Langsung ke konten utama

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil

Fenni Bungsu (Bisnis) -  Jaman Now atau yang lebih nge-trend disebut dengan era digitalisasi sedang menggaung hebat di nusantara. Ragam bidang mulai berbenah diri untuk menyambut era tersebut agar tidak tertinggal. Begitupun dengan ranah industri yang kini sudah memasuki pangsa pasar industri 4.0, apakah itu? 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, Repcil


Industri 4.0 dari Wikipedia dapat disimpulkan sebagai pabrik cerdas atau mudahnya adalah pabrik yang memanfaatkan IoT (Internet of Things). Industri ini digunakan oleh salah satu perusahaan besar yang terkenal dengan taglinenya "Satu lagi dari Mayora", yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, Repcil
Gedung Kementrian Perindustrian dari kejauhan - Dok. Fenni Bungsu


Instansi pemerintah yang dipimpin oleh Bapak Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian ini, memiliki visi dan misi sesuai dengan Undang-undang No.3 tahun 2014 tentang Perindustrian. Salah satu misinya adalah meningkatkan peran industri nasional sebagai pilar dan penggerak perekonomian nasional. Oleh karena itu, adanya dukungan pemerintah terhadap industri nasional seperti PT Mayora Indah Divisi Wafer bisa mengedepankan produk dalam negeri sebagai tuan di rumahnya sendiri.


Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, Repcil
Gedung PT Mayora Indah Tbk. Divisi Wafer - Dok. Fenni Bungsu 


Alhamdulillah, saya yang tergabung dengan Komunitas Emak-emak Bloger (KEB) berkesempatan untuk menghadiri Tour Factory ke PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, KEB, beserta Reporter Cilik, pada hari Kamis 9 Agustus 2018 lalu. 

KEB sendiri adalah komunitas bloger yang terdiri dari emak-emak maupun para wanita lajang calon emak-emak yang dikomandoi oleh Mira Sahid selaku founder. Sedangkan Repcil merupakan anak-anak berprestasi dari beberapa sekolah dasar yang direkrut oleh Media Indonesia guna mengikuti kegiatan jurnalistik. 


Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Para reporter cilik - Dok. Mbak Yuli Blogger (KEB)


Tour Factory yang merupakan kesempatan langka buat saya pribadi, ternyata banyak pengajaran yang didapatkan, misalnya seperti : 

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung 

Maksudnya adalah saat kita berkunjung ke suatu tempat, maka hendaklah mengikuti aturan tempat tersebut. Inilah yang harus kami patuhi dengan menggunakan pakaian lab, topi, dan masker. Tidak ada benda logam yang menempel di tubuh termasuk bros jilbab. 

Bersih itu Sehat
Untuk melanjutkan perjalanan tour, kami mencuci tangan dengan sabun lalu mengeringkannya. Dari situ kami jadi diingatkan kembali agar menjaga kebersihan, sehingga steril dari kuman dan bakteri.

Segala Sesuatu itu Ada Aturannya

Alur proses dari pembuatan wafer, pemberian rasa pada wafer, pengeringan, lalu dikemas, kemudian siap untuk didistribusikan, merupakan rangkaian alur yang harus diikuti. Tidak bisa dengan cara acak. Sebab bila tertinggal atau dihilangkan, tentunya tidak memberikan hasil yang maksimal. 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Produk minuman dari Mayora - Dok. Fenni Bungsu


Sudah simak perjalanan saya kan. Ngomong-ngomong apa saja sih yang kamu ketahui tentang Mayora selain tagline-nya? Kalau jawabannya adalah Kopiko, Better, Choki-coki, Energen, atau Torabika, itu nggak salah kok. Tapi sebagai pengetahuan nih, PT Mayora itu ada enam divisi yaitu Biskuit, Kembang gula, Coklat, Kopi, dan Makanan kesehatan. Sedangkan yang saya kunjungi adalah Divisi Wafer yang memproduksi seperti Beng Beng, Astor, dan lain-lain.

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Produk - produk makanan Mayora - Dok. Fenni Bungsu


Secara keseluruhan PT Mayora Indah berdiri sejak tahun 1977, dengan produk yang pertama kali diproduksi adalah Roma, yaitu Roti Marie. Sedangkan untuk Divisi Wafer di tahun 1982. 

