalo mau berpikir kreatif dan melihat sekeliling, ada banyak hal yang bisa jadi bisnis. Apalagi sekarang sudah banyak e-commerce yang bisa dijadikan media berbisnis, seperti Lazada, misalnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Boleh juga nih ide jualannya. Mau mulai usaha dari rumah sekarang bukan hal yanv susah ya. Karena teknologi juga udah cangih sehingga memudahkan kita yang mau buka bisnis rumahan. Apalagi kehadiran eCommerce seperti Lazada juga bikin jualan online jadi lebih praktis ya. Mana proses daftarnya cepat dan mudah pula. Recommended banget lah kalau mau jalan online ya di Lazada
Komen Blog fennibungsu.com
Yonal Regen mengatakan…
Lazada bisa jadi solusi banget untuk kita yang akan merembah menjadi seller online. Di Lazada enaknya kita akan diberi pendampingan ketika bergabung, jadi tidak dilepas begitu saja di belantara jual beli digital, which is good
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Alsa mengatakan…
Banyak ide bisnis rumahan ya yang bisa dijalankan, bahkan modal minim pun bisa mendatangkan hasil maksimal dong ya. Jualan di Lazada banyak keuntungannya ya, banyak hal yang bisa dipelajari juga agar bisnis lancar dan bisa banjir orderan dong.
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Beneeer kak jualan apa aja kudu optimis dulu. Kalo pesimis mana bisa laku?
Wah gak kepikiran buat jualan asesoris rider. Makasih banyak idenya ya.
Komen Blog fennibungsu.com
sylvianayy mengatakan…
Idenya unik nih, anti mainstream. Saya juga pengen deh punya bisnis online dan bisa menghasilkan uang dari rumah
Komen Blog fennibungsu.com
Sovi Nur Wakhidah mengatakan…
Cara nambah cuan di Lazada nih mudah banget, ya. Ditambah Lazada nyediain berbagai tips di blog Yuk Jualan Online. Sebagai seller baru, tentu ini sangat membantu.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Kalau sekarang memang banyak pilihan untuk berbisnis secara online ya kak. Apalagi ada Lazada dengan segala benefit yang bermanfaat untuk seller baru.
Komen Blog fennibungsu.com
April Hatni mengatakan…
Sekarang ini mau jualan online sudah tak perlu mikir pembuatan website, ya. Tinggal daftarkan ke Lazada, beres. Tidak hanya gampang, Lazada juga banyak memberi keuntungan bagi seller.
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
'Kenali Bakat Diri', jadi nggak asal mulai bisnis ya, kudu sesuai passion. Kalo mau belajar lebih banyak ttg jualan online juga udah ada platform Lazada plus Yuk Situs Jualan Online.
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Ketika ada niat, kemauan, harus segera dilakukan, ya. Termasuk dalam menjalankan bisnis rumahan. Kalau tekun pasti bisa.

Konsisten dan tertib administrasi, membuat bisnis akan semakin berkembang.
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Wah boleh juga nih ide bisnis rumahannya. Bisa ditiru buat diuji coba. Mungkin ini jalan rezeki kita. Lagian ntar dapat bimbingan juga nih dari Lazada selama 3 bulan. Jd bisnis kita akan terus berkembang selama pantauan dr Lazada.
Komen Blog fennibungsu.com
Lita Lestianti mengatakan…
Microgreen lagi booming sih.. tp memang paling afdol nentuin produknya dengan riset pasar dulu sih biar sesuai targetnya..jualan di Lazada tuh keren dapat ky 'bimbingan' secara tdk langsung Lazada juga
Komen Blog fennibungsu.com
Happy mengatakan…
pesimis tuh penyaki banget emang. jadi kadang bikin kurang semangat karena sering banyak takutnya. padahal yang namanya bisnis kan gak ada yang tau ya :')
Komen Blog fennibungsu.com
Irra Octaviany mengatakan…
Idenya menarik semua nih, bisa menghasilkan tambahan uang dari rumah aja nih. Kalau jualan lewat Lazada, seller akan mendapatkan program bimbingan jualan online ya. bisnis jadi semakin lancar deh..
Komen Blog fennibungsu.com
Irra Octaviany mengatakan…
Kreatif banget anak SD sudah pintar berjualan, ibu juga bisa bantu mengajarkan bagaimana caranya berbisnis. Keren banget sih.