Serunya di PT Mayora Indah Divisi Wafer bareng Kemenperin, Bloger, dan Repcil
Cal Cheese, salah satu produk yang diekspor oleh PT Mayora Indah - capture by laman Youbelidotcom


Saat ini per bulan Agustus 2018, jumlah karyawan di Divisi Wafer berjumlah 2624. Pangsa pasarnya nggak hanya untuk seluruh Indonesia aja loh, tapi sudah merambah ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, dan lain-lain. Contohnya seperti Cal Cheese yang kita nggak pernah engeh lihat, hehe. Kalau di Indonesia namanya Zuperr Keju. 

Zuperrr Keju, produk dari PT Mayora Indah - capture by laman mayoradotcom


Kelebihan Mayora dari yang lain yaitu tetap menjaga kualitas. Tidak ingin mengompromikan mutu produk. Oleh karena itu dengan tidak produksi di luar dari makanan dan minuman, perusahaan yang memiliki 22 pabrik di Indonesia ini wajar menjadi nomor 1 di Indonesia. Sebab berkomitmen untuk spesialisasi makanan dan minuman. 

Bersama para bloger KEB - dok. Mbak Fika



Dari keseruan rangkaian di satu hari itu, menyadarkan kita untuk mencintai produk negeri sendiri. Sebab itu merupakan suatu cara guna membangun perekonomian bangsa menjadi lebih baik. Bila bukan kita sendiri yang mendukung, haruskah menunggu ada klaim dari bangsa lain dulu baru kita menyadarinya? Jadi, yuk dari sekarang kita majukan Industri Makanan Dalam Negeri.

Komentar

Aprillia Ekasari mengatakan…
Wah divisi wafer tu kyk beng2 ya? Aku suka tu beng2, anak2ku jg sangat suka beng2, tiap emaknya abis event oleh2nya ya beng2 haha, mampir indomaret dulu wkwkwk
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Ternyata Tora bika juga produk Mayora. Kirain Mayora hanya memproduksi wafer :)
Tira Soekardi mengatakan…
wah , asyiknya ya bisa ke sana bisa lihat sendiri prosesnya dan jd yakin dengan produknya
Kurnia amelia mengatakan…
Senangnya bisa berkunjung kesana,,btw itu Better produk Mayora kesukaan aku banget lho dari kecil.
Sara Neyrhiza mengatakan…
wah saya paling suka kalau acara factori visit gini..menarik..
bawa banyak slai olay dong mbak?hihihi
Zilqiah Angraini mengatakan…
asyik banget bisa jalan2 ke Mayora
aku dari kecil suka banget tuh biskuit better heheh favoriteku
banyak yg favorite deh pokoknya ya produksinya
Imawan Anshari mengatakan…
Asyik bangat sih Mba Fenni bisa main ke PT Mayora Indah Divisi Wafer jadi punya wawasan baru tentang produk-produk dari Mayora ya.
Fenni Bungsu mengatakan…
Nggak hanya wafer aja mbak, minuman, permen, dan makanan kesehatan juga diproduksi mayora
Fenni Bungsu mengatakan…
Hahaha.. Berarti itu buah tangan rutin yah mbak
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya Mama Tira, melihat langsung proses pembuatannya yang higienis dan terjaga mutunya
Fenni Bungsu mengatakan…
Sama dong kita mbak, suka better 👌
Fenni Bungsu mengatakan…
SlaiOlay nya ada, tapi yang paling banyak bawa pulang beng beng mbak, hahaha
Fenni Bungsu mengatakan…
Senangnya, baca komentar pengunjung yang ternyata pada suka dengan Industri Makanan Dalam Negeri
Fenni Bungsu mengatakan…
Iya mas Awan, dengan begitu semakin mencintai dan mendukung Industri Makanan Dalam Negeri
unggulcenter mengatakan…
Widiih mantab.. ada Repcil reporter cilik. Artinya anak-anak ini nanti membuat berita di blog, atau melaporkan di vlog gitu kali ya?
Tian Lustiana mengatakan…
Mayora ini emang banyak banget produknya dan semua produknya ini jadi idola hehe, favorite aku Beng Beng hehehe
Aprillia Ekasari mengatakan…
Hehehe iyaaaa.... biar anak2 gak ngambek ditinggal emaknya terus :D
Tika Samosir mengatakan…
Semua produk mayora memang kualitasnya bagus apalagi kebersihannya lebih terjamin ya Mba. Belanja banyak dong mba kemaren ya.
Elva Susanti mengatakan…
Waah pasti seru banget mbak bisa jalan2 ke pabriknya langsung. Sayang belum bisa ikutan, hiks.
Mayora banyak ya mbak produksinya dan beranekaragam
Satu lagi dari Mayora... duh jadi inget iklan jaman dulu. Tapi aku masih suka beli cemilan dari Mayora karena enaaaakkkk
Rani Yulianty mengatakan…
Produk Mayora tuh jajanan favorit anak-anak bangetlah, tiap ke warung pasti terpajang produk mayora, harganya terjangkau rasanya enak
Aminnatul Widyana mengatakan…
Lah, jajanan kesukaan sy semua nongol di sini... Wkwkwk... Ini nih salah satu alasan yg bikin sy mau nyobain taruh saham di Mayora.
Nisa Mama KeySyaFarlo mengatakan…
wah seru tuh mbak bisa berkunjung kesana. reporter ciliknya pasti senang semua. Suka sama jajanannya Mayora deh
Tukang jalan jajan mengatakan…
Pati anak anak seneng bisa melihat produksi makanan yang sering ditemui dipasaran. tentu juga jadi lahan pembelajaran yang bagus tentang proses produksi yang super canggih. Mayora berani nunjukin ke anak anak bahwa tak ada yang dirahasiakan dari produknya hehehe
Hani mengatakan…
Kalo kunjungan ke perusahaan jadi inget waktu bocah dah. Tapi ternyata orang dewasa juga tetep ngelakuin. Hehe. Btw produknya mayora emang gak asing banget di kehidupan sehari2.
Saya penyuka wafer mba. Apalagi rasa coklat. Buat me time malem-malem emak2 hahaha. Saya baru tahu ternyata karyawannnya banyak banget ya. Dan keren udah mu smpe k luar negeri pemasarannya
adeuny mengatakan…
ini niiii yang bikin aku ngiler sama temen2 blogger di daerah jkt evennya keren2 bangett
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Halo mba Fenni. Senangnya bisa mampir melihat langsung pabrik yang memproduksi snack enak seperti PT Mayora ya mba. Aku soalnya penggemar produk Mayora. Apalagi beng beng
Hanny Nursanty mengatakan…
Produk Indonesia gak kalah ya sama produk luar, enak pula
Yunita Tresnawati mengatakan…
Seru banget ya, seneng deh sama perusahaan2 yang open public terutama untuk anak2 apalagi ibu2, sehingga mereka tahu proses pembuatan makanan yang biasa dikonsumsi.
Ika Maya Susanti mengatakan…
Mayora ni inovasi produknya banyak dan keren ya. Urusan jajanan bisa tinggal pilih. Dan hampir semuanya kesukaan saya.
Indri mengatakan…
Cara paling mudah untuk mendukung berkembangnya sektor industri kita adalah dengan membeli produk negeri sendiri ya
Nurul Dwi Larasati mengatakan…
Kalau aku berkunjung ke divisi biskuit pabrik Mayora. Seneng banget bisa lihat produksi langsung disana. Ternyata beda pabrik sama Beng-Beng.
duniaeni.com mengatakan…
Aku pas gak bisa ikutan ke pabriknya nih karena sikon bumil, padahal pengen..biskuit legendaris lokal mayora itu
Natrarahmani mengatakan…
Wah aku baru tau ternyata banyak banget produk dibawah naungan mayora. Selama ini taunya wafer sama energen saja. Senang banget bisa melihat langsung.
Yayah_R mengatakan…
Wah ternyata ada 6 divisi ya di Mayora. Tahunya Mayora tuh cuma produksi biskuit2 aja..
hiqudsstory mengatakan…
Mayora salah satu produsen yg snacknya kusuka..sayang kemarin ga kebagian undangannya. Pdhal seru ya bisa meninjau langsung pabriknya.
Wian Hermawan mengatakan…
Ak suka banget liat alat2 pabrik bekerja. Apalagi klo makanan. Sering liat di acara laptop si unyil.
Visya Al Biruni mengatakan…
Ah Nayora! Aku pelanggan setia banget sih ini mah... secara doyan banget ngemeal. Well emang kita sebaiknya pakai produk lokal termasuj mayora ini.