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
Ide bisnis rumahan sekarang banyak banget ya, dan berpeluang mendatangkan cuan semua. Apalagi kalo punya online shop nya lazada, menguntungkan banget. Bisnis hampers tuh lagi banyak peminatnya
Komen Blog fennibungsu.com
Fera Marentika mengatakan…
bener banget, kalo semangat lagi kendor, inget lagi strong why nya. optimis, semua badai akan berlalu. semoga bisnis kita selalu dimudahkan untuk maju berkembang pesat. Aamiin.
Komen Blog fennibungsu.com
Zahra Rabbiradlia mengatakan…
aku tertarik sekali dengan ide bisnis microgreens. Kebetulan punya lahan kecil di rumah. Thank you sudah kasih insight mba :)
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Iya banget nih..
Bisnis itu ternyata gak cuma butuh modal dari segi finansial aja ya.. Tapi juga modal mental yang kuat agar kalau ada halangan, bisa segera mencari solusi terbaik.
Komen Blog fennibungsu.com
Adi mengatakan…
Mantap banget nih diberi ide-ide segar sama Mbak Fenni. Yuk cus eksekusi dan pilih yang paling bisa dilakukan.
Komen Blog fennibungsu.com
GE MAULANI mengatakan…
Wah, untuk ide hampers dan hantaran ini udah saya pikirkan dari bertahun-tahun lalu mba. Soalnya emang suka aja gitu lihat hampers atau hantaran. Yang jual printilan pancingan gak kepikiran sama sekali lho sama saya. Unik banget idenya
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Bener banget, Kak. Seenggaknya setelah riset pasar, kita jadi tahu produk apa yang dibutuhkan oleh target pasar kita. Sehingga, kita bisa menjual produk yang sesuai. Terus nambahin pemasarannya di e-commerce. Mantap pasti...
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Udh dikasih bocoran tuh kak. Jd tinggal coba satu2 deh mana yg cocok dgn kita. Kalo ga, ya hrs coba ide lain. Bs dgn baca2, jalan2, atau nanya temen. Jualan online emg lg ngetren nih.
Komen Blog fennibungsu.com
Yustrini mengatakan…
Untuk memulai bisnis memang harus disertai sikap positif ya, jangan pesimis dulu jika belum laku. Dan harus sabar.
Komen Blog fennibungsu.com
deamerina mengatakan…
jadi pebisnis emang harus banget optimis. karena keadaan nggak selalu bagus hehe. semangat buat semua orang yang sedang membangun bisnisnya~
Komen Blog fennibungsu.com
Luluk Sobari mengatakan…
Wah ada rekomendasi bisnis microgreen... betul ini prospek... soalnya panennya cepat... mau jual sayurnya atau paket berkebun microgreennya sama-sama menguntungkan...
Komen Blog fennibungsu.com
Uphiet mengatakan…
Memang gak boleh pesimis ya mbak, terus maju pantang mundur :)
Terima kasih idenya mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Lita Lestianti mengatakan…
Bener banget mbak.. padahal transaksi itu penting biar tahu strategi kedepannya
Komen Blog fennibungsu.com
Leyla Hana mengatakan…
Pengen punya bisnis sendiri tapi takut kalau rugi. Nyoba bisnis kecil-kecilan dulu kali ya via Lazada. Dari rumah pun udah bisa berbisnis nih.
Komen Blog fennibungsu.com
khairiah mengatakan…
Setuju pake banget aku juga jualan online dan Alhamdulillah bisa ngebantu tambah2 duit jajan anak
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Iya bener nih, hampers bukan bisnis musiman jadi pasti ada aja.
Komen Blog fennibungsu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Iya sama nih mba. Tapi kalau di Lazada ada banyak benefit sih untuk seller baru ya. Jadinya nggak khawatir
Komen Blog fennibungsu.com
Kalau aku sih bisnis buku dan printilan journaling
Soalnya itu lebih mudah dikerjakan dari rumah
Bahkan bahannya murah jadi orang gak akan berpikir beli
Komen Blog fennibungsu.com
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
Sekarang lebih mudah untuk melakukan bisnis dari rumah dih ya, mbak. Dengan Lazada pun bisa berbisnis dari rumah yang nyaman dan enjoy. Mantap Lazada
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Ketertarikan masing-masing personal ini memang beda-beda yaa..
dan yang perlu ditekankan kalau berbisnis adalah HOBI. Lakukan yang paling disukai agar bisa terus berinovasi dan bertahan.
Komen Blog fennibungsu.com
Dee_Arif mengatakan…
Mau dong banjir order...
Cus menerapkan tips ini aku mba
Terima kasih sudah berbagi
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
BCC
BCC
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence